Beranda » Puasa » Marilah Kita Menyambut Ramadhan Dengan Suka Cita

Marilah Kita Menyambut Ramadhan Dengan Suka Cita

T Diposting oleh pada 4 May 2018
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 401 kali

Insya Allah, tinggal menghitung hari lagi kita akan memasuki bulan yang penuh dengan kemuliaan bulannya manusia berbondong-bondong untuk meraup pahala yang melimpah, ialah bulan puasa Ramadhan Dan bagusnya, semua orang sudah tidak sabar menanti datangnya bulan ramadhan. Semua orang bersuka cita menyambut datangnya bulan ramadhan. Bagaimana kita tidak bergembira karena telah dijelaskan dalam sebuah hadits shahih yang artinya,

“ Telah datang kepada kalian Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan atas kalian berpuasa padanya. Pintu-pintu surga dibuka padanya. Pintu-pintu Jahim(neraka) ditutup. Setan-setan dibelenggu. Didalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dibandingkan 1000 bulan. Siapa yang dihalangi dari kebaikannya, maka sungguh ia terhalangi.” (HR. Ahmad dalam Al-Musnad(2/385). Dinilai shahih oleh Al-Arna’uth dalam Takhrijul Musnad (8991).

Karena memang dibulan suci ini Allah SWT ladang pahala, rahmat, ampunan , keberkahan dan lain sebagainya. Namun, pastinya semuanya membutuhkan usaha agar hasil yang kita dapat secara optimal kita raih saat bulan ramadhan datang nanti. Sudahkah kita menyiapkan diri dengan datangnya bulan ramadhan ini? bulan puasa wajib ini sangat dirugikan bila kita tidak menyiapkan diri terlebih dulu loh !

berpuasa sunah menyambut bulan puasa ramadhan

Persiapan Menyambut Kedatangan Bulan Suci Ramadhan

Sudahkah membuat persiapan diri untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan ?Jika belum berikut beberapa uraian untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan agar banyak yang kita raih dari keutamaan bulan in, berikut ulasannya :

  1. Berdoa kepada Allah dengan sungguh-sungguh yang seperti di contohkan oleh ulama-ulama terdahulu. Yang mana mereka berdoa agar bertemu puasa Ramadhan semenjak enam bulan sebelumnya dan meminta kepada Allah SWT agar diterima puasanya semenjak enam bulan sesudahnya karena menjumpai Ramadhan merupakan suatu nikmat yang besar. Seperti yang telah dijelaskan oleh Mu’alla bin Fadhl, “Dulunya para salaf berdoa kepada Allah SWT (selama) enam bulan agar Allah mempertemukan mereka dengan bulan Ramadhan, kemudian mereka berdoa kepada-Nya (selama) enam bulan berikutnya agar Dia menerima (amal-amal shaleh) yang mereka kerjakan.” (Lathaif Al-Ma’aarif : 174)
  2. Membayar hutang puasa yang telah dilakukan pada bulan puasa tahun lalu dengan menggantinya dengan puasa ganti atau mengqada’nya. Dan dilarang mengulur-ulur waktu berganti puasa bila tidak ada perihal halangan (udzur syar’i) maka ia berdosa. Dan bila melewatkan masa mengqada’ puasanya, maka setelah bulan Ramadhan selesai di wajib membayar puasa dengan mengqada’nya dan jug a fidyah menurut sebagian ulama.
  3. Mempersiapkan diri dengan iman dan taqwa yang penuh terhadap Allah akan melahirkan kemantapan jiwa dalam memetik sepenuhnya dari ibadah bulan puasa. Yaitu dengan melatih diri dengan banyak-banyak berpuasa sunah Sya’ban. Dibulan sya’ban dapat menjadi momentum kita melatih diri untuk menyambut bulan Ramadhan. Seperti yang telah disampaikan oleh Aisyah ra, “ Aku belum pernah melihat Nabi SAW berpuasa sebulan penuh kecuali bulan Ramadhan, dan aku belum pernah melihat Nabi SAW berpuasa sebanyak yang ia lakukan dibulan Sya’ban.” (HR. Bukhari dan Muslim.
  4. Mempersiapkan fisik agar terus sehat hingga datang bulan Ramadhan dan tidak ada kendala melewatkan pahala di bulan puasa Ramadhan. Karena kesehatan merupakan faktor utama agar nyaman dalam beribadah, orang yang sehat dalam melakukan ibadah dengan lancar namun sebaliknya bila seseorang sakit maka terganggulah ia dalam menjalankan ibadahnya.
  5. Mempersiapkan finansial memang diperlukan pada bulan ini. Karena dibulan ini kita dianjurkan memperbanyak sadaqah, infaq dan ifthar (memberi bukaan). Dan pastinya tanpa membebankan ekonomi keluarga. Maka dibuatlah agenda keuangan agar dapat mengalokasikan dana untuk sadaqah dan kebutuhan keluarga.
  6. Mempersiapkan ilmu (memahami fiqih Ramadhan). Ketika Ramadhan akan datang hendak lah kita mengkaji ilmu-ilmu fikih tentang puasa. Seperti yang di jelaskan oleh Mu’adz bin Jabl ra berkata, “Hendaklah kalian memperhatikan ilmu, karena mencari ilmu karena Allah adalah ibadah.” Dan Imam Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah mengomentari atsar tersebut, “Orang yang berilmu mengetahui tingkatan-tingkatan ibadah, perusak-perusak amal, dan hal-hal yang menyempurnakannya dan apa-apa yang menguranginya.” Oleh sebab itu bila suatu amal perbuatan tanpa dilandaskan oleh ilmu, maka kerusakannya lebih banyak dibandingkan dengan kebaikannya.
  7. Menyelenggarakan tarhib Ramadhan, tarhib Ramadhan ialah mengumpulkan kaum muslimin dimasjid untuk diberi arahan mengenai puasa, syarat-syarat dan adabnya. Seperti yang Rasulullah SAW lakukan, beliau memberi arahan kepada para sahabatnya. Abu Huraira ra berkata, “Menjelang kedatangan bulan Ramadhan, Rasulullah SAW bersabda, “Telah datang kepada kamu syahrun mubarak (bulan yang diberkahi). Diwajibkan kamu berpuasa padanya. Pada bulan tersebut pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, syaitan-syaitan dibelenggu. Padanya juga terdapat suatu malam yang lebih baik dari seribu blan, barang siapa yang terhalang kebaikan pada malam itu, maka ia telah terhalang dari kebaikan tersebut.” (HR. Ahmad, An-Nasa’i dan Al-Baihaqi).

Hikmah Menyambut Bulan Ramadhan Dengan Suka Cita

Marilah kita ajak saudara-saudara kita agar kita selalu siap siaga dalam menyambut bulan Ramadhan yang sudah diambang pintu ini dengan hati yang gembira dan menyiapkan diri untuk beribadah dengan optimal, agar Allah SWT menerima segala ibadah kita nanti. Karena sungguh banyak keutamaan hikmah dibulan ini.

Sekali lahi marilah kita mengendalikan diri dengan meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT, karena walaupun syaitan-syaitan dibelenggu namun didalam diri manusia itu sendiri terdapat akal pikiran yang dapat menghantarkan kita keperbuatan yang tidak baik atau membuang-buang pahala yang seharusnya kita dapatkan secara penuh.

Semoga kita dapat segera bertemu dengan Ramadhan yang sebentar lagi akan kita jumpai, persiapkan segala halnya menjadi matang. Agar terealisasikan segala persiapan yang telah kita buat. Dengan izin Allah SWT, pula keikhlasan hati meraih RahmatNya, HidayahNya, AmpunanNya dan segala ladang pahalaNya. Aamiin Aamiin Ya Robbal’aalamiin.

Belum ada Komentar untuk Marilah Kita Menyambut Ramadhan Dengan Suka Cita

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Marilah Kita Menyambut Ramadhan Dengan Suka Cita

maaf lagi puasa

Pengertian Puasa Dan Macam Ketentuannya

T 9 April 2018 F A WP-YNI

Puasa merupakan arti dari kata Shaum dalam bahasa arab yang berarti menahan. Sedangkan menurut istilah ialah menahan dari segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa dari terbit fajar subuh hingga terbenamnya matahari (maghrib). Menahan sesuatu yang dapat membatalkan puasa seperti makan... Selengkapnya

keutamaan bulan sya'ban

Keutamaan Melakukan Amalan Baik Dibulan Sya’ban

T 23 April 2018 F , A WP-YNI

Bulan Sya’ban merupakan bulan hijryah diantara bulan Rajab dan Ramadhan.  Rasulullah SAW bersabda , “Sya’ban itu bulan antara Rajab dan Ramadhan. Bulan ini banyak diabaikan oleh umat manusia, padahal dalam bulan ini amal-amal hamba itu diangkat (diterima oleh Allah). Aku... Selengkapnya

manfaat puasa bagi kesehatan

Puasa Ramadhan Ditinjau Dari Segi Kesehatan

T 11 June 2017 F , A Yayasan Nurul Ihsan

“Berpuasalah, niscaya kamu sehat” (HR Thabrani). Begitu dikatakan dalam sebuah hadits. Dari hadits tersebut Rosululloh menjelaskan bahwa dibalik puasa ada hikmah bagi manusi yakni kesehatan baik  jasmani maupun rohani. Tubuh manusia mempunyai mekanisme alamiah yang dipergunakan untuk mangatasi kondisi-kondisi yang... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00