Beranda » Agama Islam » Lailatul Qodr Ibadah Malam Seribu Bulan

Lailatul Qodr Ibadah Malam Seribu Bulan

T Diposting oleh pada 2 July 2016
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 697 kali

Lailatul Qodr atau para ulama sering menyebutnya Malam Seribu Bulan. Artinya Ibadah kita pada malam lailatul qord bernilai seribu bulan kita beribadah, yang jika kita hitung kurang lebih 83 tahun. Sungguh luar biasa amalan di malam Lailatul Qodr. Semoga kita termasuk hamba-Nya yang bisa mendapatkan momen tersebut.

Momen Lailatul Qodr berada di 10 hari hari terakhir di bulan Ramadhan. Namun di malam ke berapa hanya Allah yang mengetahuinya. Kita hanya diberi tanda-tanda kapan malam itu tiba. Tugas kita hanya dalam malam itu memperbanyak ibadah kita di tambah doa-doa yang kita panjatkan.

Dalam ayatNya, Allah menerangkan dalam surat Al Qodr : “tahukah kamu malam kemuliaan itu? Malam itu lebih baik dari SERIBU BULAN. Pada malam itu turun malaikat-malaikatnya dengan seizin Robnya mengatur segala urusan hingga terbit fajar

lailatul qodr

Tanda-Tanda  Malam Lailatul Qadar Hadir

Dalam sebuah hadist dari Aisyah yang menyatakan “Rasulullah SAW beri’tikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadan dan Beliau bersabda, yang artinya: Carilah Malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 thari terakhir bulan Ramadan (HR: Bukhari dan Muslim)”.

Alam memberikan tanda-tanda bahwa suatu malam turun Lailatul Qodr, yakni

  1. Matahari tidak terbit dalam keadaan menyilaukan di pagi hari, seperti halnya bejana kuningan (HR Muslim).
  2. Malam Lailatul Qadar tenang dan sejuk (tidak panas dan tidak dingin) serta sina matahari di pagi harinya tidak menyilaukan (HR Ibnu Khuzaimah dan Al Bazzar).

Orang yang beruntung mendapatkan mala mini juga memiliki karakteristik tertentu. Ciri orang yang mendapatkan Lailatul Qadar terbagi menjadi beberapa, antara lain ia akan melihat seluruh benda dan makhluk di muka bumi bersujud kepada Allah atau mendengar salam dari malaikat dan tutur katanya.

Amalan dan Doa Di Malam Lailatul Qadar

Perbanyak amalan di malam Lailatul Qodr ini antara lain :

  • Melaksanakan Sholat Lailatul Qadar
  • Membaca doa-doa dan meminta ampunan kepada Allah.
  • Memperbanyak dzikir dan istighfar.
  • Membaca Al-Qur’an.
  • Memperbanyak salat dan ibadah lainnya.

Terkait dengan pengerjaan sholat Lailatul Qadar, hal ini sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad SAW melalui hadist riwayat Ibnu  Abbas dalam kitab Durratun Nashihin hal. 172 yang berbunyi:

Dalam sebuah hadits, Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Barangsiapa yang menjalankan sholat pada malam Lailatul Qadr sebanyak 2 (dua) rokaat, didalam setiap rokaatnya setelah membaca Al Fatihah (1) satu kali, kemudian membaca surat Al-Ikhlas 7 (tujuh) kali dan setelah salam membaca Astaghfirullahal azhiim wa atubu ilaih 70 (tujuh puluh) kali, maka selama dia mendirikannya Allah akan mengampuni dirinya dan kedua orang tuanya dan Allah Ta’ala akan mengutus Malaikat untuk menanam (untuknya) pepohonan di Surga, membangun gedung-gedung dan mengalirkan sungai-sungai didalamnya, dan dia (orang yg menjalankan sholat Lailatul Qadr) tidak akan keluar dari dunia sehingga dia pernah melihat seluruhnya.“ (HR: Ibnu Abbas)

Adapun cara melakukan shalat Sunnah Lailatul Qadr Tersebut adalah dilaksanakan dengan sedikitnya 2 Rakaat 1 kali salam/ 4 satu kali salam tanpa tasyahud awal / 6 hingga 12 rakaat dengan masing2 dua rokaat 1 salam-dua rokaat 1 salam, dengan terlebih dahulu membaca niat seperti ini:

Niat Sholat Lailatul Qadar Lafadz Arab

Bacaan : Ushali sunnatan fi Lailatul Qodr, Arba’a Raka’atin Mustaqbilal Qiblat, Lillahi Ta’ala.

Artinya: Saya niat sholat Malam Lailatul Qadar empat rakaat hanya karena Allah

Tata Cara Sholat Lailatul Qadar

Laksanakan seperti syarat rukun Shalat, dengan bacaan tiap rakaat setelah membaca fatihah, kemudian membaca ikhlas 7 kali atau At-Takatsur 1 kali kemudian Al ikhlas 3 kali atau Al-Qadr sebanyak 3 kali Hingga Salam.

Setelah melakukan sholat kita bisa melanjutkan dengan membaca dzikir dan juga membaca doa : Allahumma Innaka ‘Afuwwun, Tuhibbul ‘Afwa, Fa’fu ‘Anni

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya Engkau Dzat Yang Maha pemaaf dan pemurah maka maafkanlah diriku.

Itulah paparan singkat mengenai Malam Lailatul Qodr, atau orang sering menyebutnya Malam Seribu Bulan.  Adakah di sepuluh hari terakhir Ramadhan ini akan berniat mendapatkan Lailatul Qodr ?

 

Belum ada Komentar untuk Lailatul Qodr Ibadah Malam Seribu Bulan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Lailatul Qodr Ibadah Malam Seribu Bulan

peringatan nuzulul qur'an

Hikmah Peringatan Malam Nuzulul Qur’an

T 12 June 2017 F , A Yayasan Nurul Ihsan

Peristiwa Nuzulul Quran merupakan anugerah yang luar biasa dari Allah SWT untuk umat manusia. Dari kondisi zulumat (kegelapan) kepada kondisi yang penuh dengan petunjuk Ilahi (Nur), Nabi Muhammad menyampaikan risalah Ilahi secara bertahap mulai dari Mekah hingga terwujudnya Madinah (Ibukota... Selengkapnya

ramadhan di rusia

Melihat Kemeriahan Ramadhan Di Berbagai Negara (bag.1)

T 12 June 2017 F , A Yayasan Nurul Ihsan

Shoum atau Puasa adalah salah satu ibadah yang wajib dilaksanakan kaum muslimin di seluruh dunia  ketika datang bulan Ramadan. Ibadah ini tidak cuma menahan lapar dan haus  saja, tetapi juga upaya menahan hawa nafsu. Kewajiban ini adalah salah satu bentuk... Selengkapnya

3 fase ramadhan

3 Fase Ramadhan Yang Harus Kita Ketahui

T 10 June 2017 F A Yayasan Nurul Ihsan

Pada umumnya umat Islam telah memahami bahwa puasa Ramadhan selama satu bulan penuh terbagi menjadi 3 fase. Fase Pertama, yakni 10 hari pertama adalah Fase RAHMAT, kemudian 10 hari kedua adalah fase AMPUNAN, dan fase 10 hari ketiga adalah fase... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.