Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Beranda » Pendidikan » Anjuran Menuntut Ilmu Di Bulan Ramadhan

Anjuran Menuntut Ilmu Di Bulan Ramadhan

T Diposting oleh pada 8 May 2019
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 511 kali

Setiap muslim pasti menantikan datangnya Ramadhan, ketika Ramadhan datang banyak hal baik yang dapat dilakukan dan salah satunya ialah dengan menuntut ilmu. menuntut ilmu merupakan kegiatan memperbanyak pengetahuan untuk bekal diri sendiri. Orang yang banyak tau akan lebih ingin memperoleh ilmu sebanyak-banyak. Orang yang haus ilmu akan Allah berikan derajat tinggi disisi-Nya.

Menuntut ilmu dibulan puasa menjadi sebuah anjuran bagi kaum muslim, karena Allah subhanahuwata ‘ala akan melipat gandakan pahalanya orang yang menuntut ilmu. Allah subhanahuwata ‘ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ.

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberikan ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al – Mujadilah : 11)

Keutamaan Menuntut Ilmu Di Bulan Ramadhan

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu’anhuma, ia berkata yang artinya,

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang-orang yang paling dermawan. Dan beliau lebih dermawan lagi dibulan Ramadhan saat beliau bertemu Jibril. Jibril menemuinya setiap malam untuk mengajarkan Al-Qur’an. Dan kedermawanan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melebihi angina yang berhembus.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Keutamaan menuntut ilmu memang banyak namun tidak lupa juga untuk belajar adab, karena orang yang berilmu bukanlah apa-apa bila tidak memiliki adab. Orang yang berilmu tapi beradab memiliki keistimewaan dan keberkahan akan ilmu yang dimilikinya.

Dan berikut keutamaan-keutamaan bagi yang menuntut ilmu dibulan Ramadhan.

  1. Mendapatkan Pahala Seperti Ibadah Setahun Penuh

Dalam kitab Durrotun Nasihin, Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anh, Rasulullah shallalllahu ‘alaihi wa sallam bersabda, yang artinya, “Barang siapa hadir di majelis ilmu pada bulan Ramadhan maka Allah menulis bagi orang tersebut tiap-tiap jangkahan kakinya sebagai ibadah satu tahun.”

  • Mendapat Kemuliaan Didunia Dan Akhirat

Ibnul Qayyim berkata, yang artinya,

“Seandainya keutamaan ilmu hanyalah kedekatan pada Robbul ‘alamin , dikaitkan dengan para malaikat, berteman dengan penduduk langit, maka itu sudah mencukupi untuk menerangkan akan keutamaan ilmu. Apalagi kemuliaan dunia dan akhirat senantiasa meliputi orang yang berilmu dan dengan ilmulah syarat unutk mencapainya.” (Mitah Daaris Sa’adah, 1:104)

  • Memperoleh Pahala Yang Berlipat Ganda

Rasulullah shallallahu ‘alahi wa sallam bersabda, yang artinya,

“Maka berhati-hatilah kalian pada bulan Ramadhan, sesungguhnya kebaikan-kebaikan di bulan Ramadhan itu dilipat gandakan pada apa-apa yang tidak dilipat gandakan dalam selain bulan ramadhan, demikian pula kejelekan-kejelakan (juga dilipat gandakan)” (HR. Thabrani )

  • Salah Satu Amalan Yang Utama

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, yang artinya, “Menghadiri majelis ilmu lebih utama dari pada shalat seribu rakaat, menjenguk seribu orang sakit, dan mengiring seribu jenazah.” (Imam Al-Ghazali).

  • Seperti Pahala Orang  Berhaji

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, yang artinya,

“barang siapa yang pergi ke masjid, tidaklah diinginkannya untuk pergi kemasjid kecuali untuk mempelajari kebaikan atau untuk mengajarkan kebaikan. Maka baginya pahala seperti orang yang melakukan haji dengan sempurna.” (Dikatakan syaikh Al-Albani dalam shahih at-targhib, “Hasan shahiih”.

  • Menjadi Amal Jariyah

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anh, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا مَاتَ الإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلاَّ مِنْ ثَلاَثَةٍ إِلاَّ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya: “Jika seroang manusia mati maka terputuslah darinya amalnya kecuali dari tiga hal: dari sedekah jariyah atau ilmu yangbermanfaat atau anak shalih yang mendoakannya.” (HR. Muslim no. 1631).

  • Menjadi Manusia Yang Takut Dan Patuh Pada Allah

Dari Ibnu Katsit rahimahullah, beliau berkata yang artinya, “

Sesungguhnya yang paling takut pada Allah dengan takut yang sebenarnya adalah para ulama. Karena semakin seseorang mengenal Allah Yang Maha Agung, Maha Mampu, Maha Mengetahui dan Dia disifati dengan sifat dan nama yang sempurna dan baik, lalu ia mengenal Allah lebih sempurna, maka ia akan lebih memiliki sifat takut dan akan terus bertambah sifat takutnya.” (Tafsir AL-Qur’an Al ‘Azhim. 6:308)

Hikmah Menuntut Ilmu Dibulan Ramadhan

Kegiatan menuntut ilmu atau belajar ilmu agama termasuk kedalam salah atu cara memuliakan bulan suci Ramadhan. Selain dapat melakukan hal baik dengan membaca Al-Qur’an, mengerjakan shalat Sunnah, I’tikaf dimasjid, bersedekah dan salah satunya juga dengan menuntut ilmu. Jika menuntut ilmu pada waktu biasa saja sudah medatangkan keutamaan yang luar biasa, apalagi kita melakukannya dibulan Ramadhan?

Karena amalan apapun yang kita lakukan baik atau buruk, Allah subhanahuwata ‘ala melipat gandakannya. Maka perbanyaklah amalan-amalan baik yang dapat menghatarkan kita menuju puasa yang berkah dan penuh pahala kebaikan didalamnya. Menuntut ilmu dalam keadaan sempit dan lapang, dalam keadaan susah maupun senang.

Dan semoga dengan berbekal ilmu yang kita dapatkan selama dibulan Ramadhan mampu menghantarkan kita menjadi manusia yakni khalifah Allah yang dapat mengubah segala yang buruk menjadi baik, yang salah menjadi benar dan yang berbelok menjadi lurus. Semoga Allah mengizinkan dan menerima segala amalan-amalan kita.

Wallallahu ‘alam.

Belum ada Komentar untuk Anjuran Menuntut Ilmu Di Bulan Ramadhan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Anjuran Menuntut Ilmu Di Bulan Ramadhan

menyambung tali silaturahim di bulan Ramadhan

Ramadhan Indah, Mengikat Ukhuwah Kepada Sesama Umat

T 18 May 2018 F , A WP-YNI

Ramadhan ialah bulan suci nan mulia, menjadi tamu agung untuk mereka yang mengharapkan ampunan Allah SWT dan merindukannya jannahNya. Bulan Ramadhan pula menjadi bulan pengikat ukhuwah kepada sesama umat. Mengikat tali silaturahim yang mana akan memperpanjang umur dan memperlancar rezeki... Selengkapnya

Keutamaan Membaca Al-Qur’an Di Bulan Ramadhan

Keutamaan Membaca Al-Qur’an Di Bulan Ramadhan

T 3 May 2019 F , A WP-YNI

Al-Qur’an merupakan kitab pedoman dan petunjuk yang Allah subhanahuwata ‘ala turunkan kebumi untuk orang-orang yang berfikir. Al-Qur’an hendaklah dibaca, dihafal dan diamalkan agar tidak menjadi sia-sia. Allah subhanahuwata ‘ala berfirman : إِنَّ هَٰذَا الْقُرْآنَ يَهْدِي لِلَّتِي هِيَ أَقْوَمُ وَيُبَشِّرُ الْمُؤْمِنِينَ... Selengkapnya

yayasan anak yatim di jakarta timur

Pentingnya Pendidikan Dalam Keluarga

T 21 February 2017 F A Admin Web YNI

Pendidikan keluarga adalah pendidikan yang berlangsung dalam suatu kelurga yang dilaksanakan  oleh orang tua sebagai tugas dan tanggung jawabnya dalam mendidik anak dan keluarga. Pendidikan Keluarga adalah usaha sadar yang dilakukan orang tua, karena mereka pada umumnya merasa terpanggil secara... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00