Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Beranda » Agama Islam » Inilah Doa-Doa Yang Tidak Tertolak

Inilah Doa-Doa Yang Tidak Tertolak

T Diposting oleh pada 26 March 2019
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 308 kali

Doa merupakan jalur penghubung seorang hamba kepada Tuhannya. Manusia lemah yang selalu butuh pertolongan Allah subhanahuwata’ala sang maha kuasa atas segala-galanya. Doa adalah suatu aktifitas yang tidak hanya bernilai ibadah tetapi doa tersebut juga sebagai salah satu koridor yang harus kita lewati menuju pintu pengharapan. Agama islam mengajarkan kita agar senantiasa berdoa didalam berbagai aktifitas.

Allah subhanahuwata’ala mengetahui segala isi keinginan, keluh dan kesah kita sebagai manusia, tanpa kita memberitahu. Namun, Allah ingin kita meminta kepadanya, memohon akan setiap doa-doanya terkabulkan. Karena, melalui doa seorang hamba yang ikhlas dan beriman maka pertolongan Allah subhanahuwata’ala turun kebumi.

Mengingat Allah tidak hanya ketika kita membutuhkannya saja, tapi ingatlah Dia ketika lapang, senang, sehat dan bahagia. Menyertakan Allah dalam setiap keadaan merupakan kenikmatan yang tidak ada bandingannya. Karena, Allah subhanahuwata’ala senang kepada hambanya yang selalu melibatkan-Nya dalam segala hal. Bandingkan saja ketika kita meminta kepada manusia? Pasti mereka tidak senang seperti merasa direpotkan dan lain sebagainya.

Sebagaimana perkataan seorang penyair :

الله يغضب إن تركت سؤاله وبني آدم حين يسأل يغضب

Artinya: “Allah murka kepada orang yang enggan meminta kepada-Nya, sedangkan manusia ketika diminta ia marah.”

 INILAH DOA YANG TAK TERTOLAK

Macam-Macam Doa Yang Tidak Tertolak

Doa-doa para alim ulama merupakan pengantar doa yang cepat terkabul, keimanan mereka tidak dapat kita ukur baik dalam hal apapun. Karena mereka penerus perjuangan Nabi Muhammad shallallahu’alaihi wa sallam untuk memperbaiki akhlak serta untuk meningkatkan keimanan kita kepada Allah subhanahuwata’ala.

Doa anak-anak yatim serta orang-orang yang terzalimi juga tidak boleh kita remehkan, karena doa mereka langsung menembus langit. Selain itu, ada beberapa macam doa tak tertolak, yakni:

  1. Doa Ketika Sahur Atau Disepertiga Malam

Allah subhanahuwata’ala turun ke langit dunia dimalam hari di sepertiga malam, di saat manusia terlelap dalam tidurnya. Allah subhanahuwata’ala memberikan tanda-tanda orang yang beriman dan bertaqwa kepadanya yakni orang-orang yang bangun pada malam tersebut untuk melaksanakan shalat tahajjud dan berdoa memohon ampunan. Allah subhanahuwata’ala berfirman,

وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُون

Artinya: “Ketika waktu sahur (akhir-akhir malam) mereka berdoa memohon ampunan.” (QS. Adz-Dzariyat : 18)

  1. Saat Berbuka Puasa

Seperti yang diketahui, waktu berbuka puasa merupakan waktu yang penuh akan keberkahan, karena disini manusia yang tengah berpuasa merasakan kebahagiaan ibadah puasa, yakni dibolehkannya makan dan minum diwaktu ini. Sebagaimana hadits menjelaskan, yang artinya, “Orang berpuasa memiliki dua kebahagiaan: kebahagiaan ketika berbuka puasa dan kebahagiaan ketika bertemu dengan Rabb-Nya kelak” (HR. Muslim no. 1151)

Keberkahan lainnya yang turun ketika berbuka puasa ialah dikabulkannya doa orang yang tekah berpuasa, sebagaimana sabda Nabi shallallahu’alaihi wa sallam, yang artinya, “Ada tiga doa yang tidak tertolak. Doanya orang yang berpuasa ketika berbuka, doanya pemimpin yang adil dan doanya orang yang terzhalimi.” (HR. Tormidzi no. 2528, Ibnu Majah no. 2405. Dishahihkan Al-Albani di Shahih At-Tirmidzi).

  1. Berdoa Diantara Adzan Dan Iqamah

Waktu doa berikutnya ialah saat jeda adzan dan iqamah, sebagaimana sabda Nabi shallallahu’alaihi wa sallam

الدعاء لا يرد بين الأذان والإقامة

Artinya : “Doa diantara adzan dan iqamah tidak tertolak” (HR. tirmidzi : 212. Hadits Hasan Shahih)

Namun, yang sering kita lihat ialah shalawat atau murottal qur’an yang didengar dijeda adzan dan iqamah ini. Karena Nabi shallallahu’alaihi wa sallam, tidak mencontoh hal tersebut melainkan Rasulullah menganjurkan untuk berdoa. Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda yang artinya, “Ketahuilah kalian semua sedang bermunajat kepada Allah, maka janganlah slaing mengganggu satu sama lain. Janganlah kalian mengeraskan suara dalam membaca Al-Qur’an, atau beliau berkata, ‘dalam shalat’,”. (HR. Abu Daud no. 1332, Ahmad, 430, dishahihkan oleh Ibnu Hajar Al-Asqalani di Nata-ijul Afkar, 2/16).

  1. Berdoa Dihari Jum’at

Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, yang artinya

“Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam menyebutkan tentang hari Jumat kemudian beliau bersabda: ‘Didalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang dia minta’. Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut.” (HR. Bukhari : 935, Muslim : 825, dari sahabat Abu Hurairah ra)

  1. Berdoa Ketika Turun Hujan

Hujan merupakan nikmat yang Allah turunkan. Diwaktu hujan dimanfaatkan untuk beroda dengan apa yang diinginkan. Sebagaimana sebuah hadits menjelaskan,

ثنتان ما تردان : الدعاء عند النداء ، و تحت المطر

Artinya: “Doa tidak tertolak pada dua waktu, yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika hujan turun.” (HR. Al-Hakim : 2534, dishahikan oleh Al-Albani di Shahih Al jami, 3078)

Manfaat berdoa

Fadhilah-fadhilah yang didapatkan denngan berdoa begitu banyak. Dan berikut ini beberapa diantaranya:

  1. Doa merupakan ibadah dan sebagai salah satu ketaatan kepada Allah subhanahuwata’ala. Nabi Muhammad shallallahu’alaihi wa sallam bersabda yang artinya, “ Doa adalah ibadah” (HR. Abu Daud bo. 1497, At-Tirmidzi no. 2969, Ibnu Majah no. 3828 dan Ahmad 4/267. Dari An-Nu’man bin Basyir)
  2. Doa sebagai peredam murka Allah. Sebab Allah tidak menyukai hambanya yang tidak meminta kepada-Nya dan dianggap sombong.

Nabi shallallahu’alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ لَمْ يَسْأَلِ اللَّهَ يَغْضَبْ عَلَيْهِ

Artinya: “Barang siapa yang tidak meminta kepada Allah, maka Allah akan murka kepadanya.” (HR. At-Tirmidzi no. 3373. Syaikh Al-Albani mengatakan hadits ini hasan)

Penjelasan lainnya, Allah subhanahuwata’ala berfirman,

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Artinya: “Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Ku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang bersikap sombong dari menyembahKu akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.” (QS. Ghafir : 60)

  1. Berdoa menjadi sebab pencegah bencana.
  2. Berdoa sebagai bukti bahwa benarnya iman seseorang kepada Tuhannya. Mempercayai segala sesuatu dengan beribadah berarti meyakini akan adanya Allah subhanahuwata’ala. Dan menunjukkan bukti atas tawakkalnya seorang hamba meminta pertolongan kepada Allah subhanahuwata’ala.

 

Belum ada Komentar untuk Inilah Doa-Doa Yang Tidak Tertolak

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Inilah Doa-Doa Yang Tidak Tertolak

pola hidup sehat, gaya hidup sehat, hidup sehat ala rasulullah, sehat, sakit, mati

Larangan Pengobatan Selain Dengan Syariat Islam

T 27 April 2018 F , A WP-YNI

Menurut ilmu medis, sakit merupakan kondisi dimana tubuh mengalami penurunan daya tahan tubuh atau yang disebut imunitas. Bagi yang sedang sakit disarankan untuk memenuhi makanan yang sehat. Selain itu mereka juga dianjurkan untuk minum obat yang telah diberikan oleh dokter.... Selengkapnya

dampak memakan makanan haram

Memakan Makanan Haram Pemicu Jauhnya Keberkahan

T 24 September 2018 F , A WP-YNI

Allah SWT sudah menyiapkan umatnya segala macam makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi oleh setiap makhlukNya. Banyak sekali makanan yang dapat kita santap namun harus sesuai dengan syariat islam tentunya, ialah makanan dan minuman halal. Di zaman sekarang ini banyak... Selengkapnya

Keutamaan Dan Kemuliaan Hari Jum’at Bagi Umat Muslim

Keutamaan Dan Kemuliaan Hari Jum’at Bagi Umat Muslim

T 11 January 2019 F A WP-YNI

Seluruh hari terlihat seperti biasa saja. Namun Allah subhanahuwata’ala memberikan keistimewaan pada hari jum’at. Banyak yang tidak mengetahui bahwa hari jum’at merupakan hari proses  diciptakannya Nabi Adam Alaihissalam. Nabi Adam Alaihissalam merupakan bapak dan nenek moyang semua manusia  diseluruh dunia.... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00