Beranda » Agama Islam » Keutamaan Melakukan Amalan Baik Dibulan Sya’ban

Keutamaan Melakukan Amalan Baik Dibulan Sya’ban

T Diposting oleh pada 23 April 2018
F Kategori ,
b 2 komentar
@ Dilihat 276 kali

Bulan Sya’ban merupakan bulan hijryah diantara bulan Rajab dan Ramadhan.  Rasulullah SAW bersabda , “Sya’ban itu bulan antara Rajab dan Ramadhan. Bulan ini banyak diabaikan oleh umat manusia, padahal dalam bulan ini amal-amal hamba itu diangkat (diterima oleh Allah). Aku ingin amalku diterima oleh Alah dibulan Sya’ban dalam keadaan aku berpuasa.” (HR. Baihaqi)

Maka bisa dikatakan keutamaan pada bulan ini, Rasulullah melakukan berbagai amalan seperti shalat, zakat dan lain sebagainya diterima Allah dalam beliau keadaan berpuasa. Dibulan Sya’ban ini Allah akan menerima taubat kita bagi yang bertaubat kepadaNya, akan menyelamatkan kita atas bala yang datang, akan memberinya rizki bagi yang meminta kepadaNya.

Harus kita manfaatkan sebaik mungkin bulan Sya’ban ini karena amalan kita selama satu tahun penuh akan diangkat Allah SWT yaitu pada malam Nisfu Sya’ban yang dimana Allah SWT turun pada malam ini untuk memberi syafa’at kepada siapa saja yang meminta kepadaNya pada malam itu hingga terbit fajar.  Maka jangan kita lewatkan malam Nisfu Sya’ban ini dengan shalat tahajjud dengan berzikir dan menyebut nama-nama-Nya yang agung.

keutamaan bulan sya'ban

Macam-Macam Keutamaan Pada Bulan Sya’ban

Bila kita lihat dari kebiasaan yang Rasulullah SAW lakukan pada bulan Sya’ban ialah sebagai sebuah awal atau pemanasan untuk menyambut Bulan Ramadhan. Puasa, shalat, zakat, dan zikir yang dilakukan beliau adalah sebagai awal untuk menyambut Ramadhan atau tidak kaget bila Ramadhan datang nanti, karena kita melakukannya saat dibulan Sya’ban.

Lalu apa saja amalan-amalan pada bulan Sya’ban itu? Aisyah RA mengatakan: “Aku tidak pernah melihat Rasulullah menyempurnakan puasa selama sebulan penuh kecuali pada bulan Ramadhan. Dan aku tidak pernah melihat beliau banyak melakukan puasa di luar Ramadhan kecuali pada bulan Sya’ban.” (HR Muttafaq ‘alaih)

  1. Berpuasa

Dari Aisyah RA berkata : “Aku tidak pernah melihat Rasulullah menyempurnakan puasa selama sebulan penuh kecuali pada bulan Ramadhan. Dan aku tidak pernah melihat beliau banyak melakukan puasa diluar Ramadhan kecuali pada bulan Sya’ban” . (HR. Muttafaq’Alaih).

Maka telah dijelaskan bahwa amalan yang Rasulullah SAW lakukan pada saat bulan Sya’ban ialah berpuasa.

  1. Allah SWT Turun Kebumi dan mengangkat amal-amal manusia

Pada bulan ini, Allah SWT turun kebumi untuk melihat hambanya yang senantiasa mengingat-Nya, ialah pada pertengahan bulan Sya’ban atau biasa yang umat ketahui dengan Nishfu Sya’ban.  Allah SWT akan mengampuni kita  yang bertaubat kepadaNya dengan beristighfar, Shalat tahajjud dan bermunajat kepadanya, kecuali orang musyrik dan orang saling bermusuhan”. (HR. Ibnu Majah).

  1. Bulan untuk membaca Al-Qur’an

Pada bulan ini juga dimanfaatkan sebagai sarana mengumpulkan amal termasuk dengan membaca Al-Qur’an. Telah diriwayatkan oleh Anas ra, berkata“ Adalah orang-orang muslim apabila masuk bulan Sya’ban, mereka membuka mushaf-mushaf Al-Qur’an dan membacanya, mengeluarkan zakat dari harta mereka untuk memberi kekuatan kepada orang-orang yang lemah dan orang-orang miskin untuk melakukan puasa Ramadhan”.

  1. Perubahan arah kiblat

Pada bulan Sya’ban, terjadi perubahan arah kiblat umat muslim dari masjidil aqsha di baitul maqdis, Palestina,  ke ka’bah masjidil haram, makkah. Menjadi sebuah momentum untuk meningkatkan iman kita umat muslim kepada Allah dan meningkatkan persaudaraan terhadap sesama muslim.

Hikmah Mengamalkan Amalan Di Bulan Sya’ban

Hikmah yang dapat kita ambl dari pemaknaan bulan Sya’ban ialah dapat meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT. Umat muslim berbondong-bondong melakukan banyak amalan kebaikan dan bermunajat kepada Allah. Selain itu dibulan Sya’ban ini sebagai pemantapan iman juga sebagai persiapan mental kita untuk menyambut Ramadhan. Dan sebagai sesama muslim mari mengingatkan saudara-saudara kita untuk melakukan amalan-amalan ini.

Dengan perbanyak puasa sunah dibulan Sya’ban ini, sebagai langkah awal menyambut puasa wajib Ramadhan. Lalu, jalankan juga sunah-sunah lainnya seperti shalat malam, berzikir, memohon ampun, menyebut nama-nama Allah yang insyaAllah Allah menerima segala amal yang telah kita lakukan. Karena Allah senang terhadap hambanya yang meminta hanya kepada-Nya.

Dan pengangkatan amal-amal itu ialah pada malam nishfu Sya’ban maka dilakukannya shalat nishfu Sya’ban yang dimana Allah turun kelangit bumi untuk melihat hambanya yang bermunajat kepadaNya dan sebagai tanda penutupan amal selama setahun.  Namun tetaplah kita lakukan harus ikhlas semata-mata mencari Ridho dan Rahmat Allah. Bukan hanya karena Nishfu Sya’ban saja kita mendekatkan diri kepada Allah namun dibulan-bulan lain pun harus sama.

Semoga bertambah Iman dan Taqwa kita kepada Allah, saling memepererat persaudaraan sesama muslim, semakin banyak beramal shaleh, dan makin besemangat menyambut Ramadhan datang. Aamiin Aamiin Yarobbal’aalamiin.

2 Komentar untuk Keutamaan Melakukan Amalan Baik Dibulan Sya’ban

  • Android says:

    Kalau isra dari masjidil haram ke masjidil aqsa, buraq kilat kecepatan cahaya bisa singkat. Tapi kalau isra miraj naik langit ketujuh apa bisa kecepatan cahaya dalam semalam?

    • WP-YNI says:

      Assalamu’alaikum, buraq ialah dalam bahasa arab “baruq” yang artinya kilat juga sebagai kendaraan Nabi Muhammad SAW menjalankan perintah Allah untuk Isra Mi’raj bersama dengan malaikat jibril dalam waktu semalam Nabi SAW dan Malaikat Jibril mengelilingi langit. Buraq memang tidak disebutkan dalam Al-Qur’an namun sering disebut dalam hadist-hadist.

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Keutamaan Melakukan Amalan Baik Dibulan Sya’ban

apa itu qurban dan apa keutamaannya

Apa Itu Kurban? Dan Apa Keutamaannya?

T 20 July 2018 F A WP-YNI

Qurban berasal dari bahasa Arab yakni “Qurban” yang artinya dekat (قربان). Kurban dalam islam juga disebut dengan Al-Udhhiyah dan Adh-dhahiyyah yang artinya binatang sembelihan, seperti unta, sapi atau kerbau, dan kambing yang disembelih pada hari raya Idul Adha dan hari-hari... Selengkapnya

ramadhan di rusia

Melihat Kemeriahan Ramadhan Di Berbagai Negara (bag.1)

T 12 June 2017 F , A Yayasan Nurul Ihsan

Shoum atau Puasa adalah salah satu ibadah yang wajib dilaksanakan kaum muslimin di seluruh dunia  ketika datang bulan Ramadan. Ibadah ini tidak cuma menahan lapar dan haus  saja, tetapi juga upaya menahan hawa nafsu. Kewajiban ini adalah salah satu bentuk... Selengkapnya

amalan di 10 hari terakhir ramadhan

Amalan Pada 10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan

T 6 June 2018 F A WP-YNI

Sudah memasuki waktu 10 hari terakhir ramadhan, hendaklah kita lebih berkutat diri dengan mendekatkan diri kita kepada Allah SWT. Karena pada 10 malam terakhir dibulan ramadhan Allah menurunkan begitu banyak keutamaan. Maka sangat disayangkan bila kita melewati 10 malam terakhir... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00