SEKILAS INFO
  • 3 bulan yang lalu / Niatkan Qurban Anda tahun ini, InsyaAllah terkabul segenap doa
WAKTU :

Apa Saja Tips Agar Jadi Muslim Yang Baik?

Terbit 28 October 2020 | Oleh : Admin Web YNI-1 | Kategori : Agama Islam
Apa Saja Tips Agar Jadi Muslim Yang Baik?

Apa Saja Tips Agar Jadi Muslim Yang Baik-Panti Yatim Di Jakarta Timur

Nabi Muhammad Shallahu’alaihi wa sallam diturunkan untuk menunjukkan arah yang benar kepada umat manusia. Yakni dengan turunnya agama Islam, satu-satunya agama yang Allah Ridhoi dari sekian banyak agama yang ada dimuka bumi. Islam ialah agama yang lembut, sopan namun sekaligus tegas. Didalamnya di ajarkan kebaikan, aturan-aturan bersikap, beradab, cara berjualan yang baik dan benar, cara memperlakukan orang tua dan sesame saudara, hukum-hukum negara dan lain sebagainya.

Tapi, sudahkah kita menjadi muslim yang baik? Sesuai ajaran Qur’an dan Sunnah-sunnah Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam? Bila kita salami lebih dalam sebenarnya itu sangat banyak. Walaupun kita belum bisa melakukan semuanya atau mungkin tidak tahu[?] mari kita pelajari sedikit demi sedikit untuk perubahan yang lebih baik dalam hidup.

Lalu apa saja sih tips-tips agar kita menjadi muslim yang baik? Pertama mari kita perkuat iman dan teguhnya apa yang harusnya sudah kita Imani. Karena banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menjadi muslim yang baik. Mari kita lihat di bawah ini.

 

5 Tips Agar Menjadi Muslim Yang Baik

Beriku tips-tips yang dapat kita pelajari agar menjadi muslim yang baik:

  1. Menghargai Sesama Muslim

Kunci memperlakukan seorang muslim dengan sikap menghargai ialah dengan memperlakukan mereka sebagaimana kita ingin diperlakukan oleh orang lain. Bila kita ingin di hargai, maka kita harus menghargai mereka terlebih dahulu. Maka orang tesebut akan berbalik memperlakukan hal yang sama.

  1. Saling Menerima Pendapat

Perbedaan pendapat pasti ditemui ditengah pembicaraan atau meeting tertentu. Kita sebagai muslim yang baik haruslah menerima pendapat orang tesebut selama sesuai dengan aturan ajaran islam.

  1. Berperan Sebagai Orang Penengah (Tidak Ikut Dalam Perkelahian/Perdebatan)

Ketika posisi kita berada di antara kubu perdebatan, memang tidaklah mudah menjadi penengah. Banyak yang beranggapan bahwa kita sebagai pembela suatu pihak. Namun, ini sebaiknya di lakukan untuk mencegah suatu perkara yang tidak disukai Allah SWT. Dengan saling mengingatkan bahwa segala sesuatu dapat kita lakukan tanpa harus melakukan kekerasan verbal ataupun nonverbal.

  1. Menuntut Ilmu Untuk Memperdalam Pengetahuan Tentang Agama Islam

Berikutnya bila ingin menjadi muslim yang baik hendaklah menuntut ilmu agama islam sebagai landasan dalam hidup. Masih banyak yang harus kita selami mengenai islam karena banyak yang belum kita ketahui. Dan belajarlah lewat guru yang mana guru tersebut sudah di pastikan benar dan mengajar berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits-hadist yang Shahih.

  1. Belajar Dan Memahami Al-Qur’an

Ini lah yang terakhir, tips menjadi muslim yang baik tidak hanya melalui perbuatan baik untuk orang banyak tapi kita juga harus menunjukkan sebagai muslim yang baik dimata Allah dengan mempelajari Al-Qur’an. Al-qur’an ialah pedoman dan pandangan hidup. Menuntun manusia selama hidup dengan ajaran-ajaran dan kaidah yang diberikan. Ketika kita mempelajari Al-qur’an maka Allah akan membuka mata dan hati kita agar bagaiman menjadi muslim yang baik. Aamiin

 

HIKMAH MENJADI SEORANG MUSLIM YANG BAIK

Menjadi muslim yang baik merupakan suatu pilihan. Tapi, apakah tetap kita tidak mengambil  langkahnya? Apakah akan terus seperti ini saja?. Tidak salah menjadi muslim yang baik karena kita sendiri yang akan memetik buahnya atas apa yang telah kita lakukan. Jika kita mau menjadi muslim yang baik maka Allah akan menuntun kita kejalan yang baik dan juga di pertemukan dengan orang-orang baik.

Memang banyak godaan yang akan kita temui, maka perkuat iman kita dan konsistensi terhadap apa yang diniatkan. Lalu, tancapkan dalam pikiran kita bahwa “Saya akan berusaha menjadi Muslim yang baik, Ya Allah mudahkanlah segala jalanku”. Selain niat, kita juga harus libatkan Allah dalam setiap tindakan kita.

Karena menjadi muslim yang baik akan menghantarkan kita kepada kemudahan segala urusan, keikhlasan dalam hati, hilangnya kekhawatiran, dan badan yang sehat. Bila pikiran dan hati baik maka badan pun akan turut baik. Semangat menjadi muslim yang baik!

Insya Allah

 

 

 

SebelumnyaProgram Gerakan Seribu Koin Untuk Anak Yatim dan Dhuafa SesudahnyaMeneladani Rasulullah Dengan Mengerjakan Amalan Sunnah

Berita Lainnya

0 Komentar
Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00