Beranda » Agama Islam » Memakan Makanan Haram Pemicu Jauhnya Keberkahan

Memakan Makanan Haram Pemicu Jauhnya Keberkahan

T Diposting oleh pada 19 April 2018
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 96 kali

Allah SWT sudah menyiapkan umatnya segala macam makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi oleh segala makhlukNya dimuka bumi ini. Banyak sekali makanan yang dapat kita santap namun harus sesuai dengan syariat islam tentunya, ialah makanan dan minuman halal. Di zaman sekarang ini banyak sekali orang yang menghalalkan makanan haram. Karena sesungguhnya apabila kita memakan atau meminum makanan haram, maka keberkahan akan jauh dari kita.

Lalu apa saja makanan haram itu? Ialah makanan hasil mencuri, merampas, tanpa membaca bismilah, hasil menipu, riba dan lain sebagainya. Selain kriteria diatas ada juga kriteria lainnya yang tak boleh kaum muslimin untuk memakannya ialah makanan yang menjijikan, minuman yang memabukkan, makanan yang bernajis, makanan yang dimakan tanpa izin yang punya, dari daging hewan yang kuku dan taringnya tajam, dan lain sebagainya.(baca juga : menu untuk berbuka dan sahur )

Lalu Dijelaskan dalam sebuah surah Al-Qur’an jenis-jenis makanan yang haram,yang artinya:

“Diharamkan bagimu(memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tecekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyemblihknya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah, (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan…” (QS. Al-Maidah : 3)

Jenis-Jenis Makanan Yang Halal Dan Haram

Seperti yang sudah disandingkan bahwa makanan haram tidak boleh dikonsumsi oleh kaum muslimin selain mengandung mudharat atau efek samping bagi yang memakannya juga dapat menjauhkan kita dari keberkahan. Bila makanan kita makan tidak berkah makan kehidupan yang kita lalui akan terasa gersang, tidak puas, juga tidak bersyukur. Dan kini mendekati bulan Ramadhan banyak sekali para pedagang curang yang menjual makanan haram. Seperti mengganti daging sapi yang diganti daging babi.

Dan makanan halal seperti daging ayam, bebek, kelinci, ikan dan binatang laut, belalang, sapi, kambing, domba dan lain sebagainya.

contoh makanan yang halal dimakan

Lalu jenis-jenis apakah makanan yang haram itu?

  1. Memakan Bangkai

Dijelaskan dalam surah Al-An’am ayat 145 yang artinya : “Katakanlah : “Tiadalah aku peroleh dalam wahyu yang diwahyukan kepadaku, sesuatu yang diharamkan bagi orang yang hendak memakannya, kecuali kalau makanan itu bangkai, atau darah yang mengalir atau daging babi – karena sesungguhnya semua itu kotor – atau binatang yang disembelih atas nama selain Allah” (QS. Al – An’am : 145).

Dapat disimpulkan bahwa memakan bangkai ialah mudharat dan termasuk makanan yang menjijikan. Kecuali bangkai ikan dan belalang itu halal dimakannya. Kenapa? Karena sesuatu yang menyebabkan penyakit seringkali berasal dari darah. Apalagi bila darah tersebut dalam volume yang tidak sedikit.

Didalam hewan yang mati tidak disembelih/dipotong maka darah akan menetap disalurannya. Namun Allah beri keistimewaan bagi ikan dan belalang apabila ikan mati keluar dari air maka darahnya akan berkumpul dijakun seolah-olah disembelih  karena ikan tidak memiliki saluran darah atau leher yang biasanya tempat untuk menyembelih begitu juga dengan belalang.

  1. Memakan Darah Yang Mengalir

“…Kecuali kalau makanan itu bangkai, atau darah yang mengalir..” (QS. Al-An’am : 146)

Masih dapat dimaafkan apabila kita memakan daging tapi ada sedikit darah tersisa didaging tersebut. Selain dari itu dikecualikan juga pada hati dan limpa. Sebagaimana yang telah diketahui dalam atsar Ibnu Umar yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dan Ahmad perihal diatas, “Telah dihalalkan untuk kita dua macam bangkai dan dua macam darah…Dan adapun dua macam darah tersebut ialah hati dan limpa”

  1. Memakan Daging Babi

Dijelaskan dalam potongan surah Al-Maidah ayat 3 yang artinya :

“diharamkan bagimu(memakan) bangkai, darah, dading babi,….” (QS. Al-Maidah : 3)

Sudah dijelaskan dari ayat tersebut bahwa haram hukumnya memakan daging babi, yang sering kita ketahui bahwa didalam daging babi mengandung cacing pita. Yang apabila kita memakannya maka cacing tersebut akan memakan apa yang kita makan dan menyebabkan penurunan berat badan karena parasit tersebut dan dapat menyebabkan penyakit lainnya.

  1. Memakan Hewan Sembelih Atas Nama Selain Allah Atau Tanpa Menyebut Nama Allah

“Dan janganlah kamu memakan hewan-hewan yang tidak disebut nama Allah saat menyembelihnya. Sesungguhnya perbuatan semacam itu termsuk kefasikan”. (QS. Al-An’am : 121). Berdasarkan arti dari ayat diatas diharamkan memakan makanan yang tanpa disebut nama Allah atau selain nama Allah. Lalu bagaimana dengan daging halal seperti ayam, bebek, atau sapi import namun berlebelkan halal? Dikatakan halal karena memang daging yang dijelaskan memang daging halal. Namun proses penyembelihan tidak diketahui apakah dengan nama Allah atau tidak. Terkecuali penyembelihan melibatkan penyembelih yang menggunakan syariat dan dipastikan kebenarannya.

  1. Memakan Makanan/Daging Yang Disembelih Untuk Berhala

Dijelaskan dalam surah Al-Maidah ayat 3 yang artinya : “Dan diharamkan bagimu yang disembelih untuk berhala” (QS. Al-Maidah : 3).  Daging atau makanan yang dipersembahkan untuk kuburan, batu atau sesembahan atas peringatan selain Allah bahkan untuk tumbal bangunan dan sebagainya maka haram dimakan. Maupun makanan atau daging tersebut dengan nama Allah dan apalagi benar tujuannya untuk selain Allah.

 

Dosa Memakan Makanan Dan Minuman Yang Haram

Allah SWT memerintah hambanya untuk menjalankan segala perintahnya dan menjauhi setiap larangannya merupakan semata-mata agar kita menjadi hamba Allah yang bertaqwa kepadaNya. Agar kita tidak merasa merugi didunia atau diakhirat. Dalam hal makan dan minum merupakan suatu kebutuhan manusia yang tidak dapat dihindarkan. Sudah fitrahnya manusia untuk makan dan minum. Maka dari itu Allah telah menyiapkan segala hidangan untuk kita didunia.

Apa yang terjadi bila kita memakan dan minum dari makanan yang haram? Hasil dari mencuri, membohongi, hasil riba pula memakan daging babi, kucing, ular dan lain sebagainya. Banyak orang yang mengatakan boleh memakan ular karena sebagai obat. Namun, tetap saja diharamkan selama masih ada obat yang halal yang lain kita tidak boleh mengonsumsi hewan haram walaupun sebagai obat. Sesungguhnya godaan syaitan begitu banyak dan licik. Maka berhati-hatilah kita. ( baca juga : kemeriahan Ramadhan diberbagai negara )

Dan berikut dampak dari memakan yang haram :

  1. Doa tidak terkabul, dari Nabi Muhammad SAW bersabda kepada Sa’ad bin Abi Waqqash “Wahai Sa’ad perbaikilah makananmu niscaya doamu akan terkabul” (HR. At-Thabrani)
  2. Menghilangkan keberkahan, Allah SWT berfirman, “Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah” (QS. Al-Baqarah : 127).
  3. Dapat merusak hati, dari Nabi Muhammad SAW bersabda, “Ingatlah, bahwa didalam tubuh terdapat segumpal daging, jika baik, maka seluruh tubuhnya menjadi baik dan jika rusak makan seluruh tubuhnya menjadi rusak pula, ketahuilah bahwa itu adalah hati”.
  4. Hidup didalam kehinaan, gelisah dan bimbang. Akibat dari memakan sesuatu yang haram akan membuat hati tidak tenang, hidup terasa gelisah, maka hanya dengan berhenti dari itu dan taubat kepada Allah maka Allah akan memberikan ketenangan dihidupnya.
  5. Segala amalannya tidak diterima.
  6. Selain dapat merusak hati juga dapat merusak iman dan akal pikirannya. Dijelaskan dalam sebuah hadits, “Tidaklah peminum khamr, ketika ia meminum khamr termasuk seorang mukmin”. (HR. Bukhari dan Muslim).
  7. Memakan makanan haram dapat membawa yang memakannya kedalam neraka, karena apa yang ia makan akan menjadi daging maka daging tersebut lah yang membawanya keneraka. Dijelaskan dalam hadits, “Tidaklah tumbuh daging dari makanan haram kecuali neraka lebih utama untuknya”. (HR. At-Tirmidzi), dalam hadits lain dijelaskan “Suatu daging yang tumbuh dari keharaman, maka neraka lebih patut baginya (HR. Ath-Thabrani)
  8. Mendzalimi diri sendiri. manusia yang memakan daging babi padahal didalamnya terkandung cacing pita yang dapat memakan nutrisi tubuhnya dan manusia yang meminum alkohol padahal dapat merusak organ tubuhnya seperti ginjal dan organ lainnya mengartikan bahwa makanan dan minuman tersebut menjadi mudharat bagi dirinya sendiri.

 

Carilah yang halal dan hindari yang haram. Semoga kita dapat terhindar dari apa yang berbahaya untuk kita.

Aamiin Ya Robbal’aalamiin

Belum ada Komentar untuk Memakan Makanan Haram Pemicu Jauhnya Keberkahan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Memakan Makanan Haram Pemicu Jauhnya Keberkahan

yayasan anak yatim di jakarta timur

Apakah Penyakit Hati Bisa Disembuhkan ?

T 24 February 2017 F A Admin Web YNI

Hati adalah salah satu organ tubuh manusia, dalam islam sendiri hati adalah penentu sifat seseorang. Baik buruknya seseorang berasal dari dalam hatinya. Dalam bahasa Arab, hati disebut dengan Qalbu. Kita sering mendengar betapa pentingnya organ hati tempat lahirnya perasaan tersebut.... Selengkapnya

lailatul qodr

Lailatul Qodr Ibadah Malam Seribu Bulan

T 2 July 2016 F A Yayasan Nurul Ihsan

Lailatul Qodr atau para ulama sering menyebutnya Malam Seribu Bulan. Artinya Ibadah kita pada malam lailatul qord bernilai seribu bulan kita beribadah, yang jika kita hitung kurang lebih 83 tahun. Sungguh luar biasa amalan di malam Lailatul Qodr. Semoga kita... Selengkapnya

wanita muslimah

19 Pintu Kebaikan Pembuka Jalan Bagi wanita

T 23 March 2018 F , A WP-YNI

Wanita bagi pandangan Rasulullah ialah kaum hawa, yang dimana Rasulullah angkat derajatnya pada saat jaman jahiliyah. Dijaman tersebut wanita tidaklah memiliki martabat atau harga diri. Mereka tidak dianggap layaknya manusia atau seorang wanita yang harus dilemah lembutkan, dihormati, atau dihargai... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00