Beranda » Agama Islam » Bagaimana Tetap Meraih Pahala Dalam Keadaan Haid Dibulan Ramadhan?

Bagaimana Tetap Meraih Pahala Dalam Keadaan Haid Dibulan Ramadhan?

T Diposting oleh pada 4 June 2018
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 596 kali

Bulan Ramadhan merupakan kesempatan bagi seluruh umat muslim untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya. Bagaimana tidak? Dibulan suci tersebut pahala yang kita dapatkan akan dilipat gandakan oleh Allah SWT. Maka tak heran banyak umat muslim yang berlomba-lomba meraih pahala yang besar agar mereka mendapatkan keberkahan ramadhan yang sempurna.

“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan 10 kebaikan yang semisal hingga 700x lipat. Allah Ta’ala berfirman, “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahg=agiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harim di sisi Allah daripada bau minyak kasturi. (HR. Bukhari : 1904, 5927 dan Muslim : 1151)

Dari hadits diatas telah dijelaskan bahwa Allah SWT akan melipat gandakan pahalanya orang yang berpuasa dan Allah SWT sendiri yang akan membalasnya. Namun, bagaimanakah merapih pahala dibulan Ramadhan bagi perempuan yang sedang haid? Jangan berputus asa ukhti, berikut sedikit ulasannya.

Amalan yang dapat dilakukan wanita ketika dalam keadaan haid dibulan ramadhan

Macam-Macam Amalan Perempuan Ketika Haid Dibulan Ramadhan

Berikut merupakan amalan bagi perempuan yang sedang haid dibulan Ramadhan:

  1. Memperbanyak bersedekah

Ketika perempuan dalam keadaan berhalangan tentu kita sebagai perempuan tidak dapat menjalankan ibadah puasa, sholat dan membaca Al-Qur’an. Namun masih banyak amalan sunah lainnya yang dapat kita lakukan sebagai pengganyi yang wajib. Ialah dengan bersedekah. Bersedekah dapat meringankan beban orang yang yang sedang ditanggungnya yang berarti kita sama-sama merasakan penderitaan orang tersebut.

“Wahai kaum wanita! Bersedekahlah kamu dan perbanyakkanlah istighfar. Karena, aku melihat kaum wanitalah yang paling banyak menjadi penghuni neraka.” (HR. Muslim)

dapat disimpulkan bahwa dibulan Ramadhan inilah waktu yang tepat untuk beramal.

  1. Memperbanyak Istighfar Dan Memohon Ampun Kepada Allah SWT

Berzikir kepada Allah dan berdoa sebanyak-banyaknya merupakan hal yang tidak dilarang oleh Allah SWT bagi perempuan yang sedang berhadas besar. Maka hendaklah bagi perempuan yang sedang berhadas besar dianjurkan untuk berzikir dan berdoa kepada Allah sebanyak dan semampunya.

  1. Menyiapkan hidangan berbuka puasa

Berikut merupakan hal yang dapat dilakukan oleh wanita yang sedang berhadas ialah dengan memberi makan atau menyiapkan hidangan bagi orang yang berpuasa, selain berpahala amalan ini juga sangat dianjurkan karena memiliki pahala yang sama dengan org yang berpuasa.

Dari Zai bin Khalid Al-Juhani berkata: Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang memberi makan orang yang berbuka, dia mendapatkan seperti pahala orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa sedikitpun.” (HR. At-Tirmidzi)

  1. Bersholawat Kepada Baginda Nabi Muhammad SAW

Banyak amalan-amalan sunah yang dapat dilakukan oleh wanita yang tengah berhadas ialah dengan bersholawat kepada Rasulullah SAW.

  1. Menambah Ilmu Pengetahuan

Hal lain yang dapat dilakukan oleh wanita yang tengah berhadas ialah dengan menuntut ilmu sebanyak-banyaknya. Seperti menghadiri majlis-majlis, sharing ilmu agama kepada orang-orang yang berilmu juga.

 

Tetap Eksis Meski Dalam Keadaan Haid Dibulan Ramadhan

Allah SWT tidak memberi suatu masalah, musibah, atau kehendak lainnya yang Allah turunkan untuk hambanya semata-mata agar kita menyadari akan Maha Kuasa Allah atas segalanya. Apapun dapat terjadi didunia ini atas kehendak-Nya. Dan pastinya mengandung hikmah didalamnya. Jangan menyesal bila kita berhadas besar ketika berpuasa Ramadhan, karena menstruasi merupakan tanda-tanda Allah SWT ciptakan seorang wanita.

Meskipun dalam keadaan berhadas besar, agar kita tidak merasa jauh dari Allah SWT tidak membiarkan hambanya melamun sendiri atau tidak melakukan apa-apa. Maka banyak sunah-sunah yang Nabi SAW ajarkan. Sunah-sunah dibulan Ramadhan dapat mendekatkan kita kepada Allah SWT. Selain yang disebutkan diatas juga dapat kita lakukan dengan berbuat baik kepada sesama makhluk Allah. Menolong orang yang kesusahan, bertemu kucing yang kelaparan dan memberinya makan dan lain sebagainya.

Semoga kita dapat menjadi hamba Allah yang pandai bersyukur, semoga kita dapat meraih kebahagiaan dibulan Ramadhan, mendapat keberkahannya dan pahala yang berlipat ganda. Aamiin Ya Robbal Aalamiin.

Salurkan Donasi anda untuk meraih keberkahan dibulan Ramadhan bersama Anak yatim dan Dhuafa di Yayasan Nurul Ihsan.

Rekening a/n Yayasan Nurul Ihsan

Bank BRI unit malaka

0997.01.003230.50.0

Bank mandiri kcp jkt buaran

006-00-0609147-8

Belum ada Komentar untuk Bagaimana Tetap Meraih Pahala Dalam Keadaan Haid Dibulan Ramadhan?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Bagaimana Tetap Meraih Pahala Dalam Keadaan Haid Dibulan Ramadhan?

keistimewaan amalan-amalan dibulan syawal

Keistimewaan Amalan – Amalan Pada Bulan Syawal

T 28 June 2018 F A WP-YNI

Bulan Syawal adalah bulan untuk meningkatkan amal, iman dan kebaikan seorang muslim yang mana di bulan ramadhan telah digembleng untuk melakukan banyak hal-hal baik. Khususnya karena dibulan Ramadhan kebaikan kita akan berlipat ganda. Maka sangat dianjurkan untuk terus melakukan kebaikan... Selengkapnya

adakah amalan amalan dibulan Dzulqodah

Adakah Amalan dibulan Dzul Qo’dah Dalam Islam?

T 4 July 2018 F A WP-YNI

Dari Abu Bakrah ra, Nabi SAW bersabda: “Sesungguhnya zaman berputar sebagaimana ketika Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun ada dua belas bulan. Diantaranya ada empat bulan haram(suci), tiga bulan berurutan: Dzul Qo’dah, Dzulhijjah, dan Muharram, kemudian bulan Rajab suku... Selengkapnya

keutamaan puasa 6 hari dibulan syawal

Keutamaan Puasa Syawal 6 hari setelah Ramadhan

T 25 June 2018 F A WP-YNI

Puasa Ramadhan telah berakhir, namun masih banyak amalan lain yang dilakukan setelah puasa wajib bulan Ramadhan. Ialah dengan puasa syawal selama 6 hari, terhitung dari tanggal 2 bulan syawal hingga 7 syawal. Puasa syawal 6 hari setelah puasa Ramadhan Allah... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00