Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Beranda » Agama Islam » Keutamaan Shalat Tarawih di Bulan Ramadhan

Keutamaan Shalat Tarawih di Bulan Ramadhan

T Diposting oleh pada 28 May 2018
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 505 kali

Shalat tarawih merupakan shalat sunnah yang hanya ada dibulan suci Ramadhan. Shalat sunnah ini dilaksanakan ba’da Shalat Isya yang terdiri dari 23 Rakaat. Shalat tarawih merupakan shalat sunah dengan segudang pahala. Shalat tarawih ini memiliki pahala yang sangat luar biasa dan sangat disayangkan bila kita melewatkan shalat sunnah yang hanya ada dibulan puasa ini. Yang hanya ada setahun sekali dan hanya ada dibulan Ramadhan.

Bila kita melaksanakan shalat tarawih dari hari pertama hingga hari terakhir. Maka pahala yang tidak bisa terhitung bagi yang melaksanakan shalat sunah tersebut. Dari Bab keistimewaan Ramadhan dari Ali bin Abi Tahlib ra bahwa dia berkata: Nabi Muhammada SAW ditanya tentang keutamaan-keutamaan tarawih dibulan Ramadhan.

Kemudian Beliau menjawab “ Seorang Muslim yang melaksanakan Shalat tarawih dari malam pertama hingga malam terkakhir ( ke 29 atau 30), maka fadhilah (kebaikan) yang Allah SWT sediakan baginya pada tiap malam adalah” 1. Orang mukmin keluar dari dosanya pada malam pertama, seperti saat dia dilahirkan oleh ibunya.

 Shalat Tarawih

Shalat Terawih Bersama Imam Hingga Selesai

Kadang sebagian orang yang melaksanakan shalat tarawih  bersama imam tidak mengikutinya sampai selesai. Dan ketika imam akan melanjutkan shalat witir yang 3 rakaat sebagiaan jamaah pulang dan tidak mengikuti imam. Dan ada yang mengurangi jumlah rakaat tarawih hanya 11 rakaat saja. Dari Abu Dzar ra, Nabi Muhammad SAW mengumpulkan keluarga dan para sahabatnya. Lalu beliau bersabda,

إِنَّهُ مَنْ قَامَ مَعَ الإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ كُتِبَ لَهُ قِيَامُ لَيْلَةً

“Siapa yang shalat bersama imam sampai ia selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh (HR. An Nasai : 1605. Tirmidzi : 806, Ibnu Majah : 1327, Ahmad dan Tirmidzi)

Dan diriwayatkan dalam hadits lain Musnad Imam Ahmad, disebutkan dari Abu Dzar, Rasulullah SAW bersabda,

إِنَّ الرَّجُلَ إِذَا قَامَ مَعَ الإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ حُسِبَ لَهُ بَقِيَّةُ لَيْلَتِهِ

“Sesungguhnya jika seseorang shalat bersama imam hingga imam selesai, maka dia dihitung mendapatkan pahala shalat disisa malamnua.” (HR. Ahmad 5:163)

Shalat 23 rakaat yang dilakukan Umar dan para sahabat radhiyallahu’anhum, tidak ada kekurangan didalamnya, karena merupakan saunah khulafaurrasyidin. (Majmu’ Fatawa, Syaikh Ibnu Baz).

Hikmah Shalat Terawih Dari Awal Hingga Akhir

Seperti yang telah disandingkan di pembahasan pertama, bila kita melaksanakan shalat terawih hari pertama maka keutamaan baginya selayaknya dia yang baru lahir dari dunia yang tidak memiliki dosa. Bagaimana bila kita datang pada shalat tarawih ke 2, 3, 4 dan seterusnya? Subhanallah, semua Allah SWT berikan untuk kita bila kita menjalankan segala perintahnya.

Dibulan ramadhan ini, sangat dianjurkannya melakukan segala sunah yang ada dibulan ramadhan. Agar tercapainya ramadhan yang berkah dan penuh dengan berlipat gandanya pahala. Maka sangat disayangkan bila kita melewatkan setiap kegiatan yang dilaksanakan pada hanya bulan ramadhan saja. Karena hanya dibulan ini segala amal dan pahala kita dilipat gandakan oleh Allah SWT.

Semoga kita termasuk kedalam orang-orang yang beruntung dan mendapat keberkahan dibulan ramadhan ini, serta dapat meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT. Hendaklah kita melakukan segala amal dan apa yang diperintahkan oleh Allah karena semata-mata hanya mengharapkan Ridho-Nya.

Aamiin Ya Robbal’aalamiin

Belum ada Komentar untuk Keutamaan Shalat Tarawih di Bulan Ramadhan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Keutamaan Shalat Tarawih di Bulan Ramadhan

Keutamaan Dan Kemuliaan Hari Jum’at Bagi Umat Muslim

Keutamaan Dan Kemuliaan Hari Jum’at Bagi Umat Muslim

T 11 January 2019 F A WP-YNI

Seluruh hari terlihat seperti biasa saja. Namun Allah subhanahuwata’ala memberikan keistimewaan pada hari jum’at. Banyak yang tidak mengetahui bahwa hari jum’at merupakan hari proses  diciptakannya Nabi Adam Alaihissalam. Nabi Adam Alaihissalam merupakan bapak dan nenek moyang semua manusia  diseluruh dunia.... Selengkapnya

yayasan anak yatim di jakarta timur

Apakah Penyakit Hati Bisa Disembuhkan ?

T 24 February 2017 F A Admin Web YNI

Hati adalah salah satu organ tubuh manusia, dalam islam sendiri hati adalah penentu sifat seseorang. Baik buruknya seseorang berasal dari dalam hatinya. Dalam bahasa Arab, hati disebut dengan Qalbu. Kita sering mendengar betapa pentingnya organ hati tempat lahirnya perasaan tersebut.... Selengkapnya

Sunah puasa dalam Ramadhan

6 Macam Sunah Dalam Menjalankan Ibadah Puasa

T 24 May 2018 F , A WP-YNI

Sunah-sunah puasa dalam ramadhan sangat dianjurkan untuk kita lakukan, karena dibulan ramadhan ini segala pahala baik kita akan dilipat gandakan oleh Allah SWT. Maka hendaklah kita menghidupkan sunah-sunah dalam berpuasa agar tercapainya puasa yang sempurna dengan pahala yang luar biasa.... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00