Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Beranda » Info Kesehatan » Hidup Sehat Ala Nabi Muhammad SAW

Hidup Sehat Ala Nabi Muhammad SAW

T Diposting oleh pada 31 January 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 127 kali

Nabi Muhammad shallallahu’alaihi wa sallam merupakan panutan yang patut kita teladani. Apa yang beliau lakukan dan setiap perkataannya memiliki ajaran. Begitu juga dengan pola hidup Rasulullah, Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam sangat menjaga kesehatannya yang membuat beliau jarang sakit semasa hidupnya dikarenakan pola hidup sehat yang beliau aplikasikan.

Beliau pun menerapkan kebiasaan yang menyehatkan baik dengan olahraga maupun dengan asupan makanan yang masuk kedalam tubuh Rasulullah.  Seperti contoh Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam selektif terhadap makanan. Tidak ada makanan yang masuk kedalam tubuh Rasulullah, keculai makanan yang halal dan tayyib atau baik. Karena halal sangat erat kaitannya dengan urusan akhirat, yaitu halal cara mendapatkan makanannya.sedangkan tayyib berkaitan dengan urusan duniawi seperti baik dan bergizi.

Dan salah satu makanan kegemaran Rasulullah adalah madu. Madu biasa dicampur dengan air untuk membersihkan saluran pencernaan. Rasulullah shallallahu’alihi wa sallam bersabda, yang artinya, “Hendaknya kalian menggunakan dua macam obat, yaitu madu dan Al-Qur’an.” (HR. Ibnu Majah dan Hakim).

HIDUP SEHAT ALA NABI MUHAMMAD SAW

Cara Rasulullah SAW Menjaga Kesehatan Tubuh

Karena Allah subhanahuwata’ala menjamin bahwa Nabi Muhammad shallallahu’alaihi wa sallam adalah manusia mulia dan merupakan teladan yang baik untuk umatnya. Berikut merupakan kebiasaan sehat Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi wa sallam yang diterapkannya dan juga telah didukung secara ilmiah oleh para ahli kesehatan masa kini, yakni:

  1. Bangun Tidur Pagi Lebih Awal

Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam terbiasa tidur diawal malam dan bangun diawal pagi. Yakni tidur ba’da shalat Isya dan bangun qobla subuh bahkan Nabi bangun diseperempat malam untuk melaksanakan shalat tahajud. Kebiasaan ini dilakukan ternyata memiliki dampak positif bagi tubuh yakni berkaitan dengan produktivitas tubuh yang lebih baik. Selain itu jugua bagik untuk kesehatan mental. Dapat dibedakan orang yang bangun siang dengan yang bangun pagi hari. Orang yang bangun dipagi hari mereka lebih bersemangat dalam menjalani aktifitas dan sebaliknya dengan mereka yang bangun pada siang hari akan merasa lemas, kembali kantuk dan malas dalam menjalani aktifitasnya.

 

  1. Berpuasa 3 Hari Disetiap Bulannya

Selain puasa dapat lebih mendekatkan diri kita pada Allah, berpuasa juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan dapat mengatir pola makan dan waktu makan kita. Puasa tiga hari setiap bulan yakni ditanggal ke-13, 14 dan 15 dibulan hijriyah. Berpuasa dapat mendetoksifiksi tubuh dari penyakit. Dapat mengurangi resiko diabetes, serangan jantung hingga sakit ginjal.

 

  1. Mengkonsumsi Buah Kurma

Buah kurma memiliki kandungan yang dapat menstabilkan gula darah dalam tubuh, menyeimbangkan elektrolit darah dan membantu memulai system pencernaan saat persiapan proses persiapan makanan. Nabi Muhammad juga menyarankan kurma untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, karena kurma terbukti bisa meningkatkan produksi oksitosin  didalam tubuh dan mempercepat persalinan.

 

  1. Makan Sedikit Atau Secukupnya

Pola makan Nabi Muhammad yang telah diajarkan terbukti secara ilmiah bisa mencegah timbulnya penyakit-penyakit didalam tubuh. didalam islam, makan tidak boleh banyak hingga menutup seluruh lambung. Anjuran yang baik untuk makan yakni 1/3 untuk makan, 1/3 untuk minum, dan 1/3 untuk saluran pernafasan dan tidak tergesa-gesa atau terburu-buru.

 

  1. Tidak Minum Dengan Bernafas Dan Habis Dalam Sekali Teguk

Rasulullah shallallahu’alihi wa salam minum air dengan tiga kali nafas, yang dimaksud dengan tiga kali nafas yakni tahan nafas saat hendak minum dan bernafas sesudah minum sedikit-sedikit sebanyak tiga kali pengulangan. Hal ini telah dibuktikan melalui ilmu pengetahuan bawha minum terlalu banyak dan dalam waktu singkat merka akan mengalami sakit kepala. Diakibatkan karena ketidak seimbangan kadar elektrolit dalam darah dan juga dapat memperberat proses kerja ginjal.

 

  1. Tidak Meniup Makanan Dan Minuman Yang Panas

Dijelaskan dalam hadits shahih dari Ibnu Abbas meriwayatkan, yang artinya “Bahwasanya Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam melarang bernafas pada bejana minuman dan meniupnya.” (HR. At-Tirmidzi dan dishahihkan ole Al-Albani). Dan berdasarkan hasil teori ilmiah, bahwa bila kita menghembuskan nafas pada minuman, kita akan mengeluarkan gas karbon dioksida (CO2) yang apabila tercampur dengan air(H2O)  yang akan kita makan ataupun kita minum akan menyebabkan gas H2CO3 yaitu gas bersifat masam seperti cuka. Bila kita sering melakukan hal demikian dan dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan kerusakan kinerja ginjal serta dapat meningkatkan resiko serangan jantung.

 

  1. Selalu Aktif Dalam Beraktifitas

Selain dengan amalan-amalan yang mengandung pahala ketika makan, maka baiknya kita melakukan beberapa kegiatan seperti beroloahraga. Olahraga sendiri dapat membuat tubuh menjadi lebih kokoh dan sehat. Nabi Muhammad shallallahu’alaihi wa sallam pun juga berolahraga seperti memanah, berkuda dan berenang.

 

Demikianlah sedikit pola hidup sehat dengan mengikuti kebiasaan sehat Rasulullah SAW

Belum ada Komentar untuk Hidup Sehat Ala Nabi Muhammad SAW

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Hidup Sehat Ala Nabi Muhammad SAW

anjuran puasa 3 hari setiap bulan

Anjuran Puasa 3 Hari Di Setiap Bulan

T 25 January 2019 F , A WP-YNI

Umat muslim disunnahkan untuk berpuasa minimal 3 hari pada setiap bulan. Dan puasa yang dilaksanakan di setiap bulannya yakni pada tanggal ke-13, 14, 15 dibulan hijriyah (Qomariyah). Puasa tersebut disebut juga dengan puasa ayyamul bidh (hari putih). Dikarenakan pada malam-malam... Selengkapnya

Apa Itu Habbatussauda Dan Apa Manfaatnya

Apa Itu Habbatussauda? Dan Apa Manfaatnya?

T 27 August 2018 F A WP-YNI

Habbatussauda’ atau yang dikenal dengan Jintan Hitam merupakan salah satu tumbuhan obat yang sudah ada sejak zaman Nabi Shallallahu’alaihi Wassalam. Habbatussauda’ dikenal sebagai obat segala penyakit yang berdasarkan dari Rasulullah SAW, dalam sabdanya, yang artinya, “Gunakanlah (konsumsilah) Habbatussauda’, karena didalamnya... Selengkapnya

Waktu Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan Menurut Islam

Waktu Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan Menurut Islam

T 13 November 2018 F A WP-YNI

Tidur merupakan salah satu kegiatan wajib yang dilakukan semua orang. Karena tidur merupakan pertanda tubuh memerlukan istirahat setelah sehari penuh melakukan runitinas seperti bekerja. Dengan menggunakan waktu yang baik dan cukup maka tubuh telah memenuhi keseimbangan. Karena apabila tubuh kekurangan... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00