Beranda » Agama Islam » Melihat Kemeriahan Ramadhan Di Berbagai Negara (bag.1)

Melihat Kemeriahan Ramadhan Di Berbagai Negara (bag.1)

T Diposting oleh pada 12 June 2017
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 367 kali

Shoum atau Puasa adalah salah satu ibadah yang wajib dilaksanakan kaum muslimin di seluruh dunia  ketika datang bulan Ramadan. Ibadah ini tidak cuma menahan lapar dan haus  saja, tetapi juga upaya menahan hawa nafsu.

Kewajiban ini adalah salah satu bentuk perwujuduan keimanan yang harys dijalankan umat Islam di seluruh dunia. Akan tetapi, karena adanya akulturasi dengan budaya setempat, menjadikan pelaksanaan ibadah puasa Ramadan ini menjadi sebuah tradisi yang kian semarak, variatif, dan memberi ciri tersendiri di setiap negara.

Banyak  cara dilakukan oleh umat Islam di Indonesia untuk menyambut datangnya bulan suci  Ramadhan. Beberapa ritual kegiatan Ramadahan, antara lain; mandi untuk bersuci, ziarah ke  makam kerabat dan   leluhur.  Dan yang umumnya adalah tradisi memukul bedug.

Rupanya bukan  hanya di negara Indonesia saja  yang mempunyai tradisi menyambut datangnya bulan Ramadhan, beberapa negara lain di seluruh dunia pun mempunyai tradisi unik yang cuma berlangsung pada saat bulan Ramadhan.

 

5  Negara Dengan Tradisi Unik Menyambut Ramadhan

Tidak  hanya Indonesia yang memiliki  tradisi unik di bulan suci Ramadan, 10 negara berikut ini juga memiliki  tradisi yang cukup  menarik. Tradisi menyambut Ramadhan tidak hanya di negara yang mayoritas penduduknya Islam, tetapi di negara yang minoritas Umat Islamnya pun memiliki tradisi yang unik selama bulan Ramadhan. Mungkin Anda terinspirasi untuk berkunjung ke negara tersebut suatu saat? Ikuti dulu informasi yang kami berikan.

1) Qatar

Pada bulan Ramadhan di Qatar selepas buka puasa dan sholat Maghrib pada tiap tanggal 13, 14, dan 15 bulan Ramadan, diadakan festival khusus anak yang bernama Garangaou. Dalam festival ini anak laki-laki tampil dengan busana arab hitam berompi merah bersulam emas. Anak perempuan memakai  baju tradisional yang dinamakan disdaashas yang berwarna cerah lengkap dengan hijab hitam transparan berhias benang emas. Mereka lalu berpawai dan bernyanyi sepanjang jalan sekaligus mengunjungi  ke rumah-rumah penduduk untuk meminta permen dan kue.

ramadhan di qatar

2) Jepang

Pada bulan suci Ramadan, Kaum Muslimin  di Jepang akan saling berbagi kebahagiaan dengan sesama Muslim lainnya. Mereka berkumpul di  Japan Islamic Centre . Umat Muslimin di Jepang membentuk semacam panitia bulan puasa yang bertugas menyusun kegiatan yang akan digelar selama bulan Ramadan, mulai dari dialog keagamaan, majelis taklim, salat tarawih berjamaah, hingga penerbitan buku-buku ke-islaman, dan masih banyak lagi. Panitia juga membuat  jadwal waktu berpuasa serta  menyebarkannya  ke masjid-masjid, rumah keluarga Muslim, dan restoran halal di seluruh negara Jepang.

ramadhan di jepang

3) India

Menjelang bulan Ramadhan, para pria akan menghiasi mata mereka dengan kohl (sejenis celak mata). Hal menarik lainnya yang terjadi adalah peningkatan penjualan bihun, sebab bihun ada;aj menu yang sering disuguhkan saat berbuka puasa bersama dengan buah-buahan manis. Umat Islam di India juga senang menikmati ganghui (sejenis sup yang dibuat dari terigu, beras dan potongan daging). Pada waktu sahur, pada umumnya mereka minum minuman khusus yang terbuat dari kacang-kacangan dan biji-bijian yang dinamakan harir.

ramadhan di india

4) Singapura

Sentral  keramaian  Ramadan di Singapura berada di area Masjid Sultan yang sejak tahun 1960-an selalu menyelenggarakan Bazaar Ramadhan di  Masjid Sultan. Masjid ini senantias ramai dikunjungi oleh umat Islam di Singapura maupun turis dari belahan dunia. Dalam acara ini, pengunjung bisa membeli aneka makanan dari berbagai negara untuk berbuka puasa. Ada makanan khas  Timur Tengah, India, hingga Indonesia. Para Pedagang di acara bazaar berjualan mulai dari jam 15.00-20.00 waktu setempat. Waktu paling ramai adalah menjelang berbuka puasa, yaitu sekitar pukul 19.00 waktu setempat. Harga makanannya pun cukup  murah, sekitar SGD 2-10.

ramadhan di singapura

5) Rusia

Kaum Muslim di Rusia pada umumnya berpuasa selama 17 jam penuh. Ini  merupakan salah satu rentang puasa dengan jam puasa terlama di dunia. Di Rusia kini ada sekitar 8000 masjid dan 20 juta umat Muslim. Sekitar dua juta umat Islam  tinggal di Kota Moscow.

Selain berbuka puasa dengan menyanap  kurma dan buah-buahan lain, umat Islam di Rusia makan berupa berupa  roti yang terbuat dari tepung yang diisi berbagai aneka masakan. Untuk menghilangkan rasa haus, umumnya orang Rusia memberikan kvass, yakni  sebuah minuman tradisional Rusia non-alkohol yang dihasilkan dari proses fermentasi yang dicampur dengan rasa buah segar.

ramadhan di rusia

(negara lainnya berlanjut di artikel lanjutannya)

 


Ingin berbagi dengan anak-anak Yatim binaan Yayasan Nurul Ihsan pada bulan Ramadhan ini, silakan hubungi 021-8625728 | 0812 8818 3400


 

 

Belum ada Komentar untuk Melihat Kemeriahan Ramadhan Di Berbagai Negara (bag.1)

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Melihat Kemeriahan Ramadhan Di Berbagai Negara (bag.1)

yayasan anak yatim di jakarta timur

Apakah Penyakit Hati Bisa Disembuhkan ?

T 24 February 2017 F A Admin Web YNI

Hati adalah salah satu organ tubuh manusia, dalam islam sendiri hati adalah penentu sifat seseorang. Baik buruknya seseorang berasal dari dalam hatinya. Dalam bahasa Arab, hati disebut dengan Qalbu. Kita sering mendengar betapa pentingnya organ hati tempat lahirnya perasaan tersebut.... Selengkapnya

lailatul qodr

Lailatul Qodr Ibadah Malam Seribu Bulan

T 2 July 2016 F A Yayasan Nurul Ihsan

Lailatul Qodr atau para ulama sering menyebutnya Malam Seribu Bulan. Artinya Ibadah kita pada malam lailatul qord bernilai seribu bulan kita beribadah, yang jika kita hitung kurang lebih 83 tahun. Sungguh luar biasa amalan di malam Lailatul Qodr. Semoga kita... Selengkapnya

manfaat puasa bagi kesehatan

Puasa Ramadhan Ditinjau Dari Segi Kesehatan

T 11 June 2017 F , A Yayasan Nurul Ihsan

“Berpuasalah, niscaya kamu sehat” (HR Thabrani). Begitu dikatakan dalam sebuah hadits. Dari hadits tersebut Rosululloh menjelaskan bahwa dibalik puasa ada hikmah bagi manusi yakni kesehatan baik  jasmani maupun rohani. Tubuh manusia mempunyai mekanisme alamiah yang dipergunakan untuk mangatasi kondisi-kondisi yang... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.