Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Beranda » Agama Islam » Kapan Wanita Boleh Mulai Melakukan Shalat Fardhu Dirumah?

Kapan Wanita Boleh Mulai Melakukan Shalat Fardhu Dirumah?

T Diposting oleh pada 20 June 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 498 kali

Kapan wanita boleh mulai melakukan shalat fardhu dirumah? Termasuk pula saat shalat zuhur dihari jum’at.  Setelah adzan berkumandang? Setelah iqamah? atau kah setelah para jamaah laki-laki menyelesaikan shalat jum’at mereka di masjid?

Syaikh sholeh Al Fauzan hafizhohullah pernah ditanya hal demikian, “kapan seorang wanita boleh mulai shalat dirumahnya, apakah ketika setelah adzan ataukah setelah iqamah?”

Maka beliau menjawab,

“ Pokoknya ketika sudah masuk waktu shalat, ia boleh melaksanakan shalat. Untuk wanita yang dirumah, ia boleh shalat ketika sudah masuk waktu shalat dan tidak perlu menunggu iqamah. Dan ia boleh shalat setelah mendengar adzan jika memang muadzin mengumandangkan  adzan tepat pada waktunya. Namun wantita tersebur boleh juga menunda shalat dari awal waktu. Wallallahu a’alam.”

Keutamaan Wanita Yang Shalat Dirumah

Keutamaan wanita yang shalat dirumah bukan hanya karena sebuah perintah dari Rasulullah shallallahu ‘alahi wa sallam, tapi ada hal lainnya yang menjadikan wanita lebih afdhol keberadaannya untuk menetap dirumah dan dibolehkannya keluar rumah bila hanya ada keperluan mendesak saja.

Seperti yang telah diketahui wanita sangat lekat dengan fitnah, karena wanita merupakan perhiasan dunia yang perlu dijaga kehormatannya. Maka dari itu fitrahnya perempuan yakni dirumah dan menjaga anak dan saudara perempuan lainnya dirumah, ini merupakan bentuk penjagaan wanita dari banyaknya kejahatan diluar rumah. Ada beberapah hal lainnya mengenai fitrahnya perempuan untuk menetap didalam rumah.

Berikut keutamaan-keutamaan wanita yang berada didalam rumah:

  • Menjaga kehormatan wanita

Ketika wanita keluar rumah, dan tidak berpakaian selayaknya wanita muslimah pastinya mendatangkan syahwat bagi para laki-laki yang melihatnya. Maka, sebaik-baik wanita ialah yang menjaga kehormatannya.

“ Seorang perempuan yang mengenakan wewangian lalu melawati sekumpulan laki-laki agar mereka mencium bau harum yang dia pakai maka perempuan tersebut adalah seorang pelacur.” (HR. An Nasa’I, Abu Daud, Tirmidzi dan Ahmad. Syaikh Al Albani dalam shohiul Jami’ no. 323 mengatakan bahwa hadits ini shahih)

  • Shalat dirumah untuk menutup auratnya

Ketika wanita lebih memilih untuk shalat dirumah berarti ia telah menjauhkan dari kemungkinan terlihatnya aurat dan lebih menjaga dirinya.

Dari Imam Nawawi rahimahullah menjelaskan, “Shalat jama’ah bagi wanita itu lebih baik dirumahnya dari pada mendatangi masjid.. dan shalat wanita dirumahnya itu lebih menutupi dirinya dan lebih afdhol.” (Al Majmu’ , 4 : 198)

  • Meraih pahala yang sederajat

Shalat dirumah bagi wanita yang belum menikah, ia memiliki pahala yang sama dengan shalat jamaah dimasjid. Dari Ibnu Umar, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Shalatnya seorang wanita sendirian menyamai shalatnya dalam berjamaah dengan dua puluh lima derajat.” (HR. Ad Dailami)

  • Patuh pada perintah suami
  • Terhindar dari fitnah yang tertuju pada perempuan

Bolehkah Wanita Shalat Berjama’ah Dimasjid?

Kenapa wanita harus shalat fardhu dirumah? Apakah dimasjid tidak diperbolehkan? Sesungguhnya shalat terbaik wanita ialah dirumah. Namun Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan untuk tidak melarang para istri yang mau shalat ke masjid. Jadi, sekarang kita tahu bahwa shalatnya wanita yang lebih baik ialah di rumahnya.

Berdasarkan hadits dari Ibnu ‘Umar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersaba,

لاَ تَمْنَعُوا نِسَاءَكُمُ الْمَسَاجِدَ وَبُيُوتُهُنَّ خَيْرٌ لَهُنَّ

Artinya: “ Janganlah kalian melarang istri-istri kalian untuk ke masjid, namun shalat dirumah mereka (bagi para wanita) tentu lebih baik.” (HR. Abu Daud. Syaikh Al – Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Dan kesimpulan yang dapat ditarik ialah, wanita diperbolehkan shalat ketika dikira sudah masuk shalat dan tidak perlu menunggu setelah iqamah. Dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan untuk para perempuan baik isteri-isteri dan anak perempuan mereka untuk melakukan shalat dirumah baik sendiri maupun berjamaah.

Belum ada Komentar untuk Kapan Wanita Boleh Mulai Melakukan Shalat Fardhu Dirumah?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Kapan Wanita Boleh Mulai Melakukan Shalat Fardhu Dirumah?

Keutamaan Membaca Surah Al-Mulk

Keutamaan Membaca Surat Al-Mulk

T 7 October 2019 F A Admin Web YNI-1

Surah Al-Mulk dalam tulisan Arab الملك artinya Kerajaan. Surah Al-Mulk merupakan surah ke-67 dalam Al-Qur’an yang tergolong ked alam surat Makiyyah, yang terdiri atas 30 ayat. Surah Al-Mulk yang artinya Kerajaan dan surah ini disebut juga dengan At-Tabaarak yang artinya... Selengkapnya

Adab Makan dan Minum

Makan Berlebihan Dapat Merusak Tubuh?

T 14 December 2018 F A Admin Web YNI-1

Makan merupakan suatu kegiatan rutinitas yang tidak bisa ditinggalkan. Makan merupakan kebutuhan manusia sebagai pembantu metabolism tubuh. Namun dijaman yang semakin modern dan canggih ini, makanan dan minuman siap saji dapat ditemukan dimana saja dan yang pasti kandungan makanan yang... Selengkapnya

manfaat puasa bagi kesehatan

Puasa Ramadhan Ditinjau Dari Segi Kesehatan

T 11 June 2017 F , A Yayasan Nurul Ihsan

“Berpuasalah, niscaya kamu sehat” (HR Thabrani). Begitu dikatakan dalam sebuah hadits. Dari hadits tersebut Rosululloh menjelaskan bahwa dibalik puasa ada hikmah bagi manusi yakni kesehatan baik  jasmani maupun rohani. Tubuh manusia mempunyai mekanisme alamiah yang dipergunakan untuk mangatasi kondisi-kondisi yang... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00