Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Beranda » Hukum Islam » Bolehkah Berqurban Dengan Kambing Betina ?

Bolehkah Berqurban Dengan Kambing Betina ?

T Diposting oleh pada 5 August 2019
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 51 kali
Bolehkah Berqurban Dengan Kambing Betina _

Menjadi pertanyaan bagi sebagian orang yang belum mengetahui, apakah harus berkurban dengan kambing jantan? Apakah boleh berkurban dengan kambing betina dan sapi betina? Sebagian orang berpendapat bahwa ini tidak diperbolehkan. Tentu, rujukan yang diambil bukan berdasarkan pendapat orang. Melainkan dari dalil-dalil shahih dan perkataan para ulama yang lebih paham akan hukum-hukum islam.

Allah Subhanahuwa ta’ala berfirman:

وَلِكُلِّ أُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَىٰ مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الْأَنْعَامِ ۗ فَإِلَٰهُكُمْ إِلَٰهٌ وَاحِدٌ فَلَهُ أَسْلِمُوا ۗ وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِينَ.

Artinya: “ Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah di rezekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah).” (QS. Al – Hajj : 34).

Dari Asy Syairozi mengatakan, yang artinya, “Boleh-boleh saja berkurban dengan hewan jantan maupun betina.”

Baca artikel lainnya : bolehkah kurban untuk orang yang teleh meninggal?

Apa Hukumnya Aqiqah Dengan Kambing Betina?

Kurban dapat dilaksanakan dengan hewan kambing, sapi, unta atau domba dan tidak membedakan jenis dari hewan tersebut. Baik jantan maupun betina tidak apa-apa. Lalu, bolehkan akikah dengan kambing betina?

Asy Syairozi membawakan dalil dari Ummu Kurz, Nabi Muhammad shallallahu’ alaihi wa sallam bersabda yang artinya:

“ Anak laki-laki hendaklah diakikah dengan dua kambing, sedangkan anak perempuan dengan satu kambing. Tidak mengapa bagi kalian memilih yang jantan atau yang betina dari kambing tersebut.” (HR. An Nasai no. 4222 dan Abu Daud no. 2835. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini hasan.)

Asy Syairozi As-Syafi’i menambahkan, “Jika dibolehkan jantan dan betina dalam akikah berdasarkan hadits diatas, maka sama halnya dengan kurban boleh dengan jantan atau betina. Karena daging kambing jantan lebih enak. Sedangkan kambing betina lebih basah.” (Al Majmu’ 8 : 222)

Imam Nawawi rahimahullah menanggapi penjelasan Asy Syairozi tersebut,

“Syarat sah dalam kurban , hewan kurban harus berasal dari hewan ternak yaitu unta, sapi atau kambing. Termasuk pu;a berbagai jenis unta, semua jenis dapi dan smeua jenis kambing yaitu domba, ma’iz dan sejenisnya. Sedangkan selain hewan ternak seperti rusa dan keledai tidaklah sah sebagai hewan kurban tanpa ada perselisihan diantara para ulama. Begitu juga sah berkurban dengan hewan jantan dan betina dari semua hewan ternak tadi. Tidak ada khilaf sama sekalli mengenai hal ini menurut kami.” (Al Majmu’ 8:222)

Baca artikel lainnya : Bolehkah istri berkurban sendiri?

Memberikan Yang Terbaik Dalam Berkurban

Berqurban diutamakan dengan hewan yang baik seperti paling gemuk, bagus dan sehat. Bagi kaum muslimin yang mampu membeli hewan jantyan, sebaiknya tidak berkurban dengan yang betina.dikarenakan hewan jantan umumnya lebih mahal dan lebih bagus dari pada hewan betina. Seperti yang telah disyariatkan agar memilih hewan sebaik-baik mungkin untuk kurban. Sehingga kita dpat meraih pahala lebih besar.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman :

ذَٰلِكَ وَمَنْ يُعَظِّمْ شَعَائِرَ اللَّهِ فَإِنَّهَا مِنْ تَقْوَى الْقُلُوبِ

Artinya: “ Siapa yang mengagungkan syiar Allah maka itu menunjukkan ketakwaan hati.” (QS. Al – Hajj : 32)

Lalu Ibnu Abbas mengatakan, “Mengagungkan syiar Allah (dalam berkurban) adalah dengan mencari yang paling gemuk dan paling bagus.” (Tafsir Ibnu Katsir  5:421).

Semoga kita dapat menjadi salah satu yang mampu berkurban tahun ini, dengan kurban yang terbaik. Aamiin

Belum ada Komentar untuk Bolehkah Berqurban Dengan Kambing Betina ?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Bolehkah Berqurban Dengan Kambing Betina ?

Benarkah Tidak Boleh Puasa Setelah Dipertengahan Sya’ban_

Benarkah Tidak Boleh Puasa Setelah Dipertengahan Sya’ban?

T 5 April 2019 F , A WP-YNI

Puasa setelah pertengahan bulan sya’ban banyak dianggap sebagai sebuah larangan. Dalam beberapa hadits juga disebutkan bahwa berpuasa setelah pertengahan bulan sya’ban ialah tidak boleh. Maka, banyak yang beranggapan bahwa perintah tersebut benar adanya karena didasari oleh hadits-hadits. Ada beberapa lafazh,... Selengkapnya

Keistimewaan Bulan Dzulhijjah Dan Amalan Yang Disyariatkan

Keistimewaan Bulan Dzulhijjah Dan Amalan Yang Disyariatkan

T 13 July 2018 F A WP-YNI

Dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu’anhuma bahwa Nabi SAW bersabda yang artinya, “Tidak ada hari dimana amal shalih pada saat itu lebih dicintai oleh Allah dari pada hari-hari in, yaitu: sepuluh hari dari bulan Dzulhijjah. Mereka bertanya: Ya Rasulullah, tidak juga jihad... Selengkapnya

Sah Kah Qurban Satu Kambing Untuk Satu Keluarga_

Sah Kah Qurban Satu Kambing Untuk Satu Keluarga?

T 10 July 2019 F A WP-YNI

Satu bagian qurban bisa untuk satu keluarga dan satu kambing bisa untuk satu keluarga pula 1/7 sapi juga bisa untuk satu keluarga. Dan yang disebut tersebut yakni cangkupan pahalanya bukan pembiayaan. Dijelaskan disebuah hadits dari ‘Atho’ bin yasar, ia mengatakan,... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00