Beranda » Agama Islam » Apakah Perbedaan Antara Shalat Malam Dan Tahajud?

Apakah Perbedaan Antara Shalat Malam Dan Tahajud?

T Diposting oleh pada 7 September 2018
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 489 kali

Shalat Malam merupakan shalat sunnah yang dilakukan pada waktu malam hari terhitung setelah shalat isya sampai terbit fajar, baik dilakukan setelah tidur ataupun sebelum tidur. Contoh dari shalat malam ialah shalat witir, shalat tarawih, shalat hajat dan shalat sunnah mutlak (shalat yang dilakukan tanpa sebab dan tidak terikat oleh waktu).

Sedangkan Shalat Tahajud ialah shalat yang dilakukan pada waktu yang sama seperti shalat malam namun dilakukan setelah tidur dengan jumlah rakaat yang tidak terbatas pula. Dari Al-Hajjaj bin ‘amr AL-Anshari radhiyallahu’anhu menyatakan bahwa slah seorang dari antara kalian jika bangun tidur lalu melaksanakan shalat malam sampai datang subuh, maka ia telah melakukan shalat tahajud.

Ada 2 pendapat mengenai shalat tajahud ini, yang dimana ada ulama yang beranggapan bahwa shalat tahajud adala shalat malam secara mutlak dan sebagian ulama berpendapat shalat tahajud merupakan shalat malam yang dilakukan setelah bangun tidur.

Dari Imam Al-Qurthubi saat menafsirkan firman Allah Ta’ala,

Imam Al-Qurthubi misalnya ketika menafsirkan firman Allah Ta’ala,

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Artinya: “Dan pada sebagahian malam hari bersembahyangan tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudaham Tuhan-mu mengangkat kamu ketempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra : 79). Dan yang dimaksud tahajud disini ada kaitanyya dengan kata hajada yang artinya tidur malam.

apakah perbedaan shalat malam dan tahajud

Keutamaan Melaksanakan Shalat Malam Maupun Tahajud

Dan berikut beberapa manfaat yang kita rasakan maupun tidak kita rasakan bila melaksanakan shalat sunnah malam secara kontinyu,

  1. Tanda Taqwa Seorang Hamba kepada Tuhan.

Diriwayatkan dari Abu Huraira r.a bahwa Rasulullah SAW bersabda, yang artinya, “Setan mengikat pada ujung kepala salah seorang diantara kalian jika tidur dengan tiga ikatan. Masing-masing ikatan mengatakan. ‘Engkau masih memiliki malam yang panjang, maka tidurlah!’ Jika ia bangun lantas menyebut nama Allah, maka terlepaslah satu ikatan. Jika dia berwudhu, maka lepaslah ikatan berikutnya. Dan jika ia mengerjakan shalat, maka terlepaslah satu ikatan lagi, sehingga keesokan harinya ia menjadi giat, demikian juga jiwanya akan menjadi baik. Jika tidak demikian, maka keesokan harinya ia akan menjadi kotor jiwanya lagi pemalas.” (HR. Muslim : 1163)

  1. Salah Satu Waktu Dikabulkannya Doa-Doa

Waktu sepertiga malam, merupakan waktu yang sangat afdhol dalam bermunajat kepada Allah SWT. Karena diwaktu ini para malaikat turun untuk  melihat siapa saja yang berdoa kepada Allah yang rela melepas jam tidurnya untuk bangun dimalam hari sedang yang lain pulas dengan tidurnya, maka malaikat yang melihat ini akan menyampaikan doa kita kepada Allah.

Diriwayatkan oleh Jabir radhiyallahu’anhu, ia berkata bahwa, Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, yang artinya, “Sesungguhnya diwaktu malam itu, terdapat suatu waktu yang jika saja bertepatan dengnan waktu itu seorang hamba muslim memohon kebaikan kepada Allah berkenaan denagn urusan dunia dan akhirat,  sudah pasti Allah akan memberikan kepadanya. Waktu itu terdapat pad setiap malam.” (HR. Muslim)

  1. Membuat diri terlihat lebih tampan dan cantik

Nabi Shallallahu’alaihi wassalam menjelaskan dalam sebuah hadits yang artinynya, “Bahwa orang yang melaksanaan shalat tahajud akan wajahnya terllihat tampan atau cantik disiang harinya.” (HR. Ibnu Majah) lalau Syuraik berkata, “Barang siapa yang banyak shalatnya dimalam hari, maka wajahnya akan tampak indah di siang hari.” (Lihat di al-kaamil karya Ibnu ‘Adi II/526)

  1. Jalan memperoleh Rahmat Allah SWT

Dalam Al-Qur’an dijelaskan ,

أَمَّنْ هُوَ قَانِتٌ آنَاءَ اللَّيْلِ سَاجِدًا وَقَائِمًا يَحْذَرُ الْآخِرَةَ وَيَرْجُو رَحْمَةَ رَبِّهِ ۗ قُلْ هَلْ يَسْتَوِي الَّذِينَ يَعْلَمُونَ وَالَّذِينَ لَا يَعْلَمُونَ ۗ إِنَّمَا يَتَذَكَّرُ أُولُو الْأَلْبَابِ

Artinya: “ (Apakah kamu hai orang musyrik yang lebih beruntung) ataukah orang yang beribadah di waktu-waktu malam dengan sujud dan berdiri, sedang ia takut kepada (azab) akhirat dan mengharapkan rahmat Tuhannya? Katakanlah : “Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?” Sesunguhnya orang yang  berkallah yang dapat menerima pelajaran.” (QS. Azzumar :9 )

 

Hikmah Melaksanakan Shalat Sunnah Untuk Dunia Dan Akhirat

Diriwayatkan oleh Aisyah radhiyallahu’anha, ia berkata, yang artinya, “ Nabi Shallallahu’alaihi wassalam mengerjakan shalat malam hingga bengkak kedua telapak kaki beliau, lalu aku katakana kepada beliau , ‘Mengapa engkau melakukan seperti ini ya Rasululullah, padahal dosamu yang lalu maupun yang akan datang telah diampuni oleh Allah?’ Beliau menjawab, ‘ Apakah aku tidak boleh menjadi hamba Allah yang bersyukur?” (HR. Bukhari dan Muslim)

Nabi Shallallahu’alaihi wassalam sudah dijanjikan oleh Allah surga baginya, namun beliau tetap beribadah bahkan shalat malam hingga kakinya membengkak, terkadang kita merasa ragu dan malas melaksanakan shalat sunnah ini. Kenapa kita tidak mengikuti segala apa yang Nabi kerjakan? segala apa yang Beliau lakukan merupakan panutan bagi umatnya.

Dan bagi kita, shalat malam ialah shalat yang dilakukan bila kita memiiki hajat atau doa. Namun, bagi Seorang hamba Allah yang terbiasa melakukan shalat sunnah malam karena Allah maupun tahajud dapat mengontrol emosi serta memiliki ketenangan dalam hati dan fikirannya. Ada banyak lagi keutamaan dari shalat malam dan tahajud selain diatas, yakni daimpuni dosanya oleh Allah, mendapat tempat yang tinggi di sisi Allah SWT, mendekatkan diri kita pada Allah SWT, akan dicintai oleh seluruh orang shaleh dan makhluknya.

Belum ada Komentar untuk Apakah Perbedaan Antara Shalat Malam Dan Tahajud?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Apakah Perbedaan Antara Shalat Malam Dan Tahajud?

Anak Yatim

Pengertian Dan 8 Keutamaan Memuliakan Anak Yatim

T 19 February 2018 F A WP-YNI

Agama Islam adalah agama yang mengajarkan kedamaian. Dalam agama islam kita selalu diajarkan untuk saling menyayangi dan menolong kepada sesama, terutama pada anak yatim. Allah SWT menciptakan manusia sebagai makhluk sosial,ialah makhluk yang saling membutuhkan satu sama lain. Karena kita... Selengkapnya

Zakat

Zakat Salah Satu Solusi Pemberantas Kemiskinan

T 5 April 2018 F , A WP-YNI

Zakat merupakan harta yang wajib kita keluarkan dan memenuhi syarat berdasarkan ketentuan syariat islam. Zakat juga harus disalurkan kepada yang telah ditetapkan. Yaitu ada 8 (delapan) golongan sebagaimana yang telah dijelaskan dalam Al-Quran surat At-Taubah ayat 60 yang artinya :... Selengkapnya

yayasan anak yatim di jakarta timur

Apakah Penyakit Hati Bisa Disembuhkan ?

T 24 February 2017 F A Admin Web YNI

Hati adalah salah satu organ tubuh manusia, dalam islam sendiri hati adalah penentu sifat seseorang. Baik buruknya seseorang berasal dari dalam hatinya. Dalam bahasa Arab, hati disebut dengan Qalbu. Kita sering mendengar betapa pentingnya organ hati tempat lahirnya perasaan tersebut.... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00