Beranda » Info Kesehatan » Alasan Di Larangnya Memakan Makanan Haram

Alasan Di Larangnya Memakan Makanan Haram

T Diposting oleh pada 30 January 2020
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 390 kali

Allah subhanahu wa ta’ala menciptakan makanan yang halal agar di konsumsi oleh manusia. Makanan halal sudah terjamin kebaikan dan manfaat bagi tubuh. Kelayakan makanan bukan hanya enak tapi juga harus bersih dan kandungan bahan makanannya harus bermanfaat, bebas dari penyakit dan di peroleh dengan cara yang benar. Membayangkan makanan yang tak “layak” di makan pasti berdampak buruk bagi yang mengonsumsinya baik dari segi kesehatan bahkan ke psikologis.

Maka dari itu kaum muslimin hanya di wajibkan memakan makanan halal, yang berdampak dengan rasa cukup saat di makan, menyehatkan badan, serta pembawaan tubuh yang menjadi baik untuk hati maupun jiwanya sendiri. Pernahkah kita berfikir, setelah kita memakan makanan dari hasil yang tidak baik atau haram maka timbul perasaan resah serta kurang hingga sampai kepada memburuknya kesehatan tubuh akibat kelebihan dalam makan.

seperti yang terjadi sekarang ini, dimana virus baru yang bernama Virus Corona yang dimana dalam kurun waktu kurang dari sebulan kasusnya sudah mencapai 7 ribu kasus lebih di seluruh dunia dan sekitar 170 orang telah meninggal dunia. Di ketahui penyebaran virus ini salah satu dari akibat memakan makanan yang tidak boleh di konsumsi. seperti tikus, kelelawar, bayi kodok dan lain sebagainya yang dalam keadaan hidup

Bukan hanya itu, akibat lainnya ialah menyebabkan rusaknya akhlak dan tidak memiliki rasa welas asih. Inilah salah satu orang yang tidak mau membantu kepada sesamanya yang sedang kesusahan akibat dari mengerasnya hati. Selainnya adalah segala amal perbuatan kita tidak di terima oleh Allah SWT. Dari Ibnu Abbas, berkata Sa’ad bin Abi Waqash kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, “ Ya Rasulullah, doakanlah aku agar menjadi orang yang di kabulkan doa-doanya oleh Allah”. Apa jawaban rasulullah, “Wahai Sa’ad perbaikilah makananmu (makan makanan halal) niscaya kau akan menjadi orang yang selalu di kabulkan doanya. Dan demi jiwaku yang ada di tangan-Nya sungguh jika ada seseorang yang memasukkan makanan haram ke dalam perutnya, maka tidak akan di terima amalnya selama 40 hari dan seorang hamba yang tumbuh dari hasil menipu dan riba, maka neraka lebih layak untuknya.” (HR. ath-Thabhrani).

Dampak Dari Makan Makanan Haram

Dampak dari makanan haram sedikitnya telah di jelaskan di atas. Salah satunya ialah akibat dari makan daging babi. Daging babi maupun daging lainnya yang di haramkan pasti mengandung kemudorotan bagi tubuh. Seharusnya larangan makan makanan ini di berlakukan untuk semua orang karena memang dampak yang di berikan sangat buruk untuk tubuh. Dan berikut ini dampak yang di hasilkan apabila seseorang memakan daging babi:

  1. Daging babi mengandung benih-benih cacing pita dan trachenea lolipia yang dimana cacing tersebut dapat berpindah ke manusia apabila di konsumsinya daging tersebut. Dari Dr. Muhammad Abdul Khair dalam bukunya berjudul Ijtihaadaat fi at Tafsir Al Qur’an al Kariim.
  2. Penyebaran virus berbahaya seperti Flu Burung (Avian Influenza) dan Flu Babi (Swine Influenza) yang terdapat di tubuh babi. Virus ini AI (H1N1 dan H2N1) yang semula tidak ganas kemudian berkembang menjadi H1N1/H5N1 yang dapat mematikan siapa saja yang tertular.
  3. Berdasarkan penelitian di China dan Swedia menyatakan bahwa daging babi menjadi penyebab utama kanker anus dan usus besar.
  4. Menurut Prof. A.V. Nalbandov dalam bukunya: Adap-tif Physiology on Mammals and Birds menyebutkan bahwa kantung urie pada babi sering mengalami kebocoran, sehingga urine tersebut merembas ke dalam daging.
  5. Daging babi banyak mengandung lemak yang menyebabkan sulitnya di cerna oleh tubuh yang berakibat nutrisi yang ada tidak dapat di manfaatkan oleh tubuh.
  6. Daging babi merupakan sarangnya penyakit yang dimana terdapat bibit penyakit dari Cacing Pita, Cacing Spiral, Cacing Tambang, Cacing Usus, Bakteri Tuberculosis, Bakteri Kolera Cacing Paru, Bakteri Brucellosis Suis, Virus Cacar, Kudis, Parasite Protozoa Balantidium Coli Serta Parasite Protozoa Toxoplasma Gondii yang menyebabkan penyakit kulit, pencernaan seperti kanker usus, eksim, iritasi kulit serta rematik.

Menurut Prof. Abdul basith Muh. Sayid, macam-macam penyakit yang di tularkan oleh babi itu menjadi naiknya tekanan darah, pengerasan urat nadi, nyeri dada yang mencengkram (Angina pectoris) dan radang serta nyeri pada sendi tubuh.

Belum ada Komentar untuk Alasan Di Larangnya Memakan Makanan Haram

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Alasan Di Larangnya Memakan Makanan Haram

Tidur cara Nabi SAW

Tidur Penuh Manfaat Ala Nabi Muhammad SAW

T 28 February 2018 F , A Admin Web YNI-1

Tidur ialah salah satu aktifitas rutin yang dilakukan setiap makhluk hidup termasuk manusia. Tidur berfungsi menenangkan dan merelekskan tubuh. Aktifitas ini sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia karena pastinya selama seharian kita beraktifitas tubuh perlu istirahat  dan alat-alat vital tubuh... Selengkapnya

pola hidup sehat, gaya hidup sehat, hidup sehat ala rasulullah, sehat, sakit, mati

Larangan Pengobatan Selain Dengan Syariat Islam

T 27 April 2018 F , A Admin Web YNI-1

Menurut ilmu medis, sakit merupakan kondisi dimana tubuh mengalami penurunan daya tahan tubuh atau yang disebut imunitas. Bagi yang sedang sakit disarankan untuk memenuhi makanan yang sehat. Selain itu mereka juga dianjurkan untuk minum obat yang telah diberikan oleh dokter.... Selengkapnya

keutamaan shalat dhuha

Indahnya 2(Dua) Rakaat Kala Pagi Hari

T 14 March 2018 F , A Admin Web YNI-1

Shalat dhuha.. apa itu shalat dhuha? Shalat dhuha ialah rangkaian shalat sunnah yang amat bermanfaat bila dikerjakan. Shalat yang dikerjakan di waktu pagi ini atau lebih jelasnya shalat yang dikerjakan sekitar matahari terbit dan meninggi kira-kira setinggi tombak atau 18... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00