Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Beranda » Agama Islam » Hukumnya Tidur Menjelang Waktu Shalat Tiba

Hukumnya Tidur Menjelang Waktu Shalat Tiba

T Diposting oleh pada 9 November 2018
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 948 kali

Hukumnya Tidur Menjelang Waktu Shalat Tiba

Tidur merupakan aktivitas wajib bagi tubuh manusia. Karena kegiatan seharian yang membuat tubuh lelah dan diperlukannya istirahat untuk menjaga kesehatan badan. Tubuh yang kekurangan istirahat akan mengakibatkan kinerja otak menjadi kurang baik, mudah sakit, dan pelabilan pada emosional.

Dikarenakan tidur merupakan suatu keniscayaan, maka Rasulullah ﷺ mengingatkan para sahabatnya agar pandai-pandai dalam membagi waktu istirahat dan beribadah. Mengatur waktu ketika bekerja dan beribadah. Tidak dianjurkan untuk terus beribadah semalaman hingga lemas disiang harinya. Dan begitupun sebaliknya, jangan terus bekerja hingga lalai dalam beribadah kepada Allah.

Pernah suatu ketika Rasulullah ﷺ menegur seorang sahabat yang terlihat lemas dan lelah disiang hari, dikarenakan beribadah semalaman. Oleh karena itu, kita harus menyeimbangkan waktu untuk ibadah dan juga untuk istirahat. Tidak terus bekerja seharian tanpa ibadah dan tidak terus beribadah hingga meninggalkan urusan dunia.

 

Pentingnya Menyeimbangkan Waktu Antara Ibadah Dan Istirahat

Dikehidupan sehari-hari, terkadang kita tidak dapat mengatur waktu atau memanfaatkannya dengan baik. Seperti, saat waktu shalat kita gunakan untuk tidur/istirahat dan saat waktu tidur kita gunakan untuk bekerja. Dan pasti kita pernah merasakan ketika menjelang waktu shalat tiba rasa kantuk dan lelah datang. Membuat kita tertidur sangat lelap atau sebagaian sengaja untuk tidur terlebih dahulu dengan harapan bisa bangun sebelum waktu shalat berakhir.

Menurut Zainuddin al-malibari dlam Fathul Mu’in, dimakhruhkan tidur saat waktu shalat datang dan yang bersangkutan belum mengerjakan shalat. Beliau mengakan:

يكره النوم بعد دخول وقت الصلاة وقبل فعلها، حيث ظن الاستيقاظ قبل ضيقه لعادة أو لإيقاظ غيره له، وإلا حرم النوم الذي لم يغلب في الوقت

Artinya: “Dimakhruhkan tidur saat waktu shalat telah masuk dan belum mengerjakannya, sekira-kira ada kemungkinan bangun tidur sebelum akhir waktu atau ada orang lain yang membangunkan. Jika tidak, diharamkan tidur (bagi yang tidak kantuk berat) diwaktu shalat.”

Berdasarkan yang diatas, dimakhruhkannya tidur ketika waktu shalat atau menjelang waktu shalat karena dikhawatirkan tidak bangun sampai waktu shalat sudah habis. Terkadang menurut kebiasaan orang yang bersangjkutan bisa bangun sebelum akhir waktu shalat ataupun akan ada yang membangunkannya untuk mengingatkannya.

Hukum tidur dapat berubah menjadi haram bagi orang yang suka keblabasan dalam tidurnya dan tidak ada yang akan membangunkannya untuk mengingatkan bahwa dia belum shalat. Dari Abu Bakar Syatha al-Dimyati dalam I’anatul Thalibin menjelaskan dibawah ini:

فإن غلب لا يحرم ولايكره

Artinya: “Andaikan tertidur lantaran kantuk berat tidak diharamkan dan tidak dimakhruhkan pula”.

Tidak sengaja tidur dalam waktu shalat dan belum mengerjakannya dalam pandangan Abu Bakar Syatha tidak diharamkan dan dimakhruhkan selama tidak sengaja dan dalam kondisi kantuk berat. Ini juga tidak diharamkan karena Rasulullah ﷺ bersabda, yang artinya, “Tidak dikenakan kewajiban pada tiga orang: orang tidur sampai bangun, anak kecil sampai mimpi, dan orang gila sampai berakal atau normal.” (HR. Ibnu Majah)

Hikmah Memanfaatkan Waktu Untuk Beribadah Dan Tidur

Dianjurkan untuk menunggu sampai waktu shalat tiba dan mengerjakannya terlebih dahulu ketimbang tidur dahulu dan berharap bangun sebelum waktu shalat habis. Sehingga kita tidak menganggap melalaikan ibadah karena tidur. Ditakutkan tidak bangun hingga waktu shalat sudah habis dan tidak ada yang membangunkannya.

Karena syaitan akan meniupkan ketenangan ketika kita tidur dan menjadi kebablasan untuk mengerjakan shalat. Godaan syaitan untuk orang yang akan mengerjakan ibadah tidak akan berhenti. Hendaklah utamakan kewajiban kita untuk shalat terdahulu. Mengerjakan shalat tepat waktu dan barulah tidur akan menjadikan tidur kita lebih tenang.

Dan apabila sudah terjadi, yakni kita ketiduran waktu shalat tiba tidak ada yang membangunkan bahkan kebablasan maka yakni melakukan shalat di qadla. Shalat ap yang kita tinggalkan diqadla dishalat berikutnya. Contoh, ketiduran saat shalat zhuhur dan bangun diwaktu ashar maka qadla lah shalat dzuhur diwaktu ashar tersebut. maka janganlah menunda shalat agar tidak menganggap melalaikan kewajiban.

Belum ada Komentar untuk Hukumnya Tidur Menjelang Waktu Shalat Tiba

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Hukumnya Tidur Menjelang Waktu Shalat Tiba

keutamaan shalat dhuha

Indahnya 2(Dua) Rakaat Kala Pagi Hari

T 14 March 2018 F , A WP-YNI

Shalat dhuha.. apa itu shalat dhuha? Shalat dhuha ialah rangkaian shalat sunnah yang amat bermanfaat bila dikerjakan. Shalat yang dikerjakan di waktu pagi ini atau lebih jelasnya shalat yang dikerjakan sekitar matahari terbit dan meninggi kira-kira setinggi tombak atau 18... Selengkapnya

Anak Yatim

Pengertian Dan 8 Keutamaan Memuliakan Anak Yatim

T 19 February 2018 F A WP-YNI

Agama Islam adalah agama yang mengajarkan kedamaian. Dalam agama islam kita selalu diajarkan untuk saling menyayangi dan menolong kepada sesama, terutama pada anak yatim. Allah SWT menciptakan manusia sebagai makhluk sosial,ialah makhluk yang saling membutuhkan satu sama lain. Karena kita... Selengkapnya

menyambung tali silaturahim di bulan Ramadhan

Ramadhan Indah, Mengikat Ukhuwah Kepada Sesama Umat

T 18 May 2018 F , A WP-YNI

Ramadhan ialah bulan suci nan mulia, menjadi tamu agung untuk mereka yang mengharapkan ampunan Allah SWT dan merindukannya jannahNya. Bulan Ramadhan pula menjadi bulan pengikat ukhuwah kepada sesama umat. Mengikat tali silaturahim yang mana akan memperpanjang umur dan memperlancar rezeki... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00