Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Beranda » Agama Islam » Keutamaan Dan Kemuliaan Hari Jum’at Bagi Umat Muslim

Keutamaan Dan Kemuliaan Hari Jum’at Bagi Umat Muslim

T Diposting oleh pada 11 January 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 220 kali

Seluruh hari terlihat seperti biasa saja. Namun Allah subhanahuwata’ala memberikan keistimewaan pada hari jum’at. Banyak yang tidak mengetahui bahwa hari jum’at merupakan hari proses  diciptakannya Nabi Adam Alaihissalam. Nabi Adam Alaihissalam merupakan bapak dan nenek moyang semua manusia  diseluruh dunia. Allah Azza wa Jalla berfirman :

يَا بَنِي آدَمَ لَا يَفْتِنَنَّكُمُ الشَّيْطَانُ كَمَا أَخْرَجَ أَبَوَيْكُم مِّنَ الْجَنَّةِ

Artinya: “Hai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh syaitan sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapakmu dari surga.” (QS. Al – ‘Araf : 27)

Dihari jum’at juga terjadi peristiwa besar lainnya yakni shalat jum’at yang hanya dikhususkan bagi kaum adam (laki-laki) shalat jum’at yang dilaksanakan wajib berjama’ah yang dilakukan oleh seluruh umat muslim diseluruh dunia. Bahkan perbuatan baik dan buruk kita yang dilakukan dihari jum’at akan digandakan oleh Allah. Bukankah sebaiknya kita memperbaiki diri dan mengerjakan amal sholeh dengan mengharapkan Ridho Allah?

Keutamaan Dan Kemuliaan Hari Jum’at Bagi Umat Muslim

Keistimewaan Yang Terkandung Dihari Jum’at

Allah Subhanahuwata’ala mengkhususkan hari Jum’at ini hanya untuk kaum Muslimin dari seluruh kaum yang ada dari umat-umat terdahulu. Didalamnya memiliki keutamaan yang datangnya langsung dari Allah Subhanahuwata’ala. Dan berikut rahasia keutamaan hari Jum’at :

  1. Hari Keberkahan

Di hari Jum’at berkumpul kaum Muslimin dimasjid-masjid untuk mengikuti shalat Jum’at dan sebelumnya mendengarkan dua khutbah Jum’at yang mengandung pengarahan dan pengajaran pula nasihat-nasihat yang ditujukan kepada kaum muslimin yang seluruhnya mengandung manfaat agama dan dunia. Ibnu Qayyim al-Jauziyyah rahimahullah menyebut hari Jum’at memiliki 33 keutamaan, bahkan Imam as-Suyuthi menyebut ada 1001 keistimewaan didalamnya.

 

  1. Hari Diperintahkannya Shalat Jum’at

Allah Azza wa Jalla berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِن يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ

Artinya: “ Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (QS. Jumuah : 9)

 

Rasulullah Shallallahu’alaihi wa salam bersabda, yang artinya “Hendaklah kamu-kaum itu berhenti dari meninggalkan shalat Jum’at atau (jika tidak) Allah pasti akan mengunci hari mereka. Kemudian mereka pasti menjadi orang-orang yang lalai (HR. Muslim). Dalam riwayat lain Rasulullah menyebutkan, “Shalat Jum’at adalah hak yang diwajibkan kepada setiap muslim kecuali empat orang budak atau wanita atau anak kecil atau orang sakit.” (HR. Abu Daud)

“Barang siapa yang bersuci dan mandi, kemudian bergegas dan mendengar khutbah dari awal. Berjalan kaki tidak dengan berkendaraan, mendekat dengan imam, lalu mendengarkan khutbah dan tidak berbuat sia-sia, maka baginya bagi setiap langkah pahala satu tahun baik puasa dan shalatnya.”

 

  1. Hari Di Qabulkannya Doa

Dari Abu Huarirah, Rasulullah shallallahu’alaihi wa salam bersabda: “Sesungguhnya pada hari Jum’at terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya.” (HR. Muttafaqun Alaih)

Lalu dihadits lain mengatakan, “Dihari Jum’at itu terdapat satu waktu yang jika seorang Muslim melakukan shalat didalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.’ Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

  1. Hari Allah SWT Menampakkan Diri

Dalam sebuah riwayat disbeutkan. Hari Jum’at bahwa Allah menampakkan diri kepada hamba-hamba-Nya yang beriman di surge. Dari Anas bin Malik dalam mengomentari ayat: “Dan Kami memiliki pertambahannya.” (QS. Qaaf : 35) mengatakan: “Allah menampakkan diri kepada mereka setiap hari Jum’at.”

Beberapa keistimewaan lain dihari jum’at diantaranya ialah, dalam ‘al-Musnad’ dari hadits Abu Lubabah bin Abdul Munzir, dari Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi wa sallam, beliau bersabda, yang artinya : “Penghulunya hari adalah hari Jum’at, ia adalah hari yang paling utama di sisi Allah Subhanahu wata’ala, lebih agung disisi Allah dari pada hari Idul Fitri dan Idul Adha. Pada hari Jum’at tersebut terdapat lima keistimewaan: Hari itu bapak semua umat manusia, Nabi Adam Alaihissalam diciptakan, diturunkan ke dunia, dan wafat. Hari kiamat tak akan terjadi kecuali hari Jum’at.

 

  1. Hari pembeda antara islam dan Non-Muslim

Hari Jum’at merupakan hari istimewa bagi kaum muslimin. Maka dari itu Nabi Muhammad shallallahu’alaihi wa salam membedakan antara harinya orang Yahudi dan orang Nashrani.

Dari Abu Hurairah meriwayatkan, Rasulullah Shallallahu’alihi wa salam bersabda, yang artinya, “Allah telah memalingkan orang-orang sebelum kita untuk menjadikan hair Jum’at sebagai hari raya mereka, oleh dari itu hari raya orang Yahudi adalah hari Sabtu, dan hari raya orang Nashrani adalah hari Ahad, kemudian Allah memberikan bimbingan kepada kita untuk menjadikan hari Jum’at adalah hari raya. Sehingga Allah menjadikan hari raya secara berurutan , yaitu hari Jum’at, Sabtu dan Ahad. Dan hari kiamat mereka pun akan menikuti kita seperti urutan  tersebut. walaupun didunia kita adalah penghuni yang terakhir. Namun dihari kiamat nanti kita adalah urutan terdepan yang akan diputuskan perkaranya sebelum seluruh makhluk.” (HR. Muslim)

 

Maka karena itu, Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam sangat memuliakan hari Jum’at dan menghormatinya pula mengkhususkannya untuk beribadah kaum Muslimin.

 

Belum ada Komentar untuk Keutamaan Dan Kemuliaan Hari Jum’at Bagi Umat Muslim

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Keutamaan Dan Kemuliaan Hari Jum’at Bagi Umat Muslim

Shalat Tarawih

Keutamaan Shalat Tarawih di Bulan Ramadhan

T 28 May 2018 F A WP-YNI

Shalat tarawih merupakan shalat sunnah yang hanya ada dibulan suci Ramadhan. Shalat sunnah ini dilaksanakan ba’da Shalat Isya yang terdiri dari 23 Rakaat. Shalat tarawih merupakan shalat sunah dengan segudang pahala. Shalat tarawih ini memiliki pahala yang sangat luar biasa... Selengkapnya

keutamaan puasa 6 hari dibulan syawal

Keutamaan Puasa Syawal 6 hari setelah Ramadhan

T 25 June 2018 F A WP-YNI

Puasa Ramadhan telah berakhir, namun masih banyak amalan lain yang dilakukan setelah puasa wajib bulan Ramadhan. Ialah dengan puasa syawal selama 6 hari, terhitung dari tanggal 2 bulan syawal hingga 7 syawal. Puasa syawal 6 hari setelah puasa Ramadhan Allah... Selengkapnya

Anak Yatim

Pengertian Dan 8 Keutamaan Memuliakan Anak Yatim

T 19 February 2018 F A WP-YNI

Agama Islam adalah agama yang mengajarkan kedamaian. Dalam agama islam kita selalu diajarkan untuk saling menyayangi dan menolong kepada sesama, terutama pada anak yatim. Allah SWT menciptakan manusia sebagai makhluk sosial,ialah makhluk yang saling membutuhkan satu sama lain. Karena kita... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00