Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Beranda » Agama Islam » Anjuran Puasa Sunnah Hari Senin Dan Kamis

Anjuran Puasa Sunnah Hari Senin Dan Kamis

T Diposting oleh pada 7 February 2019
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 629 kali

Puasa merupakan salah satu amalan yang penting. Salah satu pengaruh yang dapat dirasakan ialah dapat terbebas dari jerat godaan setan dan berbagai syahwat dunia. Yang wajib pasti beriringan dengan yang sunnah. Begitu pula dengan puasa. Puasa wajib yang selalu kita laksanakan pada bulan Ramadhan tidak boleh kita tinggalkan.

Namun, bukan berarti yang sunnah dapat kita tinggalkan. Amalan sunnah dapat menyempurnakan dari kekurangan yang wajib seperti Puasa dan Shalat. Maka dari itu kita jangan meremehkan hal-hal yang sunnah. Kekurangan pada yang wajib pasti ada maka dari itu laksanakan yang sunnah untuk menyempurnakan yang wajib tersebut.

Dilaksanakannya puasa pada hari senin, dari Abu Qotadah Al Anshori radhiyallahu’anhu, Rasululah Shallallahu’alaihi wa sallam ditanya mengenai puasa pada hari senin, lantas beliau menjawab,

ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَىَّ فِيهِ

Artinya: “hari tersebut adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu untukku .”

Lalu dari hadits lain yang menganjurkan puasa senin kamis yakni, Dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda,

تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

Artinya: “Berbagai macam amalan yang dihadapkan pada Allah pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang dalam berpuasa.” (HR. Tirmidzi no. 747. At Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan ghorib. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih lighoirihi (shahih dilihat dari jalur lainnya)Lihat Shahih At Targhib wa At Tarhib no. 1041.
anjuran puasa senin kamis

Keutamaan Orang Yang Melaksanakan Puasa

Dari Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda,

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِى لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ. وَلَخُلُوفُ فِيهِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ

Artinya: “Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebikan yang semisal hingga 700 kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya),  ‘Kecuali  amalan puasa, Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sesungguhnya bau mulut orang yang tengah berpuasa lebih harum disisi Allah dari pada bau minyak kasturi’.” )HR. Muslim No.  1151)

Lalu dijelaskan dalam riwayat lainnya yakni,

قَالَ اللَّهُ كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ لَهُ إِلاَّ الصِّيَامَ ، فَإِنَّهُ لِى

Artinya: “Allah Ta’ala berfirman yang artinya, ‘Setiap malam manusia adalah untuknya kecuali puasa. Amalan puasa adalah untukKu’.” (HR. Bukhari no. 1904)

Lalu diriwayat lainnya dijelaskan,

قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ كُلُّ الْعَمَلِ كَفَّارَةٌ إِلاَّ الصَّوْمَ وَالصَّوْمُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ

Artinya: “Allah azza wa jalla berfirman yang artinya, ‘Setiap amalan adalah sebagai tebusan kecuali amalan puasa. Amalan puasa adalah untukKu. Aku sendiri yang akan membalasnya’.” (HR. Ahmad. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih sesuai syarat Muslim)

Pahala Yang Didapat Dari Puasa

Pahala puasa baik yang wajib dan sunnah mendapatkan pahalanya masing-masing. Namun puasa tetap memiliki keistimewaan baik yang sunnah maupun yang wajib, dan berikut ganjaran berpuasa yang telah mana disebutkan dalam hadits-hadits:

  • Pahala yang tak terhingga bagi ornag yang melaksanakan puasa.
  • Sebab berpuasa, seseorang dapat masuk surga.
  • Dua kebahagiaan yang di dapat dari berpuasa yakni, kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya.
  • Amalan puasa khusus untuk Allah subhanahuwata’ala.
  • Bau mulut orangnya yang berpuasa disisi Allah lebih harum dari pada bau minyak kasturi.

Hendaknya lakukan puasa dengan hati ikhlas, hingga puasa kita diterima Allah dengan sebaik-baiknya. Pahala yang didapat berkah dan menjadikan kita hamba Allah yang selalu memperbaiki diri.

Belum ada Komentar untuk Anjuran Puasa Sunnah Hari Senin Dan Kamis

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Anjuran Puasa Sunnah Hari Senin Dan Kamis

Marilah Kita Menyambut Ramadhan Dengan Suka Cita

Marilah Kita Menyambut Ramadhan Dengan Suka Cita

T 22 April 2019 F A WP-YNI

Insya Allah, tinggal menghitung hari lagi kita akan memasuki bulan yang penuh dengan kemuliaan bulannya manusia berbondong-bondong untuk meraup pahala yang melimpah, ialah bulan puasa Ramadhan Dan bagusnya, semua orang sudah tidak sabar menanti datangnya bulan ramadhan. Semua orang bersuka... Selengkapnya

Benarkah Tidak Boleh Puasa Setelah Dipertengahan Sya’ban(BAG.2)

Benarkah Tidak Boleh Puasa Setelah Dipertengahan Sya’ban? (BAG. 2)

T 5 April 2019 F , A WP-YNI

Berpuasa Satu Atau Dua Hari Sebelum Ramadhan Dari Abu Hurairah ra, Nabi shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, لاَ تَقَدَّمُوا رَمَضَانَ بِصَوْمِ يَوْمٍ وَلاَ يَوْمَيْنِ إِلاَّ رَجُلٌ كَانَ يَصُومُ صَوْمًا فَلْيَصُمْهُ Artinya: “Janganlah mendahulukan Ramadhan dengan sehari atau dua hari berpuasa kecuali... Selengkapnya

Keutamaan-keutamaan Dibulan Rajab

Keutamaaan-Keutamaan Di Bulan Rajab

T 11 March 2019 F A WP-YNI

Bulan Rajab merupakan salah satu bulan mulia didalam calendar hijriyah, yang dimana didalamnya terdapat keutamaan-keutamaan. Bulan Rajab masuk kedalam salah satu Bulan Haram (suci), bulan Haram ialah bulan yang didalamnya dilarang keras untuk berbuat maksiat. إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00