Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Beranda » Info Kesehatan » Dampak Negative Kurang Minum Air Putih

Dampak Negative Kurang Minum Air Putih

T Diposting oleh pada 22 July 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 42 kali

Seperti yang telah kita ketahui bahwa tubuh kita terkandung air hingga 60 % sampai 70% dari berat tubuh. Air berperan penting dalam kinerja organ-organ vital tubuh. Maka apabila tubuh tidak memiliki asupan air yang cukup, tubuh itu akan otomatis mencari kadar air antara lain dari darah, yang berakibat darah kekurangan kadar air yang menjadikannya mengental. Pada akhirnya, kinerja darah yang menyalurkan oksigen dan zat-zat makanan pasti mengalami gangguan.

Banyak orang yang apabila sudah minum kopi, teh manis, minuman dingin dan bersoda membuat kita lupa untuk minum air putih, walaupun kadang rasa manis yang didapat dari minum es, teh manis atau lain sebagainya dapat mengurangi rasa haus kita namun itu akan berdampak pada kemudian hari. Karena air putih berperan penting untuk kelangsungan kinerja otak, ginjal, darah, hati dan jantung.

Minum air putih yang cukup, sesuai dengan kebutuhan tubuh masing-masing lebih baik ketimbang meminum minuman lain sebagai pengganti pelepas dahaga. Namun, tidak dianjurkan minum air putih yang berlebihan. Berlebihan dalam minum air putih akan berdampak pada kerja organ vital tubuh dengan menurunkan fungsinya.

Penyakit Akibat Kurang Minum Air Putih

Kekurangan minum air putih akan berdampak buruk bagi kerja organ vital tubuh dan menurunkan fungsi kerja tersebut. Dan ini lah, penyakit akibat kurangnya minum air putih:

  1. Kulit mengalami dehidrasi

Tubuh yang kekurangan asupan ait putih akan mengalami dehidrasi dan salah satu yang lebih terlihat oleh mata ialah dehidrasi kulit. Kulit akan terlihat lebih kasar, kusam dan pecah-pecah akibat kulit yang kering. Ini dikarenakan resistensi dan fungsi enzim tidak bekerja dengan baik.

  • Sembelit

Salah satu lainnya dari kurangnya asupan air putih didalam tubuh ialah terjadinya sembelit. Masalah pencernaan ini sering terjadi baik pada anak-anak maupun orang dewasa yang dimana penderita tidak dapat buang air besar. Jika berlangsung lama maka akan menyebabkan penyakit lain di usus.

  • Mudah sakit kepala

Seseorang yang kekurangan air putih akan cepat merasa lelah dan pusing itu dikarenakan kadar oksigen yang diantar yang sedikit diterima oleh otak dan organ lainnnya.

  • Penurunan fungsi ginjal

Kadar air yang diterima oleh ginjal mempengaruhi kerjanya.  Bila asupan air yang kurang diterima oleh ginjal mengakibatkan penurunan fungsi ginjal. Ginjal yang bekerja lebih keras untuk mengekuarkan racun, urea dan garam dalam tubuh, dan ini dapat memicu batu ginjal.

  • Tekanan darah yang tinggi

Kurangnya minum akan mengurangi volume darah anda dialam pembuluh darah. Akibatnya terjadi dehidrasi yang membuat tubuh kita mengeluarkan hormone histamine. Zat inilah yang menyebabkan pembuluh darah dan arteri berkontraksi yang menyebabkan peningkatan tekanan darah.

  • Nyeri sendi

Jika kita sering merasakan nyeri dipersendian itu dikarenakan tulang rawan kita yang terdiri dari 70% air mengalami kekurangan air. Tulang rawan kita bekerja untuk membantu membatasi gesekan didalam persendian yang mana air sebagai pelumasnya.

  • Kram otot

Kram otot memang biasanya disebabkan aktifitas fisik. Namun ini juga bisa dikaitkan adanya kekurangan air dalam tubuh. Karena asupan cairan yang tidak cukup maka tubuh mengalami ketidakseimanan pasokan elektrolit dan mineral yang dimana komponen ini sangat penting untuk otot tubuh kita.

Minum Air Sesuai Kebutuhan Tubuh

Air merupakan unsur terpenting dalam tubuh manusia. Karena air bertugas sebagai sarana transportasi dalam tubuh untuk mengirim zat-zat keseluruh sel. Air yang memiliki fungsi terbesar ini sangat penting untuk kelancaran pencernaan, untuk menyerap, asimilasi dan ekskresi. Tahukah anda, bahwa tubuh manusia mampu bertahan tanpa makanan selama 5 minggu, namun tubuh manusia hanya mampu bertahan selama 5 hari tanpa air. Maka sebab itu kebutuhan air sangat penting bagi tubuh sebagai kelangsungan hidup manusia.

Dan berikut ini, kandungan air dalam tubuh manusia berdasarkan kebutuhannya masing-masing:

  1. Dalam tubuh bayi terdapat 80 % air
  2. Ornag dewasa terdapat 70% air
  3. Lanjut usia terdapat 50% air tergantung kebutuhan lansia tersebut.

Dan terakhir kandungan air dalam organ tubuh manusia, yang mana kandungannya terdiri dari unsur air.

  1. Paru-paru terdapat kandungan air sebanyak 90%
  2. Darah terdapat kandungan air sebanyak  82%
  3. Kulit terdapat kandungan air sebanyak 80%
  4. Otak terdapat kandungan air sebanyak  70%
  5. Tulang terdapat kandungan air sebanyak 20%
  6. Otot terdapat kandungan air sebanyak 75%

Maka sangat berperan besar air dalam kehidupan manusia untuk bertahan hidup, tapi sebagian besar orang-orang belum paham mengenai pentingnya konsumsi air bagi kebutuhan tubuh yang mutlak.

Belum ada Komentar untuk Dampak Negative Kurang Minum Air Putih

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Dampak Negative Kurang Minum Air Putih

anjuran puasa 3 hari setiap bulan

Anjuran Puasa 3 Hari Di Setiap Bulan

T 25 January 2019 F , A WP-YNI

Umat muslim disunnahkan untuk berpuasa minimal 3 hari pada setiap bulan. Dan puasa yang dilaksanakan di setiap bulannya yakni pada tanggal ke-13, 14, 15 dibulan hijriyah (Qomariyah). Puasa tersebut disebut juga dengan puasa ayyamul bidh (hari putih). Dikarenakan pada malam-malam... Selengkapnya

keutamaan shalat dhuha

Indahnya 2(Dua) Rakaat Kala Pagi Hari

T 14 March 2018 F , A WP-YNI

Shalat dhuha.. apa itu shalat dhuha? Shalat dhuha ialah rangkaian shalat sunnah yang amat bermanfaat bila dikerjakan. Shalat yang dikerjakan di waktu pagi ini atau lebih jelasnya shalat yang dikerjakan sekitar matahari terbit dan meninggi kira-kira setinggi tombak atau 18... Selengkapnya

hukum merokok dalam pandangan islam

Hukum Merokok Dalam Pandangan Agama Islam

T 5 September 2018 F A WP-YNI

Merokok merupakan salah satu kebiasaan pria dizaman kini baik yang muslim maupun nonmuslim. Tak dielak kan juga tidak sedikit wanita juga melakukan kegiatan merokok tersebut. Berdasarkan hasil dari penelitian bahwa merokok merupakan salah satu kegiatan yang bisa dikatakan wajib dikalangan... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00