Beranda » Peringatan Hari Besar Islam » Beribadah Puasa Ramadhan dan Berbagi di Yayasan Nurul Ihsan

Beribadah Puasa Ramadhan dan Berbagi di Yayasan Nurul Ihsan

T Diposting oleh pada 28 June 2014
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 719 kali

Marhaban Ya RamadhanSantunan-Anak-Yatim-yayasan sosial-menerima-zakat-infak-sedekah-untuk-pemberdayaan-anak-yatim-piatu-dan-kaum-dhuafa-Klender-Duren-Sawit-Jakarta-Timur

Umat Islam seluruh dunia kini kembali menjalankan ibadah puasa Ramadan. Bulan yang oleh Allah SWT dihimpun di dalamnya rahmah (kasih sayang), maghfirah (ampunan), dan itqun minan naar (terselamatkan dari api neraka). Bulan Ramadan juga disebut dengan “shahrul Qur’an”, bulan diturunkannya al-Qur’an, yang berfungsi sebagai petunjuk dan pelajaran yang sangat dibutuhkan umat manusia dalam membedakan mana yang baik dan mana yang buruk serta mana jalan yang benar dan mana jalan yang sesat.

Melalui puasa Ramadan, Allah SWT menguji hamba-Nya untuk mengendalikan nafsunya, serta memberikan kesempatan kepada kalbu untuk menembus wahana kesucian dan dan kejernihan rabbani. para ulama terdahulu meyakini bahwa dengan perut adalah pengendali nafsu manusia. Luqman Hakim pernah menasehati anaknya ”Wahai anakku, manakala perutmu kenyang, maka tidurlah fikiranmu, sirnalah kecerdikanmu dan anggota tubuhmu enggan beribadah”. Ali bin Abi Thalib r.a. juga berkata: ”Manakala perutmu penuh, maka kamu adalah orang yang lumpuh”.

Puasa Ramadan merupakan pengendalian diri dari sifat hegemoni nafsu syahwat dan pemisahan diri dari kebiasaan buruk dan maksiat, sehingga memudahkan bagi seorang hamba untuk menerima pancaran cahaya ilahiyah. puasa merupakan satu-satunya cara untuk menghilangkan penghalang tersebut. Oleh karena itu pintu-pintu mukashafah (keterbukaan) ruhani tidak ada yang mampu membukanya kecuali dengan puasa.

Keutamaan berbagi dibulan Ramadhan bersama anak yatim

Anda pernah mendengar kalimat “berbagi” ? Yah benar berbagi itu adalah memberikan apa yang kita punya kepada orang lain, dengan berbagi kia akan membuat orang lain senang dan gembira. Lalu bagaimana jika kita memberikannya kepada anak yatim dan fakir miskin ? sudah tentu kita akan mendapat balasan pahala yang besar yakni surgaNya Allah SWT. Rosulullah bersabda : Barang siapa yang mengikutsertakan seorang anak yatim diantara dua orang tua yang muslim, dalam makan dan minumnya, sehingga mencukupinya maka ia pasti masuk surga.” [HR. Abu Ya’la dan Thobroni, Shohih At Targhib, Al-Albaniy : 2543].

Dalam duabelas bulan selama satu tahun, bulan kesembilan, bulan Ramadhan, adalah bulan yang sangat utama. Bulan penghulu segala bulan. Rasulullah saw. pernah bersabda, “Bulan yang paling utama adalah bulan Ramadhan dan hari yang paling utama adalah hari Jumat.

Rasulullah saw. kemudian melanjutkannya, “Ramadhan telah datang kepada kalian, bulan yang penuh berkah. Pada bulan itu, Allah Swt. memberikan naungan-Nya kepada kalian. Diturunkan-Nya rahmat, dihapuskan-Nya kesalahan-kesalahan (dosa-dosa), dan dikabulkan-Nya doa pada bulan itu. Allah Swt. akan melihat kalian berpacu melakukan kebaikan. Para malaikat berbangga dengan kalian dan perlihatkanlah kebaikan diri kalian kepada Allah Swt. Sesungguhnya orang yang celaka adalah orang yang pada bulan itu tidak mendapat rahmat Allah Swt.” (HR. Ath-Thabrani)

Oleh sebab itu dengan datangnya bulan Ramadhan mari jangan kita sia-siakan kesempatan ini. Mari kita tingkatkan amal ibadah kita dengan berpuasa, bertadarus, sholat lail, dan juga berbagi kepada anak yatim dan fakir miskin. Anda sudah siap untuk meningkatkan amal ibadah di bulan romadhan ini? Salah satunya yakni dengan berbagi.

Puasa dan belajar di yayasan Nurul Ihsan

Anak – anak yatim dan kaum dhuafa’ bersama pengurus Yayasan Nurul Ihsan di dalam menjalankan puasa Ramadhan ini menyibukkan dirinya dengan berbagai kegiatan – kegiatan pengembangan diri, dan juga memberikan kesempatan kepada saudara – saudara sekalian untuk dapat ikut bergabung dan berpartisipasi dalam kegiatan ramadhan ini

Kegiatan Ramadhan di yayasan Nurul Ihsan diantaranya :

Nama KegiatanWaktu Kegiatan
Ngebuburit computer Traning + BukberSetiap Sabtu jam 15.30 s/d 18.00
Pesantren Kilat + BukberSetiap Kamis Jam 15.30 s/d 18.00
Pelatihan Musik Islami ( Hadroh )Setiap Senin dan Jum’at  Jam 21.00 s/d 12.00
Santunan Yatim dan DhuafaTanggal 24 Romadhon 1435H / 22 Juli 2014

Semoga  Ramadhan ini , penuh hikmah bagi semua orang muslim yang beriman kepada Allah Ta’ala dan mengharapkan ridha-Nya, serta memberi motivasi bagi mereka untuk bersemangat menyambut bulan Ramadhan yang penuh kemuliaan dan mempersiapkan diri dalam perlombaan untuk meraih pengampunan dan kemuliaan dari-Nya, dengan bersungguh-sungguh mengisi bulan Ramadhan dengan ibadah-ibadah agung yang disyariatkan-Nya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Pada setiap malam (di bulan Ramadhan) ada penyeru (malaikat) yang menyerukan: Wahai orang yang menghendaki kebaikan hadapkanlah (dirimu), dan wahai orang yang menghendaki keburukan kurangilah (keburukanmu)!”

kami dari pengurus Yayasan Nurul Ihsan  mengajak kepada saudara – saudara sekalian untuk bisa berbagi kepada anak anak yatim binaan kami, agar mereka bisa turut berbahagia di Hari raya Iedul Fitri

Bagi anda yang berminat memberikan bantuannya untuk berbagi kebahagiaan kepada anak anak yatim bisa mentransfer Donasi melalui :

Rekening a/n Yayasan Nurul Ihsan

Bank BRI unit malaka norek : 0997.01.003230.50.0

Bank Mandiri KCP Jakarta Buaran norek : 006.00.0609147.8

Semoga apa yang kami sampaikan melalui artikel ini menjadikan diri kita lebih baik lagi, menjadi insan yang selalu peduli kepada sesama, dan semoga apa yang sdh kita niatkan Allah catat sebagai amal soleh, dan semoga puasa Ramadhan tahun penuh keberkahan. Amin

 

 

 

 

Belum ada Komentar untuk Beribadah Puasa Ramadhan dan Berbagi di Yayasan Nurul Ihsan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Beribadah Puasa Ramadhan dan Berbagi di Yayasan Nurul Ihsan

maulid nabi

Sejarah, Arti, Makna Dan Hikmah Maulid Nabi Muhammad

T 6 February 2017 F , A Admin Web YNI

  Peringatan Maulid Nabi pertama kali dilakukan oleh Raja Irbil (wilayah Irak sekarang), bernama Muzhaffaruddin Al-Kaukabri, pada awal abad ke 7 Hijriyah. Ibn Katsir dalam kitab Tarikh berkata: Sultan Muzhaffar mengadakan peringatan Maulid Nabi pada bulan Rabi’ul Awal. Dia merayakannya... Selengkapnya

peringatan nuzulul qur'an

Hikmah Peringatan Malam Nuzulul Qur’an

T 12 June 2017 F , A Yayasan Nurul Ihsan

Peristiwa Nuzulul Quran merupakan anugerah yang luar biasa dari Allah SWT untuk umat manusia. Dari kondisi zulumat (kegelapan) kepada kondisi yang penuh dengan petunjuk Ilahi (Nur), Nabi Muhammad menyampaikan risalah Ilahi secara bertahap mulai dari Mekah hingga terwujudnya Madinah (Ibukota... Selengkapnya

Amalan Di Bulan Ramadhan

Amalan Di Bulan Ramadhan

T 16 July 2014 F A Yayasan Nurul Ihsan

Bulan Ramadhan tiba. Selama bulan suci tersebut, umat Islam yang menjalaninya harus menahan diri dari makan dan minum termasuk perkara yang membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hingga tenggelam matahari. Meski menjalani ibadah puasa, segala aktifitas yang biasa kita lakukan... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.