Beranda » Agama Islam » Hukumnya Tidur Menjelang Waktu Shalat Tiba

Hukumnya Tidur Menjelang Waktu Shalat Tiba

T Diposting oleh pada 9 November 2018
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 897 kali

Hukumnya Tidur Menjelang Waktu Shalat Tiba

Tidur merupakan aktivitas wajib bagi tubuh manusia. Karena kegiatan seharian yang membuat tubuh lelah dan diperlukannya istirahat untuk menjaga kesehatan badan. Tubuh yang kekurangan istirahat akan mengakibatkan kinerja otak menjadi kurang baik, mudah sakit, dan pelabilan pada emosional.

Dikarenakan tidur merupakan suatu keniscayaan, maka Rasulullah ﷺ mengingatkan para sahabatnya agar pandai-pandai dalam membagi waktu istirahat dan beribadah. Mengatur waktu ketika bekerja dan beribadah. Tidak dianjurkan untuk terus beribadah semalaman hingga lemas disiang harinya. Dan begitupun sebaliknya, jangan terus bekerja hingga lalai dalam beribadah kepada Allah.

Pernah suatu ketika Rasulullah ﷺ menegur seorang sahabat yang terlihat lemas dan lelah disiang hari, dikarenakan beribadah semalaman. Oleh karena itu, kita harus menyeimbangkan waktu untuk ibadah dan juga untuk istirahat. Tidak terus bekerja seharian tanpa ibadah dan tidak terus beribadah hingga meninggalkan urusan dunia.

 

Pentingnya Menyeimbangkan Waktu Antara Ibadah Dan Istirahat

Dikehidupan sehari-hari, terkadang kita tidak dapat mengatur waktu atau memanfaatkannya dengan baik. Seperti, saat waktu shalat kita gunakan untuk tidur/istirahat dan saat waktu tidur kita gunakan untuk bekerja. Dan pasti kita pernah merasakan ketika menjelang waktu shalat tiba rasa kantuk dan lelah datang. Membuat kita tertidur sangat lelap atau sebagaian sengaja untuk tidur terlebih dahulu dengan harapan bisa bangun sebelum waktu shalat berakhir.

Menurut Zainuddin al-malibari dlam Fathul Mu’in, dimakhruhkan tidur saat waktu shalat datang dan yang bersangkutan belum mengerjakan shalat. Beliau mengakan:

يكره النوم بعد دخول وقت الصلاة وقبل فعلها، حيث ظن الاستيقاظ قبل ضيقه لعادة أو لإيقاظ غيره له، وإلا حرم النوم الذي لم يغلب في الوقت

Artinya: “Dimakhruhkan tidur saat waktu shalat telah masuk dan belum mengerjakannya, sekira-kira ada kemungkinan bangun tidur sebelum akhir waktu atau ada orang lain yang membangunkan. Jika tidak, diharamkan tidur (bagi yang tidak kantuk berat) diwaktu shalat.”

Berdasarkan yang diatas, dimakhruhkannya tidur ketika waktu shalat atau menjelang waktu shalat karena dikhawatirkan tidak bangun sampai waktu shalat sudah habis. Terkadang menurut kebiasaan orang yang bersangjkutan bisa bangun sebelum akhir waktu shalat ataupun akan ada yang membangunkannya untuk mengingatkannya.

Hukum tidur dapat berubah menjadi haram bagi orang yang suka keblabasan dalam tidurnya dan tidak ada yang akan membangunkannya untuk mengingatkan bahwa dia belum shalat. Dari Abu Bakar Syatha al-Dimyati dalam I’anatul Thalibin menjelaskan dibawah ini:

فإن غلب لا يحرم ولايكره

Artinya: “Andaikan tertidur lantaran kantuk berat tidak diharamkan dan tidak dimakhruhkan pula”.

Tidak sengaja tidur dalam waktu shalat dan belum mengerjakannya dalam pandangan Abu Bakar Syatha tidak diharamkan dan dimakhruhkan selama tidak sengaja dan dalam kondisi kantuk berat. Ini juga tidak diharamkan karena Rasulullah ﷺ bersabda, yang artinya, “Tidak dikenakan kewajiban pada tiga orang: orang tidur sampai bangun, anak kecil sampai mimpi, dan orang gila sampai berakal atau normal.” (HR. Ibnu Majah)

Hikmah Memanfaatkan Waktu Untuk Beribadah Dan Tidur

Dianjurkan untuk menunggu sampai waktu shalat tiba dan mengerjakannya terlebih dahulu ketimbang tidur dahulu dan berharap bangun sebelum waktu shalat habis. Sehingga kita tidak menganggap melalaikan ibadah karena tidur. Ditakutkan tidak bangun hingga waktu shalat sudah habis dan tidak ada yang membangunkannya.

Karena syaitan akan meniupkan ketenangan ketika kita tidur dan menjadi kebablasan untuk mengerjakan shalat. Godaan syaitan untuk orang yang akan mengerjakan ibadah tidak akan berhenti. Hendaklah utamakan kewajiban kita untuk shalat terdahulu. Mengerjakan shalat tepat waktu dan barulah tidur akan menjadikan tidur kita lebih tenang.

Dan apabila sudah terjadi, yakni kita ketiduran waktu shalat tiba tidak ada yang membangunkan bahkan kebablasan maka yakni melakukan shalat di qadla. Shalat ap yang kita tinggalkan diqadla dishalat berikutnya. Contoh, ketiduran saat shalat zhuhur dan bangun diwaktu ashar maka qadla lah shalat dzuhur diwaktu ashar tersebut. maka janganlah menunda shalat agar tidak menganggap melalaikan kewajiban.

Belum ada Komentar untuk Hukumnya Tidur Menjelang Waktu Shalat Tiba

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Hukumnya Tidur Menjelang Waktu Shalat Tiba

wanita muslimah

19 Pintu Kebaikan Pembuka Jalan Bagi wanita

T 23 March 2018 F , A WP-YNI

Wanita bagi pandangan Rasulullah ialah kaum hawa, yang dimana Rasulullah angkat derajatnya pada saat jaman jahiliyah. Dijaman tersebut wanita tidaklah memiliki martabat atau harga diri. Mereka tidak dianggap layaknya manusia atau seorang wanita yang harus dilemah lembutkan, dihormati, atau dihargai... Selengkapnya

pentingnya pendidikan dini pada anak menurut pandangan islam

Pendidikan Anak-Anak Kini Didalam Pandangan Islam

T 1 October 2018 F , A WP-YNI

Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memberikan kepada manusia macam amanah dan tanggung jawab yang harus dilaksanakan. Diantara amanah dan tanggung jawab yang besar ialah peran orang tua, guru, ataupun pengasuh yang lain untuk memberikan pendidikan yang baik dan benar... Selengkapnya

contoh bersedekah

Bersedekah.. Siapa Takut? Dan Apa Manfaatnya?

T 23 February 2018 F A WP-YNI

Bukankah kita pernah berpikir kenapa kita selalu kekurangan dalam kebutuhan hidup? Atau kita tak pernah berbagi karena kita takut kekurangan? Mari sejenak kita renungkan, diluar sana banyak saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan kita. Apa yang mereka makan dan minum? hingga... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00