Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Beranda » Agama Islam » Berbuat Baik Kepada Tetangga Dalam Islam

Berbuat Baik Kepada Tetangga Dalam Islam

T Diposting oleh pada 26 February 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 237 kali

Manusia merupakan makhluk social. Mereka butuh beradaptasi dengan lingkungan dan juga membangun hubungan yang baik antar manusia agar terjalin keharmonisan dalam hubungan social. Tetangga, merupakan orang terdekat yang harus kita jaga hubungan baiknya. Karena tetanggalah orang pertama yang akan muncul lebih awal untuk menolong  ketika terjadi ketidakseimbangan atau masalah antar tetangga lainnya.

Interaksi antar tetangga sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari oleh seorang muslim. Allah subhanahuwata’ala berfirman,

وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا وَبِذِي الْقُرْبَى وَالْيَتَامَى وَالْمَسَاكِينِ وَالْجَارِ ذِي الْقُرْبَى وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَابْنِ السَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ

Artinya: “Beribadahlah kepada Allah dan janganlah kamu mempersekutukanNya dengan sesuatu apapun. Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua, karib kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh dan teman sejawat ibnu sabil dan hamba sahaya..” (QS. An-Nisa:36)

Dan dalam sabda Nabi Shallallahu’alaihi wa  sallam menegaskan,

مَا زَالَ يُوصِينِى جِبْرِيلُ بِالْجَارِ حَتَّى ظَنَنْتُ أَنَّهُ سَيُوَرِّثُهُ

Artinya: “Jibril senantiasa berwasiat kepadaku agar memuliakan tetangga, sampai-sampai aku mengira seseorang akan menjadi ahli waris tetangganya.” (HR. Al-Bukhari no. 6014)

 Berbuat Baik Kepada Tetangga

3 Macam Tetangga Dan Hak-Haknya

Telah diriwayatkan oleh Abu Harairah radhiyallahu’anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ فَلْيُكْرِمْ جَارَهُ

Artinya: “Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah ia memuliakan tetangganya.” (HR. Muttafaqun ‘alaih)

Dari Jabir radhiyallahu ‘anhu, Dari Nabi Muhammad shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, yang artinya, “Tetangga itu ada tiga macam: Tetangga yang hanya memiliki satu hak yakni orang musyrik, ia hanya memiliki hak tetangga. Tetangga yang memiliki dua hak, yakni seorang muslim, ia memiliki hak tetangga dan hak Islam. Dan tetangga yang memiliki tiga hak, yakni tetangga muslim memiliki hubungan kerabat, ia memiliki hak tetangga, hak Islam dan hak Silaturrahim.” (HR. At-Thabrani)

Hak-hak tetangga lainnya yakni,

  1. Tidak Menyakiti Tetangga Baik Dalam Perkataan Dan Perbuatan

Menyakiti tetangga merupakan suatu yang sangat tidak boleh dilakukan. Karena tetangga merupakan orang terdekat yang akan menolong kita dikala susah dan orang yang paling dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Tidak dianjurkan menyakiti dengan membicarakan kejelekannya atau menggunjing dibelakang dan perbuatan buruk lainnya. Terkadang ini merupakan suatu hal yang lumrah yang biasa dilakukan oleh ibu-ibu yang suka menggosip (ghibah), tentunya ini tidak baik untuk hubungan antar tetangga yang satu dengan yang lain

  1. Berbagi Masakan Dengan Tetangga

Bila kita memiliki rezeki lebih, maka hendaklah kita membaginya kepada tetangga kita untuk ikut menikmati nikmatnya berbagi.  Dari Abu Dzarr radhiyallahu ‘anhu, dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, yang artinya, “ Wahai Abu Dzarr, jika engkau memasak masakan berkuah, maka prbanyaklah kuahnya dan perhatikanlah tetanggamu.” (HR. Muslim )

Lalu juga dalam riwayat Muslim, dari Abu Dzar, dia berkata, “Sesungguhnya kekasihku berpesan kepadaku: ‘jika engkau memasak masakan berkuah perbanyaklah kuahnya, kemudian lihatlah anggota keluarga dari tetanggamu, maka berikanlah kepada mereka dengan baik’.”

  1. Menolong Tetangga Yang Tengah Kesusahan

Termasuk suatu kewajiban bagi kita dan hak bagi tetangga yang kesusahan untuk menerima bantuan atau sedekah dari kita. Bila tetangga kita kurang mampu dan dalam kesusahan hendaklah diberi bantuan. Dijelaskan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, yang artinya, “Barang siapa yang menghilangkan kesulitan sesama muslim, maka Allah akan menghilangka darinya satu kesulitan dari berbagai kesulitan dihari kiamat kelak.” (HR. Bukhari)

 

Bagaimana Jika Tetangga Yang Menyakiti Kita?

untuk menyelesaikan masalah ini ialah cara terbaiknya dengan bersabar dan mendoakan orang tersebut agar bertaubat. Karena perbuatan menyakiti tetangga ialah salah satu dosa besar.  Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, yang artinya, “Tidak masuk surga seseorang yang tetangganya tidak merasa aman dari kejahatannya.” (HR. Bukhari : 6016 dan Muslim : 46). Pula dikeluarkan oleh Ahmad (3/156), Al – Hakim (1/11) dan Ibnu Hibbah (510) dengan sanad yang shahih dari Anas radhiyallahu ‘anhu. Dan juga dikeluarkan oleh Al – Bukhari (6016) dari Abi Syuraih Al-Ka’bi.

Bersabar atas gangguan tetangga kepada kita, maka kita menjadi salah satu golongan yang Allah cintai. Dari Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu berkata: Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, yang artinya, “Ada tiga golongan yang dicintai oleh Allah … dan seorang laki-laki yang mempunyai tetangga. Tetangga tesebut menyakitinya. Maka dia sabar atas gangguannya, hingga kematian atau kepergian memisahkan keduanya.” (HR. Ahmad)

Lalu, bagaimana dengan tetangga yang merasa tidak aman dari gangguan tetangga lainnya?

Dijelaskan dari Abu Syuraih radhiyallahu’anhu, bahwa Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, yang artinya, “Demi Allah, seseorang tidak beriman; Demi Allah, seseorang tidak beriman; Demi Allah, seseorang tidak beriman.” Ada yang bertanya. “Siapa itu Ya Rasulullah?”. Jawab Nabi SAW. “Yaitu orang yang tetangganya tidak aman dari gangguannya.” (HR. Bukhari)

Belum ada Komentar untuk Berbuat Baik Kepada Tetangga Dalam Islam

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Berbuat Baik Kepada Tetangga Dalam Islam

shalat yang tidak diterima oleh Allah SWT

Apa Saja Macam Shalat Yang Tidak Diterima Allah ?

T 8 January 2019 F A WP-YNI

Shalat merupakan tiang agama. shalat terdiri dari lima waktu, kedudukan shalat lima waktu ini adalah ibarat tiang utama atau tiang penopang sebuah masjid atau bangunan. Bila tiang ini hancur atau roboh maka robohlah bangunan tersebut. Dari Mu’adz bin Jabal, Nabi... Selengkapnya

malam lailatul qadar

Apa Arti Dari Malam Lailatul Qadar?

T 15 May 2018 F , A WP-YNI

Malam lailatul qadar merupakan malam yang ditunggu umat muslim diseluruh penjuru. Bagaimana tidak, malam ini merupakan malam yang penuh kebaikan melebihi malam-malam lainnya. Yang dimana sering dikatakan bahwa malam lailatul qadar merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan. Maka... Selengkapnya

godaan iblis

Godaan Iblis dari 4 Arah! Bagaimana Menghindarinya?

T 14 February 2018 F A WP-YNI

Iblis ialah salah satu ciptaan Allah SWT,makhluk laknat yang telah diusir dari jannahnya Allah  yang dimana iblis dan para pengikutnya selalu menyesatkan manusia. Kenapa mereka diusir? Karena hanya merekalah yang tak mematuhi perintah Allah SWT untuk bersujud kepada Nabi Adam... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00