Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Beranda » Agama Islam » Kapan Terjadinya Kiamat?

Kapan Terjadinya Kiamat?

T Diposting oleh pada 13 January 2020
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 58 kali

Kiamat. Apa yang ada dipikiran kita bila mengingat kata “kiamat” ? dalam Islam Kiamat yakni rukun iman yang ke enam. Tanda muslim yang beriman ialah dengan meyakini rukun iman yakni salah satunya percaya akan hari kiamat. Hari kiamat ialah hari dimana berakhirnya  kehidupan makhluk ciptaan Allah subhanahuwata’ala, diartikan juga sebagai hari akhir (yaumul qiyamah) kehancuran alam semesta dan segala kehidupan yang ada dimuka bumi, dibangkitkannya orang-orang mati untuk dihisab amalnya.

Kapan terjadinya kiamat? Tiada yang tahu kapan terjadi kiamat. Itu merupakan rahasia Allah subhanahuwata’ala. Hari kiamat banyak disebutkan dalam Al-Qur’an. Salah satunya dalam sebuah surah Al-Qori’ah yakni yang artinya:

“Hari Kiamat, apakah hari kiamat itu? Tahukah kamu apakah hari kiamat itu? Pada hari itu manusia seperti anai-anai yang bertebaran dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan. Dan adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan) nya, maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. Dan tahukah kamu apakah neraka hawiyah itu? (yakni) api yang sangat panas.”

Tanda-Tanda Kiamat Yang Sudah Banyak Terjadi

Berkaitan dengan desas-desus datangnya hari Kiamat. Ibn Mas’ud pernah bertanya pada Rasulullah Shallallahu’ alaihi wa sallam, “Ya Rasulullah, apakah datangnya hari kiamat di sertai tanda-tanda kedatangannya?” Rasulullah menjawab, “Ya, Wahai Ibn Mas’ud.” Sebagai muslim harus mengetahui tanda-tanda datangnya kiamat. Dan di antaranya ialah:

  • Orang-orang Munafik Akan Berkuasa.

Saat ini sudah kita lihat banyaknya para pemimpin munafik yang berkuasa. Apa yang mereka janjikan tidak sesuai dengan realitas saat mengumbar janji.

  • Orang-orang Muslim Memutuskan Tali Silaturahim.

Ialah orang-orang yang lebih memilih di rumah untuk menonton tv dan enggan berkunjung ke tetangga.

  • Hujan Dapat Membakar.

Maksudnya ialah sudah hujan asam semakin sering terjadi.

  • Anak-Anak Menjadi Penuh Kemarahan.

Yang artinya, mereka berani melawan orang tua mereka yang tidak segan-segan berkata kasar dan menghardik orang tuanya.

  • Penyimpangan Seksual Yang Mulai Bertambah Banyak Dan Di Legalkan.

Saat ini sudah banyak kita ketahui bahwa perilaku menyimpang ini sudah tersebar dimana-mana bahkan di beberapa negara sudah di legalkan.

  • Orang yang berkhianat di percaya namun orang yang terpercaya dianggap sebagai pengkhianat.
  • Orang-orang lebih menyukai music dan mulai meninggalkan Al-Qur’an.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sudah mengetahui tentang hal ini. Dan bagaimana Rasulullah tahu tentang hal ini? Itulah yang di katakana haditsnya. Di katakan bahwa, “Di kepala mereka akan ada instrument music.” Ini sudah nyata terlihat di mana saja orang lebih menyukai music dari pada membaca, menghafal dan mendengarkan Al-Qur’an.

  • Wanita yang berpakaian dan bertelanjang secara bersamaan.
  • Rasulullah bersabda, “Sebagian umatku akan meminum khamr dan memanggilnya dengan nama lain.”

Seperti wine, vodka,tuwak, martini, anggur, bir serta lain sebagainya.

  • Rasulullah bersabda, “Kamu akan melihat orangn-orang dengan cambuk seperti ekor sapi. Mereka akan memukul manusia dengannya.”

Maksudnya ialah banyak orang yang dzolim serta penguasa yang melakukan kekejaman dengan manusia yang lemah dan di bawah mereka.

Penggolongan Kiamat Dalam Islam

Kiamat tidak melulu artinya akan turunnya Dajjal, Ya’Juj dan Ma’jud, matahari terbit dari barat dan lain sebagainya. Mereka memiliki golongan masing-masing. Kiamat tidak turun secara mendadak dan bersamaan. Mereka memiliki penggolongan yakni kiamat kecil dan kiamat besar. Dan berikut ini penjelasannya.

  • Kiamat Sugro

Kiamat sugro atau artinya kiamat kecil. Kiamat ini masuk dalam kematian manusia, di kategorikan sebagai kiamat karena setelah meninggal dunia maka terputuslah segala amal perbuatan dan berakhirnya kehidupannya.

  • Kiamat Wustho

Kiamat wustho atau kiamat sedang ialah kiamat yang terjadi akibat bencana alam dan musibah, seperti gunung meletus, banjir bandang, tsunami, angina topan dan lain sebagainya yang menyebabkan kematian massal serta kehilangan yang mendalam.

  • Kiamat Kubro

Kiamat Kubro atau kiamat besar. Kiamat ini terjadi saat malaikat Israfil meniupkan terompet sangkakala. Saat ia meniup maka alam semesta akan hancur habis tidak tersisa. Tak ada tempat untuk berlari dan tempat berlindung. Semua umat dan generasi terakhir tidak ada yang hidup, baik tumbuhan dan hewan. Merekalah orang-orang yang merugi yang masih hidup dan menyaksikan kiamat. Karena orang beriman akan di cabut nyawanya oleh Allah sebelum peristiwa kiamat besar ini datang.

Belum ada Komentar untuk Kapan Terjadinya Kiamat?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Kapan Terjadinya Kiamat?

apa itu qurban dan apa keutamaannya

Apa Itu Kurban? Dan Apa Keutamaannya?

T 20 July 2018 F A WP-YNI

Qurban berasal dari bahasa Arab yakni “Qurban” yang artinya dekat (قربان). Kurban dalam islam juga disebut dengan Al-Udhhiyah dan Adh-dhahiyyah yang artinya binatang sembelihan, seperti unta, sapi atau kerbau, dan kambing yang disembelih pada hari raya Idul Adha dan hari-hari... Selengkapnya

Keutamaan Membaca Al-Qur’an Di Bulan Ramadhan

Keutamaan Membaca Al-Qur’an Di Bulan Ramadhan

T 3 May 2019 F , A WP-YNI

Al-Qur’an merupakan kitab pedoman dan petunjuk yang Allah subhanahuwata ‘ala turunkan kebumi untuk orang-orang yang berfikir. Al-Qur’an hendaklah dibaca, dihafal dan diamalkan agar tidak menjadi sia-sia. Allah subhanahuwata ‘ala berfirman : إِنَّ هَٰذَا الْقُرْآنَ يَهْدِي لِلَّتِي هِيَ أَقْوَمُ وَيُبَشِّرُ الْمُؤْمِنِينَ... Selengkapnya

tata cara shalat dan bersuci

Shalat Ialah Wajib Hukumnya Bagi Setiap Muslim

T 11 April 2018 F A WP-YNI

Shalat merupakan perkara utama yang akan dihisab disaat kita menghadap ilahi. Apakah shalat tersebut kita jalankan? Apakah kita tinggalkan? Karena shalat merupakan tiang agama, barang siapa yang shalat maka ia mendirikan agama dan begitupun sebaliknya barang siapa yang tidak melaksanakan... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00