Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Beranda » Agama Islam » Ciri-Ciri Rumah Yang Seperti Kuburan

Ciri-Ciri Rumah Yang Seperti Kuburan

T Diposting oleh pada 28 June 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 151 kali
Ciri-Ciri Rumah Yang Seperti Kuburan

Rumah yang sangat diidamkan oleh semua orang ialah rumah yang bila kita tempati dengan nyaman dan aman, hawa rumah yang sejuk serta membawa ketentraman penghuninya. Ada kalanya rumah yang kita huni menjadi tidak nyaman untuk kita tinggali ialah tidak jauh dari diri kita sendiri sebagi penghuni rumah tersebut.

Rumah yang nyaman, aman dan tentram ialah rumah yang didalamnya diisi oleh para manusia yang beriman. Rumah yang islami akan diisi oleh orang yang islami dengan adab-adab yang baik sebagai penghuni rumah. Didalamnya para malaikat berdatangan ke rumah kita dan dijauhkannya dari setan, inilah rumah yang diberkahi oleh Allah subhanahuwa ta’ala.

Rumah yang diberkahi oleh Allah subhanahuwa ta’ala ialah rumah yang selalu dilimpahkan kebaikan didalamnya. Dan sebaliknya bila rumah yang diisi oleh ornag-orang yang memiliki sifat iri, dengki, hasud, berfikir buruk dan su’udzon lain sebagainya. Rumah tersebut akan mengalami turunnya tingkat kenyamanan, rasa aman dan tentram dan inilah rumah yang disebut seperti kuburan.

Kenapa disebut rumah-rumah yang seperti kuburan?

Cara Agar Rumah Kita Diberkahi Allah SWT

kita berharap rumah yang kita diami menjadi rumah yang diberkahi oleh Allah subhanahuw a ta’ala. Lalu bagaimana caranya agar rumah kita diberkahi oleh Allah? Berikut sedikit rincian dibawah ini?

  1. Rumah yang dibacakan Al-Qur’an

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, mengabarkan dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:

لاَ تَجْعَلُوْا بُيُوْتَكُمْ مَقَابِرَ، إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْفِرُ مِنَ الْبَيْتِ الَّذِي تُقْرَأُ فِيْهِ سُوْرَةُ الْبَقَرَةِ

Artinya: “Janganlah kalian menjadikan rumah-rumah kalian sebagai kuburan. Sesungguhnya setan akan lari dari rumah yang didalamnya dibacakan surah Al-Baqarah.” (HR. Muslim : 1821)

Lalu, Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, yang artinya:

“Sesungguhnya rumah yang dibacakan Al-Qur’an didalamnya akan menjadi luas bagi pemiliknya, malaikat mendatanginya, setan menjauhinya dan banyak kebaikannya, dan rumah akan menjadi sempit bagi pemiliknya, malaikat menjadi terhalang, setan hadir dan sedikit kebaikannya jika tidak dibacakan Al-Qur’an dalam rumah tersebut.” (HR. Ad Darimi)

Rumah yang tempatnya dilaksanakan shalat oleh penghuninya maka rumah tersebut akan menjadi rumah yang diberkahi. Banyak melakukan shalat Sunnah bagi laki-laki, karena shalat wajib bagi laki-laki dilakukan di masjid. Dan dianjurkan bagi perempuan untuk shalat dirumah.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya: “Jadikan shalatmu dirumah, jangan jadikan rumahmu seperti kuburan.”

  • Rumah yang diisi dengan selalu berdoa kepada Allah.

Orang yang shalat pasti berdoa, orang yang berdoa sangat disukai oleh Allah subhanahuwa ta’ala. Manusia yang memanjatkan doa kepada Tuhannya, maka pasti akan dikabulkan. Allah subhanahuwa ta’ala berfirman:

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Artinya: Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al – Baqarah : 186)

Termasuk memohon doa untuk hidup nyaman didalam rumah yang ditempati seperti contoh: Berdoa kepada Allah memohon dilindungi dari segala macam tipu daya setan, dijadikan rumahnya sebagai tempat yang aman dan nyaman, menjadi tempat melepas lelah dan istirahat.

  • Rumah yang tidak memelihara anjing

Dari pandangan Syekh Yusuf al Qardhawi, setidaknya terdapat 4 unsur terwujudnya rumah yang islami yakni:

  1. Luas dan bersih
  2. Menghias rumah secara halal dan tidak berlebihan
  3. Tidak memajang patung dirumah
  4. Serta empat tidak memelihara anjing.
  • Rumah yang mengasihi anak yatim

Apabila dalam sebuah keluarga tersebut berkelebihan, dianjurkan untuk memelihara anak yatim, sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, yang artinya “Sebaik-baik rumah kaum Muslimin ialah rumah yang tersapat didalamnya anak yatim yang diperlakukan dengan baik, dan seburuk-buruk rumah kaum Muslim ialah rumah yang didalamnya terdapat anak yatim tapi anak itu diperlakukan dengan buruk.” (HR. Ibnu Majah)

  • Dan tidak lupa untuk selalu mengucapkan basmalah sebelum beraktifitas apapun didalam dan luar rumah. Agar segala aktifitas kita sesantiasa dalam keberkahan Allah subhanahuwa ta’ala.

Hendaklah rumah kita untuk selalu dilakukannya membaca Al-Qur’an, untuk shalat, untuk berdoa dan untuk berbuat kebajikan lainnya agar rumah kita senantiasa dalam keberkahan, malaikat berdatangan membawa kenyamanan dan dijauhkannya dari setan yang membawa rasa panas dan tidak nyaman dirumah.  

Belum ada Komentar untuk Ciri-Ciri Rumah Yang Seperti Kuburan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Ciri-Ciri Rumah Yang Seperti Kuburan

Zakat

Zakat Salah Satu Solusi Pemberantas Kemiskinan

T 5 April 2018 F , A WP-YNI

Zakat merupakan harta yang wajib kita keluarkan dan memenuhi syarat berdasarkan ketentuan syariat islam. Zakat juga harus disalurkan kepada yang telah ditetapkan. Yaitu ada 8 (delapan) golongan sebagaimana yang telah dijelaskan dalam Al-Quran surat At-Taubah ayat 60 yang artinya :... Selengkapnya

yayasan anak yatim di jakarta timur

Mau Do’a Kita Maqbul? Perbaiki Cara Berdo’a!

T 17 February 2017 F A Admin Web YNI

Coba pikirkan seandainya ada orang yang yang dating ketempat kita silaturahmi, kemudian langsung meminta uang dengan cara yang tidak baik dan sopan..dia tidak mengucap salam, tidak memanggil nama kita dengan santun, dan tidak punya tata karama dalam berinteraksi. Apa persaan... Selengkapnya

wanita muslimah

19 Pintu Kebaikan Pembuka Jalan Bagi wanita

T 23 March 2018 F , A WP-YNI

Wanita bagi pandangan Rasulullah ialah kaum hawa, yang dimana Rasulullah angkat derajatnya pada saat jaman jahiliyah. Dijaman tersebut wanita tidaklah memiliki martabat atau harga diri. Mereka tidak dianggap layaknya manusia atau seorang wanita yang harus dilemah lembutkan, dihormati, atau dihargai... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00