Beranda » Peringatan Hari Besar Islam » Keistimewaan Bulan Dzulhijjah Dan Amalan Yang Disyariatkan

Keistimewaan Bulan Dzulhijjah Dan Amalan Yang Disyariatkan

T Diposting oleh pada 13 July 2018
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 1035 kali

Dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu’anhuma bahwa Nabi SAW bersabda yang artinya, “Tidak ada hari dimana amal shalih pada saat itu lebih dicintai oleh Allah dari pada hari-hari in, yaitu: sepuluh hari dari bulan Dzulhijjah. Mereka bertanya: Ya Rasulullah, tidak juga jihad fi sabilillah?” Beliau menjawab “Tidak juga jihad di sabilillah, kecuali orang yang keluar (berjihad) dengan jiwa dan hartanya, kemudian tidak kembali dengtan sesuatu apapun.” (HR. Bukhari)

Dari hadits lain, Umar Radhiyallahu’anhuma bahwa Rasulullah SAW bersabda yang artinya, “Tidak ada hari yang paling agung dan amat dicintai Allah untuk berbuat kebajikan didalamnya dari pada sepuluh hari (Dzulhijjah) ini. Maka perbanyaklah pada saat itu tahlil, takbir dan tahmid.” (HR. Ahmad)

Keistimewaan dibulan Dzulhijjah tidaklah antara lain karena Allah agungkan 10 hari dibulan ini. Serta bulan yang dimana dianjurkan mengamalkan banyak zikir, banyak berbuat kebaikan dan menghindar dari segala macam perbuatan buruk.

Keistimewaan Bulan Dzulhijjah Dan Amalan Yang Disyariatkan

Amalan-Amalan Istimewa Di Bulan Dzulhijjah

  1. Dzikir

Berzikir yang lebih diutamakan ialah dihari-hari yang sepuluh dengan memperbanyak takbir, tahlil dan tahmid. Allah SWt berfirman,

ليشهدوا منافع لهم ويذكروا اسم الله في أيام معلومات

Artinya : “Supaya mereka menyaksikan berbagai manfaat bagi mereka dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari-hari yang telah ditentukan…” (QS. Al – Hajj : 28)

Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu’anhuma berkata, “Hari-haru yang tekah ditentukan adalah 10 hari pertama bulan Dzulhijjah.”

Rasulullah SAW bersabda:

فأكثروا فيهن من التهليل والتكبير والتحميد

Artinya : “Maka perbanyaklah dihari-hari tersebut dengan tahlil, takbir, dan tahmid.” (HR. Ahmad)

  1. Berpuasa

Amalan selanjutnya yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan pada bulan Dzulhijjah ialah berpuasa Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah dan lebih afdhal untuk mengerjakan puasa dihari sebelumnya yakni pada tanggal 1 hingga 8 Dzulhijjah yang berdasarkan nash-nash hadist tentang keutamaan puasa.

Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “ Demi Dzat yang jiwaku berada di tanganNya, sungguh bau mulut orang yang berpuasa itu lebih wangi disisi Allah dari pada wangi minyak kasturi.” (HR. Bukhari dan Muslim)

  1. Bertilawah Al – Qur’an

Sangat baik bertilawah Al – Qur’an ketika berpuasa di 10 hari dibulan Dzulhijjah, membaca Al-Qur’an di hari-hari yang Allah agungkan dibulan Dzulhijjah sangatlah baik. Dan Allah akan melipatgandakan pahal orang yang memanfaatkan waktunya untuk membaca Al-Qur’an

Rasulullah SAW bersabda:

القرآن أفضل الذكر

Artinya : “Al – Qur’an adalah sebaik-baik Dzikir.” (HR. Ibnu Khuzaimah, shahih)

  1. Berqurban

Qurban adalah salah satu ibadah yang hanya dilaksanakan satu tahun sekali yang dikerjakan hanya dibulan Dzulhijjah setelah sholat idul adha.

Berqurban merupakan perintah Allah yang wajib setelah sholat bagi muslim yang mampu.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an:

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

Artinya : “Maka shalatlah kamu untuk Tuhanmu dan berkurbanlah!” (QS. Al Kautsar : 2)

Dalam hadits lain juga dijelaskan, Rasululullah SAW bersabda, yang artinya: “Barang siapa yang shalat seperti kita shalat, dan berkurban seperti kita berkurban, maka sesungguhnya dia telah mengerjakan kurban dengan benar. Dan barang siapa yang menyembelih kurbannya sebelum shalat Idul Adha, maka kurbannya tidak sah.” (HR. Bukhari)

  1. BerHaji

Haji hanya terdapat diwaktu-waktu tertentu ialah dibulan Syawal, Dzulqo’dah dan Dzulhijjah. Selain dibulan tersebut tidak dapat dikatakan haji.bahkan hampir sebagian semua proses manasik haji dilaksanakan pada bulan Dzulhijjah.

Seperti yang dijelaskan pada ayat Al-Qur’an :

الْحَجُّ أَشْهُرٌ مَعْلُومَاتٌ …

Artinya: “Haji itu pada bulan – bulan yang tertentu…” (QS. Al-Baqarah : 197)

Hikmah yang terkandung didalam bulan Dzulhijjah.

Dibulan Dzulhijjah ini merupakan bulan yang menjadi sarana kita mendekatkan diri kepada Allah SWT. Yang mana salah satu bulan untuk meningkatkan iman, ketaqwaan dan cinta kita kepada Allah SWT. Dan serta merta mengharap simpati dan Ridha Allah. Salah satunya ialah kita dapat mengambil hikmah dari kisah Nabi Ibrahim ‘alaihisalam yang dimana diuji keikhlasannya dan ketabahannya oleh Allah SWT.

Salah satu ketabahan yang dimiliki dalam diri Nabi Ibrahim ialah ketika perintah Allah SWT turun untuk Nabi Ibrahim dengan perintah menyembelih anaknya sendiri dan dirinya sendirilah yang melakukan penyembelihan tersebut. Padahal anaknya yang ditunggu-tunggu ialah Nabi Ismail ‘alaihissalam harus disembelih, dengan taat dan hati yang ikhlas Nabi Ibrahim melaksanakan perintah tersebut.

Dari situlah asal muasalnya umat  muslim berkurban, dan dilain tempat orang-orang yang tengah berhaji. Memiliki kaitaannya dengan orang yang bepuasa Arafah dan yang tengah berhaji atau yang tengah berkurban.

Belum ada Komentar untuk Keistimewaan Bulan Dzulhijjah Dan Amalan Yang Disyariatkan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Keistimewaan Bulan Dzulhijjah Dan Amalan Yang Disyariatkan

santunan yatim

Beribadah Puasa Ramadhan dan Berbagi di Yayasan Nurul Ihsan

T 28 June 2014 F A Yayasan Nurul Ihsan

Marhaban Ya Ramadhan Umat Islam seluruh dunia kini kembali menjalankan ibadah puasa Ramadan. Bulan yang oleh Allah SWT dihimpun di dalamnya rahmah (kasih sayang), maghfirah (ampunan), dan itqun minan naar (terselamatkan dari api neraka). Bulan Ramadan juga disebut dengan “shahrul... Selengkapnya

Amalan Di Bulan Ramadhan

Amalan Di Bulan Ramadhan

T 16 July 2014 F A Yayasan Nurul Ihsan

Bulan Ramadhan tiba. Selama bulan suci tersebut, umat Islam yang menjalaninya harus menahan diri dari makan dan minum termasuk perkara yang membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hingga tenggelam matahari. Meski menjalani ibadah puasa, segala aktifitas yang biasa kita lakukan... Selengkapnya

peringatan nuzulul qur'an

Hikmah Peringatan Malam Nuzulul Qur’an

T 12 June 2017 F , A Yayasan Nurul Ihsan

Peristiwa Nuzulul Quran merupakan anugerah yang luar biasa dari Allah SWT untuk umat manusia. Dari kondisi zulumat (kegelapan) kepada kondisi yang penuh dengan petunjuk Ilahi (Nur), Nabi Muhammad menyampaikan risalah Ilahi secara bertahap mulai dari Mekah hingga terwujudnya Madinah (Ibukota... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00