Beranda » Peringatan Hari Besar Islam » Bolehkah Patungan Hewan Dilaksananakan Dalam Berqurban?

Bolehkah Patungan Hewan Dilaksananakan Dalam Berqurban?

T Diposting oleh pada 15 August 2018
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 545 kali

Idul Adha identik dengan berqurban. Berqurban merupakan amal ibadah atau kegiatan yang dilakukan oleh orang muslim yang mampu. Bagi orang kaya atau mampu makan sesuatu apapun pasti akan merasa lumrah. Bagaimana dengan yang tidak mampu? Maka dari itu diharuskan berkurban bagi orang-orang yang mampu agar dapat merasakan nikmatnya makan daging kurban yang bisa jadi hanya dirasakan setahun sekali oleh orang-orang yang tak mampu.

Dalam surah Al-Kautsar 1-3 yang artinya,

“Sesungguhnya Kami telah memeberikan kepadamu ikmat yang banyak. Maka dirikanlah shaloat karena Tuhanmu dan berqurbanlah. Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus” (QS. Al-Kautsar : 1-3).

Lalu, untuk memudahkan umat muslim yang ingin berqurban  maka diperbolehkan Patungan Qurban. Dari Ibnu Qudamah dalam Al-Mughni mengatakan bahwa mayoritas ulama memperbolehkan patungan Qurban dengan syarat hewan yang diqurbankan ialah sapi dan maksimal 7 orang dalam patungan qurbannya, baik kambing maupun sapi, Ibnu Qudamah :

 

Artinya: “Qurban satu ekor unta maupun sapi atas nama tujuh orang diperbolehkan oleh mayoritas ulama”

Dikutip Ibnu Qudamah, menurut Ahmad bin Hanbal mengatakan bahwa, “Kebanyakan ulama yang aku ketahui memperbolehkan patungan Qurban kecuali Ibnu Umar.”

 

Dalil-Dalil Yang Menunjukkan Diperbolehkannya Patungan Qurban

Banyak dalil yang menyatakan diperbolehkannya patungan Qurban dan berikut dalil-dalil yang artinya,

Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu’anhu, beliau mengatakan bahwa, “Dahulu kami pernah bersafar bersama Rasulullah SAW lalu tibalah hari raya Idul Adha maka kami pun berserikat sepuluh orang qurban seekor unta, sedangkan untuk seekor sapi kami berserikat sebanyak tujuh orang.” (HR. Tirmidzi : 905 dan Ibnu Majah : 3131). Tirmidzi mengatakan hadits ini shahih sebagaimana dalam Misykatul Mashobih 1469 [17]

Jabar bin Abdullah pula pernah mengisahkan bahwa, “Kami pernah ikut haji tamattu (mendahulukan umrah daripada haji) bersama Rasulullah SAW. Lalu kami menyembelih sapi dari hasil patungan sebanyak tujuh orang.” (HR. Muslim)

Pula berdasarkan pendapat dari Ibnu Qudamah yang telah disebut diatas yang dimana tidak jauh berbeda dengan pendapat An-Nawawi. Dalam pandangan beliau patungan Qurban sapi atau unta sebanyak tujuh orang diperbolehkan, baik patungan tersebut bagian dari keluarganya ataupun orang lain. An-Nawai dalam Al-Majmu’ mengatakan, yang artinya, “Dibolehkan patungan sebanyak tujuh orang untuk Qurban unta atau sapi. Baik keseluruhannya bagian dari keluarga maupun orang lain.”

 

Hikmah Di Perbolehkannya Patungan Qurban

Seperti yang diketahui bahwa hukum qurban ialah sunnah muakkadah yang artinya sunnah yang dianjurkan. Maka untuk memudahkan para donator untuk berqurban, banyaklah panitia qurban yang meneima patungan qurban, seperti yang telah Nabi Muhammad SAW melaksanakan perintah Allah ini walaupun tengah berpergian tetap melakukan qurban bersama para sahabatnya dengan patungan unta pada waktu itu.

Selain karena merupakan perintah Allah, pula berqurban sebagai ajang mempererat tali persaudaraan kepada sesama umat muslim yang dimana kita yang mampu berqurban membagikan hewan qurban bagi yang tidak mampu. Karena bisa jadi mereka hanya merasakan nikmatnya makan daging saat di hari raya Idul Adha saja. Yang dimana daging merupakan kategori makanan yang memiliki harga yang cukup mahal bila dibeli oleh orang yang tak mampu.

sebagai bentuk memperbaiki gizi makanan pula sebagai sarana menyebarkan kebaikan. Maka pahala orang yang berqurban, disebutkan oleh sahabat Ali ra mengatakan : “Barang siapa berangkat dari rumah hendak membeli hewan Qurban. Maka setiap langkahnya memperoleh 10 kebaikan dan dihilangkannya 10 keburukan, serta dinaikkan 10 derajat.” (Jawahir Zadah)

 

Kami Panitia Qurban Yayasan Nurul Ihsan menerima PATUNGAN QURBAN dengan rincian dibawah ini

Patungan Qurban tujuh orang

Belum ada Komentar untuk Bolehkah Patungan Hewan Dilaksananakan Dalam Berqurban?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Bolehkah Patungan Hewan Dilaksananakan Dalam Berqurban?

Keistimewaan Bulan Dzulhijjah Dan Amalan Yang Disyariatkan

Keistimewaan Bulan Dzulhijjah Dan Amalan Yang Disyariatkan

T 13 July 2018 F A WP-YNI

Dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu’anhuma bahwa Nabi SAW bersabda yang artinya, “Tidak ada hari dimana amal shalih pada saat itu lebih dicintai oleh Allah dari pada hari-hari in, yaitu: sepuluh hari dari bulan Dzulhijjah. Mereka bertanya: Ya Rasulullah, tidak juga jihad... Selengkapnya

Qurban bersama Yayasan Nurul Ihsan

Apa Hukum Berkurban Bagi Umat Muslim?

T 10 August 2018 F , A WP-YNI

Qurban merupakan kegiatan atau suatu amal ibadah bertujuan agar lebih mendekatkan diri pada Allah SWT dengan menyembelih hewan qurban. Qurban sudah ada sejak jaman jahiliyah terdahulu yang dilakukan oleh orang-orang Yahudi, yaitu menyembellih hewan sebagai persembahan berhala-berhala mereka. Maka Allah... Selengkapnya

peringatan nuzulul qur'an

Hikmah Peringatan Malam Nuzulul Qur’an

T 12 June 2017 F , A Yayasan Nurul Ihsan

Peristiwa Nuzulul Quran merupakan anugerah yang luar biasa dari Allah SWT untuk umat manusia. Dari kondisi zulumat (kegelapan) kepada kondisi yang penuh dengan petunjuk Ilahi (Nur), Nabi Muhammad menyampaikan risalah Ilahi secara bertahap mulai dari Mekah hingga terwujudnya Madinah (Ibukota... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00