Beranda » Agama Islam » Janji Allah Bagi Manusia Yang Menuntut Ilmu

Janji Allah Bagi Manusia Yang Menuntut Ilmu

T Diposting oleh pada 29 March 2018
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 95 kali

Ilmu merupakan pengetahuan untuk kita, dengan ilmu kita akan mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk. Maka itu manusia yang tak berilmu bagai terjebak didalam kegelapan. Mereka tak tahu kemana mereka harus melangkah, bagaimana mereka harus berbuat. Dan terkadang kebodohan mereka membuat mereka melakukan kesalahan yang tak dapat dimaafkan. Disisi lain fikiran mereka tak dapat memilih mana yang baik dan buruk.

Menuntut ilmu itu salah satu ibadah. Dan tidak diragukan lagi bahwa menuntut ilmu merupakan perbuatan yang mulia. Menuntut ilmu sama halnya berjihad dijalan Allah, yang mana dijelaskan dalam sebuah hadist Rasulullah SAW yang berbunyi : “Barang siapa yang keluar untuk menuntut satu bab dari ilmu pengetahuan, ia telah berjalan fi sabilillah sampai ia kembali kerumahnya.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi).

keutamaan menunt

Dan sungguh Maha Besar Allah atas segala kekuasaan dan pengetahuanNya yang tidak dimiliki siapapun, maka banyak balasan bagi manusia yang mau menuntut ilmu. Dijelaskan dalam sebuah ayat Al-Qur’an, Allah akan mengangkat derajat seseorang yang mau menuntut ilmu yang berarti: “ Allah  akan meninggikan orang-orang yang beriman diantara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat (QS. Al-Mujadalah : 11).

 

Balasan Bagi Manusia Yang Gemar Menuntut Ilmu

Dijelaskan dalam sebuah hadits, bahwa sesungguhnya diwajibkan bagi laki-laki maupun perempuan untuk menuntut ilmu. Yang mana dapat mereka bedakan mana yang baik dan buruk bagi mereka. Diriwayatkan oleh Ibnu Abdil Barr , “ Mencari ilmu itu adalah wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun muslim perempuan.” (HR. Ibnu Abdil Barr).

Dan berikut balasan bagi orang-orang yang mau dan gemar menuntut ilmu :

  1. Memperoleh Kebahagiaan Didunia Dan Akhirat

Dijelaskan dalam sebuah hadits Rasulullah SAW, bahwa seseorang yang ingin bahagia didunia dan akhirat hendaklah mereka menuntut ilmu.

“Siapa yang menginginkan (kebahagiaan) dunia, maka harus dengan ilmu, siapa yang menginginkan (kebahagiaan) akhirat, maka harus dengan ilmu, dan siapa yang menginginkan (kebahagiaan) keduanya (dunia dan akhirat), maka harus dengan ilmu”Pekerjaan menuntut ilmu merupakan ibadah.

  1. Investasi Masa Depan Dan Ladang Pahala

Ini merupakan renungan bagi kita, yang entah kapan malaikat pencabut nyawa akan mendatangi kita untuk menjalani kehidupan di alam lain. Bila masa itu tiba, tidak ada yang dapat kita lakukan untuk menambah atau mengisi pahala-pahala kita,namun didalam hadits dijelaskan, bahwa “ Jika anak Adam meninggal dunia, amak terputuslah amalnya kecuali 3 perkara, yaitu sodaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shaleh yang selalu mendoakan orang tuanya.” (HR. Muslim) dari hadits tersebut terlihat jelas bahwa ilmu itu sangat penting untuk investasi masa depan kita. Disertai sodaqoh jariyah dan doa anak soleh yang dapat menambah pahala kita meski kita telah meninggal dunia.

  1. Dimudahkan Jalannya Menuju Surga

Janji Allah berikutnya bagi manusia yang menuntut ilmu ialah dimudahkan baginya jalan menuju surga, dijelaskan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Turmudzi, bahwa “ Barang siapa yang menempuh jalan untuk mencari suatu ilmu. Niscaya Allah memudahkannya kejalan menuju surga”. (HR. Tirmidzi)

  1. Semua Makhluk Memohon Untuk Ampunan Dosanya

Dijelaskan dalam sebuah hadits, yang dimana semua bintang hingga makhluk memohon ampunan dosa bagi orang yanb menuntut ilmu. Diriwayatkan oleh Ibnu Abdurrahman, bahwa, dari Anas r.a berkata : Rasulullah SAW bersabda : “menuntut ilmu itu wajib atas setiap orang islam, karena sesungguhnya semua (makhluk) sampai bintang-bintang yang ada di laut memohonkan ampun untuk orang yang menuntut ilmu.” (HR. Ibnu Abdurrahman)

 

Menuntut Ilmu Dengan Acuan Alkitab Dan Al Hadits

Dizaman kini sangat banyak orang-orang yang tersesat dari jalannya. Menuntut ilmu namun menemukan guru yang salah, hendaklah kita mencari guru yang dikenal dengan keislaman dan ketaqwaannya kepada Allah. Yang dimana beliau mengeluarkan ucapan dan perilaku berdasarkan Al-Qur’an dan hadits shahih. Maka harus cermatlah kita dalam mencari seorang guru untuk menjadi pengajar yang mengajarkan kejalan yang benar.

Selain itu, tugas kita sebagai umat muslim yang berilmu atau mengetahui sesuatu walau tak banyak hendaklah kita sampaikan kepada mereka yang belum mengetahuinya. Mengamalkan ilmu, Sampaikanlah kepada umat muslim lainnya sesuai dengan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki masing-masing. Karena dijelaskan oleh Rasulullah SAW dalam sabdanya :

Dari Abdullah bin Amru, sesungguhnya Nabi SAW. Bersabda : “ Sampaikanlah olehmu (apa-apa yang telah kamu peroleh) dariku walaupun hanya satu ayat Al-Qur’an.” (HR. Buhkari). Dalam islam, menuntut ilmu hukumnya ialah wajib’ain bagi setiap muslim laki-laki maupun perempuan. Bahkan ayat Al-Qur’an yang turun adalah wahyu yang memerintahkan kita untuk membaca pada surah Al-Alaq 1-5 yang artinya :

  1. Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan,
  2. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal arah,
  3. Bacalah, dan Tuhanmu yang Maha Pemurah,
  4. Yang mengajar manusiad dengan Qalam,
  5. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.

 

Belum ada Komentar untuk Janji Allah Bagi Manusia Yang Menuntut Ilmu

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Janji Allah Bagi Manusia Yang Menuntut Ilmu

Tidur cara Nabi SAW

Tidur Penuh Manfaat Ala Nabi Muhammad SAW

T 28 February 2018 F , A WP-YNI

Tidur ialah salah satu aktifitas rutin yang dilakukan setiap makhluk hidup termasuk manusia. Tidur berfungsi menenangkan dan merelekskan tubuh. Aktifitas ini sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia karena pastinya selama seharian kita beraktifitas tubuh perlu istirahat  dan alat-alat vital tubuh... Selengkapnya

maulid nabi

Sejarah, Arti, Makna Dan Hikmah Maulid Nabi Muhammad

T 6 February 2017 F , A Admin Web YNI

  Peringatan Maulid Nabi pertama kali dilakukan oleh Raja Irbil (wilayah Irak sekarang), bernama Muzhaffaruddin Al-Kaukabri, pada awal abad ke 7 Hijriyah. Ibn Katsir dalam kitab Tarikh berkata: Sultan Muzhaffar mengadakan peringatan Maulid Nabi pada bulan Rabi’ul Awal. Dia merayakannya... Selengkapnya

yayasan anak yatim di jakarta timur

Apakah Penyakit Hati Bisa Disembuhkan ?

T 24 February 2017 F A Admin Web YNI

Hati adalah salah satu organ tubuh manusia, dalam islam sendiri hati adalah penentu sifat seseorang. Baik buruknya seseorang berasal dari dalam hatinya. Dalam bahasa Arab, hati disebut dengan Qalbu. Kita sering mendengar betapa pentingnya organ hati tempat lahirnya perasaan tersebut.... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Need help? Let's chat with us!

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00