Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Beranda » Agama Islam » Keutamaan Berdzikir Di Bulan Suci Ramadhan

Keutamaan Berdzikir Di Bulan Suci Ramadhan

T Diposting oleh pada 12 April 2019
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 376 kali

Keutamaan Berdzikir Di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah, segala amalan-amalan baik kita di lipat gandakan oleh Allah subhanahuwata’ala. Maka sangat dianjurkan bagi umat muslim yang tengah menjalani ibadah puasa Ramadhan tersebut untuk banyak-banyak melakukan amalan-amalan kebaikan sebagai bekal kita nanti. Dan salah satu kegiatan yang dapat dilakukan di waktu kapan saja yakni berdzikir.

Dzikir berasal dari Bahasa Arab yang artinya, “Menyebut” atau “Mengingat”. Dengan berdzikir kita akan selalu mengingat Allah. Menyebut nama-nama-Nya dan kalimat tayyibah lainnya dapat dengan menyebut melalui lisan ataupun dalam hati. Terutama dengan niat yang baik untuk mengharap ridha Allah subhanahuwata’ala, Ia akan memberikan ampunan bagi mereka. Allah subhanahuwata’ala berfirman yang artinya :

“Sesungguhnya lelaki dan perempuan muslim, lelaki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, lelaki dan perempuan yang benar, lelaki dan perempuan yang sabar, lelaki dan perempuan yang khusyu’ (Dalam Shalat), lelaki dan perempuan yang bersedekah, lelaki dan perempuan yang berpuasa, lelaki dan perempuan yang menjaga kehormatannya, lelaki dan perempuan yang banyak menyebut nama Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.” (QS. Al-Ahzab : 35).

 

Macam-Macam Keutamaan Berdzikir Dibulan Ramadhan

  1. Menghapus Dosa-Dosa

Manusia tidak luput dari dosa, setiap manusia pasti melakukan kesalahan. Dengan banyak berdzikir kepada Allah, semoga Allah mengampuni segala dosa-dosa yang kita perbuat. Dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang mengucapkan : Subhanallah wa bihamdihi ( Maha Suci Allah dan segala Puji bagi-Nya) sebanyak 100 kali, maka dihapuskan segala kesalahannya walaupun sebanyak buih dilaut.” (Muttafaqun ‘Alaih)

  1. Dzikir Merupakan Ibadah Paling Mudah Namun Paling Mulia

Sesungguhnya sebaik-baik lisan ketika berucap ialah yang mendatangkan manfaat serta menjadi ibadah. Yakni dengan berdzikir kepada Allah, kebanyakan manusia menggunakan lisan mereka untuk membicarakan hal yang tak perlu dan mengandung mudhorot. Seperti menggunjing, berbohong, mengadu domba, memuji hal-hal yang duniawi serta mencela. Maka dengan berdzikir lewat lisan, perkataan kita memiliki ibadah yang utama, menghindarkan dari perkataan-perkataan tidak bermanfaat. Namun, berdzikir akan mendatangkan pahala dan Allah menyukai hambanya yang selalu mengingatnya. Allah subhanahuwata’ala berfirman, yang artinya, “ Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari nikmat-Ku.” (Qs. Al – Baqarah : 152)

  1. Mendapatkan Ketenangan Jiwa

Setiap manusia membutuhkan ketenangan batin dalamh hidupnya, dikatakan tenang batin pastilah manusia memiliki persoalan-persoalan dalam hidup. Yang membuat kita risau dan gundah gulana. Lalu apakah yang harus kita cari saat itu? Allah subhanahuwata’ala-lah yang pasti menolong kita dalam keterpurukan dan kesedihan. Mengingat Dia ketika dalam duka merupakan sebuah keharusan. Tapi, tetaplah ingat Allah baik dalam suka maupun duka.

Allah akan membuat hati kita tentram dan aman, seperti yang dikatakan dalam Al-Qur’an surah Ar-Raad ayat 28,

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

Artinya : “ (Yaitu) Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah- lah hati menjadi tenteram.” (QS. Ar-Raad : 28)

  1. Mendapat Kebaikan Yang Berlipat Ganda

Seorang muslim yang senantiasa tak lupa berdzikir kepada Allah, maka ia akan mendapatkan 10 kebaikan dan dihapuskan 10 kesalahannya serta mendapatkan pahala seperti orang yang memerdekakan 10 orang budak lalu terlindung dari gangguang syetan. Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits, bahwa Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam menyebutkan apabila seseorang membaca dzikir berikut ini :

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ

Artinya: “Tidak ada tuhan yang berhak disembahhjngvhjhuu selain Allah, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan segala pujian. Dia-lah yang berkuasa atas segala sesuatu.” Dibaca (100x) (HR. An-Nasa’I dari Abu Ayub Al-Abshari radhiyallahu’anhu)

  1. Tercukupi Segala Kebutuhan

Allah subhanahuwata’ala senantiasa mencukupi segala kebutuhan kita bukan keinginan kita, sebabnya manusia memiliki banyak keinginan. Tapi berbicara kebutuhan merupakan suatu hal yang harus ada. Dan Allah subhanahuwata’alalebih memahami apa yang kita butuhkan. Maka, senantiasa berdzikir kepada Allah-lah kebutuhan kita terpenuhi.

 

Dzikir Sebagai Amalan Yang Paling Mudah

عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ” أَلَا أُنَبِّئُكُمْ بِخَيْرِ أَعْمَالِكُمْ، وَأَزْكَاهَا، عِنْدَ مَلِيكِكُمْ، وَأَرْفَعِهَا فِي دَرَجَاتِكُمْ، وَخَيْرٍ لَكُمْ مِنْ إِعْطَاءِ الذَّهَبِ وَالْوَرِقِ، وَخَيْرٍ لَكُمْ مِنْ أَنْ تَلْقَوْا عَدُوَّكُمْ، فَتَضْرِبُوا أَعْنَاقَهُمْ وَيَضْرِبُوا أَعْنَاقَكُمْ ” قَالُوا: بَلَى. قَالَ: «ذِكْرُ اللَّهِ تَعَالَى

Artinya : “Dari Abu ad-Darda’ beliau berkata: Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda: Maukah kalian aku beritahu amalan terbaik, tersuci kalian disisi Allah dan paling tinggi dalam derajat kalian serta lebih baik bagi kalian dari diberi emas dan perak dan lebih baik dari berjumpa musuh kalian lalu kalian penggal leher mereka dan mereka memenggal leher kalian? Mereka menjawab, ‘Ya’. Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam menjawab: Dzikir kepada Allah.”

Seperti penjelasan diatas, berdzikir memiliki keutamaan. Dan terutama berdzikir dibulan Ramadhan Kaum muslimin diperintahkan untuk selalu berdzikir kepada Allah baik dalam keadaan sehat maupun sakit, dalam keadaan duduk ataupun berbaring, disaat siang ataupun malam dan dalam segala kondisi lainnya. Karena memang berdzikir memiliki kebaikan dan kedudukan yang tinggi dimata Allah subhanahuwata’ala. Dan Seperti yang telah diketahui bahwa melakukan amalan-amalan baik lainnya di bulan Ramadhan, Allah subhanahuwata’ala akan melipat gandakan pahala kita. Dan ini hanya ada di Bulan Ramadhan, yang hanya terjadi 1 tahun sekali. 

Semoga kita senantiasa menjadi seorang muslim yang terus menerus mengingat Allah, karena Dialah Sang Penolong, Sang Pemberi Rahmat, Sang Maha Pengampun dan seluruhnya. Tanpa Allah hidup kita akan gersang, tak memiliki tujuan, hidup tak memiliki norma-norma agama, dan banyak melakukan larangan-larangannya. Dan marilah kita mempersiapkan diri bertemu bulan Ramadhan yang tinggal menghitung hari. Semoga segala kegiatan kita diberkahi, amalan kita dilipat gandakan oleh Allah serta dapat bertemu Ramadhan berikutnya.

Aaminn Ya Robbal ‘Aalaamiin

 

Belum ada Komentar untuk Keutamaan Berdzikir Di Bulan Suci Ramadhan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Keutamaan Berdzikir Di Bulan Suci Ramadhan

Pengertian Istighosah

Pengertian Dari Istighosah Secara Bahasa dan Harfiah

T 25 October 2018 F A WP-YNI

Istighosah berasal dari kata الغوث (al-ghouts) yang artinya pertolongan. Dan dalam tata bahasa Arab kalimat yang mengikuti pola (wazan) ‘istaf’ala’  استفعل atau ‘istif’al’ yang artinya permintaan atau pertolongan. Maka pengertian Istighosah ialah berarti meminta pertolongan. Seperti kata غفران (ghufran) yang... Selengkapnya

Berdoa

Pantaskah Do’a Kita Dikabulkan Oleh Allah?

T 6 March 2018 F A WP-YNI

Doa merupakan jalur penghubung antara kita sebagai sosok hamba yang lemah, kepada Allah SWT, tuhan semesta alam yang maha kaya, luhur serta abadi. Doa adalah sebuah aktifitas yang tidak hanya bernilai ibadah, akan tetapi doa tersebut merupakan salah satu koridor... Selengkapnya

Bolehkah Seorang Istri Berqurban Sendiri_

Bolehkah Seorang Istri Berqurban Sendiri?

T 12 July 2019 F , A WP-YNI

Ber- Qurban hukumnya ialah Sunnah muakkadah (ditekankan) bagi setiap muslim yang mampu baik laki-laki maupun perempuan. Bila seorang muslim telah mampu dalam melaksanakan perintah ini, maka laksanakan. Dari Syaikh Shalih Al-Munajjid, beliau mengatakan, yang artinya : “الأضحية مشروعة للرجل والمرأة... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00