Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Beranda » Agama Islam » Ganjaran Pahala Puasa Di Bulan Ramadhan

Ganjaran Pahala Puasa Di Bulan Ramadhan

T Diposting oleh pada 1 May 2019
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 307 kali

Ganjaran Pahala Puasa Di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan  bulan yang penuh dengan ampunan begitu juga pahala yang terkandung didalamnya. Maka hampir seluruh umat muslim banyak melakukan amalan-amalan baik untuk memperoleh ganjaran pahala yang banyak. Bulan Ramadhan merupakan bulannya Allah, pahala puasanya juga dari Allah subhanahuwata’ala. Dan itu merupakan diluar amalan pahala puasa. Hanya pahala puasa yang terpisah dari Allah langsung.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu’alaihi wa sallam bersabda,

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِى لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ. وَلَخُلُوفُ فِيهِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ
artinya: “Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan di lipat gandakan dengan sepuluh kebaikan semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah subhanahuwata ‘ala berfirman , “Kesuali amalan puasa, amalan puasa tersebut adalah untukKu. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karenaKu. Bagi ornag yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah dari pada bau minyak kasturi.” (HR. Muslim : 1151).

 

Pahala Tidak Terbatas Bagi Orang Yang Berpuasa

Seperti yang telah dijelaskan dari riwayat di atas, bahwa setiap amalan akan dilipat gandakan sepuluh hingga tujuh ratus kebaikan. Namun, kecuali bagi amalan puasa. Amalan puasa tidak dilipat gandakan seperti amalan kebaikan lainnya. Amalan puasa akan di lipat gandakan berlipat-lipat tanpa batas oleh Allah subhanahuwata’ala.

Dari Ibnu Rajab Al-Hambali rahimahullah, mengatakan, “Karena puasa adalah bagian dari kesabaran”. Kesabaran mendapat ganjaran sesuai dari Allah subhanahuwata’ala. Allah Ta’ala berfirman,

إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ

Artinya: “Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (QS. A-Zumar : 10).

Sabar itu terdapat tiga macam didalamnya, yakni:

  1. Sabar dalam melakukan ketaatan kepada Allah.
  2. Sabar dalam meninggalkan yang haram, dan
  3. Sabar dalam menghadapi takdir yang menyakitkan.

Sabar yang terbagi 3 macam bentuk ini, semuanya terdapat dalam amalan puasa. Yang dimana berpuasa didalamnya terdapat bentuk ketaatan dengan menjauhi segala hal-hal yang diharamkan pula bersabar dari hal-hal yang menyakitkan dengan menahan diri dari rasa lapar, dahaga, lemahnya badan dan lain sebagainya. Maka dari itu pahalanya orang berpuasa tidak terbilang layaknya pahala orang yang bersabar.

Yang kedua, pahalanya orang yang berpuasa menjadi sebab seseorang masuk surge.

Dalam riwayat lain mengatakan, “Allah ‘Azza wa jalla berfirman. “Setiap amalan adalah sebagai kafaroh (terbusan) kecuali amalan puasa. Amalan puasa adalah untuk-Ku.”

Dari Sufyan bin ‘Uyainah mengatakan, bahwa “Pada hari kiamat nanti, Allah subhanahuwata’ala akan menghisab hamba-Nya. Setiap amalan akan menembus berbagai macam kezholiman yang pernah dilakukan hingga tidak tersisa satu pun kecuali satu amalan yaitu puasa. Amalan puasa ini akan Allah SWT simpan dan akhirnya Allah SWT masukkan orang tersebut ke surge.”

baca juga artikel berikut, “persiapan menyambut bulan puasa ramadhan”

2 Keutamaan Orang Muslim Yang Berpuasa

Selain pahala yang tak terbilang untuk orangg yang berpuasa, berpuasa pun memiliki keutamaan – keutamaan lain yakni:

  1. Puasa Menjadi Penghalang Dari Siksa Api Neraka

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya, “Puasa adalah perisai yang dapat melilndungi seorang hamba dari api neraka.” (HR. Ahmad)

  1. Orang Yang Berpuasa Akan Diampuni Dosanya

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya, “Barang siapa yang berpuasa dibulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahal dari Allah, maka dosasnya dimasa lalu diampuni.” (HR. Bukhari)

  1. Orang Yang Berpuasa Akan Diberikan Syafa’at

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Puasa dan Al-Qur’an itu akan memberikan syafa’at kepada seorang hamba pada hari kiamat nanti. Puasa akan berkata, ‘Wahai Tuhanku, saya telah menahannya dari makan dan nafsu syawat, karenanya perkenankan aku untuk memberikan syafa’at kepadanya’. Dan Al-Qur’an pula berkata, ‘Saya telah melarangnya dari tidur pada malam hari, karenanya perkenan aku memberikan syafa’at padanya’. Beliau bersabda, ‘Maka syafa’at keduanya diperkenankan.” (HR. Ahmad)

baca jga artikel, “Amalan yang dapat menyia-nyiakan puasa”

Belum ada Komentar untuk Ganjaran Pahala Puasa Di Bulan Ramadhan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Ganjaran Pahala Puasa Di Bulan Ramadhan

keutamaan menuntut ilmu

Janji Allah Bagi Manusia Yang Menuntut Ilmu

T 29 March 2018 F , A WP-YNI

Ilmu merupakan pengetahuan untuk kita, dengan ilmu kita akan mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk. Maka itu manusia yang tak berilmu bagai terjebak didalam kegelapan. Mereka tak tahu kemana mereka harus melangkah, bagaimana mereka harus berbuat. Dan terkadang... Selengkapnya

contoh makanan yang halal dimakan

Memakan Makanan Haram Pemicu Jauhnya Keberkahan

T 19 April 2018 F , A WP-YNI

Allah SWT sudah menyiapkan umatnya segala macam makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi oleh segala makhlukNya dimuka bumi ini. Banyak sekali makanan yang dapat kita santap namun harus sesuai dengan syariat islam tentunya, ialah makanan dan minuman halal. Di zaman... Selengkapnya

keutamaan shalat dhuha

Indahnya 2(Dua) Rakaat Kala Pagi Hari

T 14 March 2018 F , A WP-YNI

Shalat dhuha.. apa itu shalat dhuha? Shalat dhuha ialah rangkaian shalat sunnah yang amat bermanfaat bila dikerjakan. Shalat yang dikerjakan di waktu pagi ini atau lebih jelasnya shalat yang dikerjakan sekitar matahari terbit dan meninggi kira-kira setinggi tombak atau 18... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00