Beranda » Info Kesehatan » Air Sebagai Sumber Kehidupan Makhluk Hidup

Air Sebagai Sumber Kehidupan Makhluk Hidup

T Diposting oleh pada 13 April 2018
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 974 kali

Air merupakan salah satu sumber kehidupan makhluk hidup. Yaitu manusia, hewan-hewan dan tumbuh-tumbuhan. Karena lebih dari 90% tubuh kita berisi cairan. Maka tak elak bila kita mampu menahan lapar namun tidak dengan menahan haus. Selain untuk konsumsi tubuh, air juga diperlukan untuk kegiatan sehari-hari seperti bersuci, mencuci dan mandi. Maka sangat besar manfaat air bagi kehidupan manusia. Dijelaskan dalam Al-Qur’an surah Al-Anbiya’ ayat 30 yang berarti :

“Dan dari air kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?.” (QS. Al-Anbiya’ : 30). Allah SWT menurunkan rahmatNya kepada siapa saja dan turun lewat dari berbagai arah. Begitu pula dengan yang kita konsumsi berupa makan minuman dan bernafas. Air pun sama, air ialah salah satu rahmat yang diturunkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hendaklah kita menjadi manusia yang pandai bersyukur.

Dijelaskan dalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 172 yang artinya :

“Hai orang-orang yang beriman, makanlah diantara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepadaNya kamu menyembah.” (QS. Al-Baqarah : 172). Jadilah kita hamba Allah yang pandai bersyukur niscaya Dia akan menambah nikmat dan rezekiNya kepada orang-orang yang pandai bersyukur.

manfaat minum air putih

Manfaat kosumsi air putih bagi kesehatan Tubuh

Selain air digunakan untuk kebutuhan sehari-hari air juga memilliki manfaat untuk tubuh. Karena, kadar air dalam tubuh lebih dari 90% maka sistem metabolisme tubuh memerlukan air untuk kinerja utama yaitu organ ginjal. Dan berikut manfaat konsumsi air putih :

  1. Untuk kesehatan kulit. Air berfungsi menghaluskan kulit dan menghilangkan noda gelap atau kulit hitam. Orang yang kekurangan air dapat dilihat dari kulitnya. Bila seseorang kekurangan air maka kulitnya mudah keriput atau berkerut.
  2. Air berperan penting untuk metabolisme dalam tubuh,karenanya kita harus tetap menjaga dan meningkatkan metabolisme tubuh untuk memelihara kesehatan.
  3. Air dibutuhkan tubuh untuk proses pembakaran kalori yang dimana sangat memerlukan air untuk kelancaran proses tersebut. Bila kita kekurangan air maka dapat menyebabkan dehidrasi dan dapat memperlambat kinerja metabolisme.
  4. Air dapat memperlancar pencernaan.
  5. Air dapat memperlambat tumbuhnya zat-zat pemicu kanker
  6. Air dapat meningkatkan hormon testosteron dan estrogen
  7. Air dapat menjadi salah satu cara untuk diet sehat ketimbang tidak makan untuk menguruskan badan. Karena air beperan penting membakar kalori seperti yang dijelaskan sebelumnya.
  8. Minumlah air putih 8 gelas perhari untuk orang dewasa dan dapat disesuaikan untuk anak kecil dan orang tua.

 

Bahaya Jarang Konsumsi Air Putih Setiap Hari

Air putih yang berperan penting untuk kesehatan janganlah kita anggap sepele. Orang yang kekurangan air putih bisa menimbulkan sakit pada tubuh, seperti pegal-pegal, dehidrasi, sistem aliran darah yang tak lancar hingga kegagalan ginjal. Hendaklah kita mengonsumsi air putih tepat pada takarannya dan tidak berlebih-lebihan.

Dalam adab minum air pun Rasulullah mengajarkan, Rasulullah SAW bersabda : “Janganlah kalian minum sambil berdiri. Barang siapa yang lupa sehingga minum sambil berdiri, maka hendaklah ia berusaha untuk  memuntahkannya.” (HR. Ahmad). Ternyata, minum pada posisi berdiri air yang masuk ketubuh tidak apat difilterisasi atau penyaringan oleh ginjal dan langsung masuk kekandung kemih yang dapat menyebabkan batu ginjal  atau kesulitan buang air kecil.

Dan diantara lainnya yakni dilarang meniup makanan atau minuman yang panas. Karena bisa menyebabkan struktur molekul dalam air atau makanan tersebut akan berubah menjadi zat asam yang membahayakan kesehatan. Hendaklah mulai sekarang kita meninggalkan kebiasaan buruk yang dapat memberikan efek tidak baik bagi tubuh kita. Karena Allah telah memberikan kesehatan maka hendaklah kita menjaga tubuh kita untuk  tetap sehat yang berkepanjangan.

Belum ada Komentar untuk Air Sebagai Sumber Kehidupan Makhluk Hidup

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Air Sebagai Sumber Kehidupan Makhluk Hidup

herbal kesehatan

10 Manfaat Virgin Coconut Oil Bagi Kesehatan

T 14 February 2017 F A Admin Web YNI

Virgin coconut oil memiliki perbedaan penting dari minyak kelapa biasa. Perbedaan ini utamanya terdapat pada sumber (secara spesifik, bentuk dari sumbernya), metode ekstraksi, dan keuntungan lebih lanjut. Perbedaan utama dengan minyak kelapa biasa dan virgin coconut oil terdapat pada proses... Selengkapnya

Tidur cara Nabi SAW

Tidur Penuh Manfaat Ala Nabi Muhammad SAW

T 28 February 2018 F , A WP-YNI

Tidur ialah salah satu aktifitas rutin yang dilakukan setiap makhluk hidup termasuk manusia. Tidur berfungsi menenangkan dan merelekskan tubuh. Aktifitas ini sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia karena pastinya selama seharian kita beraktifitas tubuh perlu istirahat  dan alat-alat vital tubuh... Selengkapnya

hukum merokok dalam pandangan islam

Hukum Merokok Dalam Pandangan Agama Islam

T 5 September 2018 F A WP-YNI

Merokok merupakan salah satu kebiasaan pria dizaman kini baik yang muslim maupun nonmuslim. Tak dielak kan juga tidak sedikit wanita juga melakukan kegiatan merokok tersebut. Berdasarkan hasil dari penelitian bahwa merokok merupakan salah satu kegiatan yang bisa dikatakan wajib dikalangan... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00