Beranda » Info Kesehatan » Apa Itu Habbatussauda? Dan Apa Manfaatnya?

Apa Itu Habbatussauda? Dan Apa Manfaatnya?

T Diposting oleh pada 27 August 2018
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 231 kali

Habbatussauda’ atau yang dikenal dengan Jintan Hitam merupakan salah satu tumbuhan obat yang sudah ada sejak zaman Nabi Shallallahu’alaihi Wassalam. Habbatussauda’ dikenal sebagai obat segala penyakit yang berdasarkan dari Rasulullah SAW, dalam sabdanya, yang artinya, “Gunakanlah (konsumsilah) Habbatussauda’, karena didalamnya terdapat obat untuk segala macam penyakit kecuali kematian. (HR. Bukhari dan Muslim)

Habbatussauda’ sangat baik untuk kesehatan seperti yang dinyatakan diatas bahwa habbatussauda’ sebagai obat segala macam penyakit namun makna nya berselisih pendapat oleh para ulama. Makna dari kata ‘kullu’ yang artinya ‘semua’. Tidak semua penyakit dapat disembuhkan oleh Habbatussauda’ dan kita juga harus berhati-hati dalam mengkonsumsi habbatussauda sebagai obat.

Dari Al-Khattabi berkata, yang artinya “Hadits ini adalah lafadz umum tapi maksudnya khusus(tidak menyembuhkan semuanya) maksud dari menyembuhkan semua penyakit ialah penyakit basah atau dingin dan sejenis dahak karena Habbatussauda’ itu jenis yang panas dan kering. “ (‘Umdatul Qari’ 31/301). Maka tidak mutlak semua penyakit dapat disembuhkan oleh Habbatussauda’ kecuali dapat dicampur dengan bahan-bahan lain.

 

Manfaat-Manfaat Yang Terkandung Dalam Habbatussauda

Dizaman yang sudah modern ini banyak orang yang tidak mengetahui apa itu Habbatussauda’ dan apa manfaat yang didapat bila dikonsumsi. Dan hasil riset para ilmiah menyatakan bahwa khasiat Habbatussauda’ ialah sebagai Anti-Microba yang dimana mampu meningkatkan sel-sel pertahanan dalam tubuh. Sehingga ketika ada infeksi atau mikroba yang masuk kedalam tubuh maka kita tidak perlu mengkonsumsi obatan kimiawi.

Dan berikut khasiat Habbatussauda’ yang terkandung didalamnya berdasarkan riset para ilmiah:

  1. Meningkatkan Memory Atau Daya Ingat

Selain berkhasiat sebagai Anti-Microba atau pencegah sakit dari masuknya infeksi atau virus-virus yang masuk dalam tubuh yang dimana obat ini bertugas meningkatkan daya tahan tubuh pula dapat meningkatkan daya ingat seseorang yang mengkonsumsi Habbats ini sebagai terapi anak masa kecil dan juga untuk para ornag tua atau lansia. Yang dimana daya ingat sangat bergantung diusia-usianya.

Karena kandungan omega 6 dan omega 3 sebagai nutrisi untuk otak yang dapat meningkatkan daya ingat dan kecerdasan anak.

  1. Menetralkan Racun Dalam Tubuh

Habbatussauda’ mengandung saponin yang dimana zat ini berfungsi menetralkan atau membersihkan racun yang masuk dalam tubuh. Yang dimana efek racun sangat berbahaya bagi tubuh yang dapat menurunkan fungsi organ penting dalam tubuh yakni otak, hati dan paru-paru. Dengan gejala yang dirasakan seperti pusing, mual, diare gangguan pernafasan dan menghilangnya daya konsentrasi otak.

  1. Sebagai Antioksidan

Di Maroko melakukan penelitian terhadap minyak habbatussauda’ yang telah diekstrak bahwa terbukti menurunkan lemak trigliserida sebanyak 22%, koleterol 15% juga meningkatkan hemogoblin sebanyak 17,5%.

Apa Itu Habbatussauda Dan Apa Manfaatnya

  1. Sebagai Pengobatan Asma

Para peneliti dari King Saud University, Riyadh, telah melakukan penelitian tentang kandungan habbatussauda’ zat aktif yang didalamnya yakni Thymoquinone terhadap trachea guinea pig (babi hutan). Dan hasil penelitian menunjukkan bahwa zat aktif yang terdapat dalam habbatussauda’ yakni Thymoquinone mampu melonggarkan otot trachea (melonggarkan trachea dan bronkus) yang membantu pengobatan asma bronkial.

  1. Sebagai Obat Penderita HIV

HIV atau yang dikenal dengan nama lain yakni AIDS, penyakit yang menyerang kekebalan tubuh oleh virus AIDS berdasarkan hasil penelitian dari Akrom M.Kes, dosen Fak.Farmasi UAD Yogyakarta. Efek dari EHBJH dapat meningkatkan limfosit CD4, CD8, kadar IFNgamma, dan hematoprotektor. Dengan keberhasilan dari zat Habbatussauda’ dapat meningkatkan jumlah sel CD4 dan CD8 serta pada sel CD4CD25 Treg mamberikan harapan pada pasien penderita HIV-AIDS yang sedang menjalani terapi antiretroviral (ARV) sebagai terapi ajuvan (perawatan primer untuk menurunkan resiko virus/kanker akan datang kembali).

  1. Sebagai Anti-Tumor

Habbatussauda’ yang telah diekstrak menjadi minyak diperkenalkan oleh ilmuwan kaker Immunobiologi Laboratory dari South-California, pada kongres kanker international di New Delhi, bahwa habbatussauda’ dapat merangsang sum-sum tulang dan sel-sel kekebalan tubuh, inferonnya menghasilkan sel-sel normal terhadap virus yang merusak sekaligus menghncurkan tumor dan meningkatkan AntiBody.

  1. Memperlancar Saluran Pencernaan Dan Anti Bakteri

Minyak atsiri dan volatile yang terkandung dalam Habbatussauda’ berkhasiat memperbaiki pencernaan. Yang dimana minyak atsiri juga sebagai obat diare. Tahun 1992, dari jurnal Farmsi Pakistan menunjukkan hasil penelitian yang membuktikkan bahwa minyak volatile lebih ambuh untuk membunuh strainbakteri V Colera dan E-Coli dibandingkan dengan antibiotic seperti Ampicillin dan Tetracillin.

Dan M. El-Dakhakhny dari Iskandariyah Egypt University, melakukan penelitian dengan ekstak minyak habbatussauda’ berpengaruh melindungi selaput lambung dari luka yang disebabkan oleh alcohol yang diuji coba pada tikus.

 

Berdasarkan rincian diata, masih banyak lagi khasiat dari habbatussauda’ dan konsumsilah sesuai dengan dosisnya.

Pencarian dari Google :

Belum ada Komentar untuk Apa Itu Habbatussauda? Dan Apa Manfaatnya?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Apa Itu Habbatussauda? Dan Apa Manfaatnya?

manfaat minum air putih

Air Sebagai Sumber Kehidupan Makhluk Hidup

T 13 April 2018 F A WP-YNI

Air merupakan salah satu sumber kehidupan makhluk hidup. Yaitu manusia, hewan-hewan dan tumbuh-tumbuhan. Karena lebih dari 90% tubuh kita berisi cairan. Maka tak elak bila kita mampu menahan lapar namun tidak dengan menahan haus. Selain untuk konsumsi tubuh, air juga... Selengkapnya

herbal kesehatan

10 Manfaat Virgin Coconut Oil Bagi Kesehatan

T 14 February 2017 F A Admin Web YNI

Virgin coconut oil memiliki perbedaan penting dari minyak kelapa biasa. Perbedaan ini utamanya terdapat pada sumber (secara spesifik, bentuk dari sumbernya), metode ekstraksi, dan keuntungan lebih lanjut. Perbedaan utama dengan minyak kelapa biasa dan virgin coconut oil terdapat pada proses... Selengkapnya

pola hidup sehat, gaya hidup sehat, hidup sehat ala rasulullah, sehat, sakit, mati

Larangan Pengobatan Selain Dengan Syariat Islam

T 27 April 2018 F , A WP-YNI

Menurut ilmu medis, sakit merupakan kondisi dimana tubuh mengalami penurunan daya tahan tubuh atau yang disebut imunitas. Bagi yang sedang sakit disarankan untuk memenuhi makanan yang sehat. Selain itu mereka juga dianjurkan untuk minum obat yang telah diberikan oleh dokter.... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00