Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Beranda » Agama Islam » 19 Pintu Kebaikan Pembuka Jalan Bagi wanita

19 Pintu Kebaikan Pembuka Jalan Bagi wanita

T Diposting oleh pada 23 March 2018
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 429 kali

Wanita bagi pandangan Rasulullah ialah kaum hawa, yang dimana Rasulullah angkat derajatnya pada saat jaman jahiliyah. Dijaman tersebut wanita tidaklah memiliki martabat atau harga diri. Mereka tidak dianggap layaknya manusia atau seorang wanita yang harus dilemah lembutkan, dihormati, atau dihargai layaknya sekarang. Lalu Rasulullah datang dengan membawa kebenaran, ajaran-ajaran yang sesungguhnya untuk menyadarkan kaum yang berfikir.

Lalu dijelaskan dalam surah An-Nisa ayat 19, agar selayaknya memperlakukan seorang wanita, sebagai berikut : “ Hai orang-orang yang beriman, tidak halal bagi kamu mempusakai wanita dengan jalan paksa dan janganlah kamu menyusahkan mereka karena hendak mengambil kembali sebagian dari apa yang telah kamu berikan kepadanya, terkecuali bila mereka melakukan pekerjaan keji yang nyata. Dan bergaullah dengan mereka secara paput. Kemudain bila kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak.” ( QS. An-Nisa:19)

wanita muslimah

Dijelaskan juga pada suatu hadits Rasulullah SAW yang mengingatkan agar selalu menghargai dan memuliakan wanita. Dalam sabdanya : “Aku wasiatkan kepada kalian untuk berbuat baik kepada para wanita.” (HR. Muslim ). Dalam hadits lainnya dijelaskan pula untuk berbuat baik kepada istri, yang berarti, “ Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik terhadap istrinya, dan aku adalah yang paling baik terhadap istriku.”(HR. Tirmidzi)

Menjadi Wanita Yang Memiliki Kesadaran Akan Dosa

Namun, wanita juga merupakan suatu penyebab dosa bila seorang muslimah tidak mengetahui bagaimana seorang muslimah harus berperilaku dan berbusana. Karenanya wanita dapat menjadi fitnah bila wanita tersebut tidak dapat menjaga dirinya sendiri. Dalam suatu hadist dijelaskan dimana Rasulullah melihat penghuni neraka yang dimana mayoritas diisi oleh wanita. Dalam sabdanya :

“ Wahai para wanita, bersedekahlah dan perbanyak istighfar. Sesungguhnya aku melihat bahwa mayoritas kalian akan menjadi penghuni neraka.” ( HR. Ibnu Majah). Dari hadits tersebut Rasulullah memerintah kita agar selalu banyak bersedekah. Karena sedekah dapat menjadi jalan bagi kaum wanita untuk memasuki surga. Berikut solusi sederhana menurut DR. Nawal Al’ied yaitu jenis-jenis sedekahnya :

  1. Senyum kepada sesama muslimah, suami serta anak-anak kalian merupakan bagian dari sedekah.
  2. Menahan diri dari sedekah merupakan sedekah.
  3. Shalat dhuha 2 rakaat setara dengan 360 sedekah .
  4. Menebarkan salam kepada orang yang ditemui, itu merupakan sedekah.
  5. Bersungguh-sungguh dalam memberikan bantuan baik itu secara moril atau materil.
  6. Memberikan air minum kepada seorang yang kehausan adalah sedekah.
  7. Memuliakan tamu yang lebih dari 3(tiga) hari maka ia adalah sedekah .
  8. Menyingkiran gangguan yang ada ditengah jalan, itu juga merupakan sedekah.
  9. Menghidangkan makanan kepada pelayan sama dengan apa yang kita makan merupakan sedekah.
  10. Memberi makan kepada hewan atau pun orang lain maka itu adalah sedekah.
  11. Setiap kita mencegah kemunkaran adalah sedekah dan memerintah kepada kebajikan adalah sedekah.
  12. Mengucapkan(berkata) dan mengirim kalimat-kalimat yang baik merupakan sedekah.
  13. Setiap membaca tahlil adalah sedekah.
  14. Setiap membaca takbir adalah sedekah.
  15. Setiap membaca tahmid adalah sedekah
  16. Setiap membaca tasbih adalah sedekah.
  17. Berharap pahala atas barang yang hilang atau dicuri adalah sedekah.
  18. Belajar, mengajarkan dan menyebarkan ilmu yang kita miliki adalah sedekah.
  19. Berperingai yang baik terhadap orang yang mencaci dan tidak menyukai kita dan bersedekah kepada mereka sesungguhnya Allah akan menerima sedekah orang yang berperingai baik.

Menjadi Muslimah Yang Beriman Dan Bertaqwa Kepada Allah SWT

Wanita dan laki-laki memiliki hak dan kewajiban yang sama, yang dimana menjadi hak laki-laki disitu juga menjadi hak seorang wanita. Agama, kehormatan, harta bendanya, akal dan jiwa dijamin dan dilindungi oleh syariat islam sama seperti laki-laki. Dijelaskan dalam Al-Qur’an bahwa perempuan memiliki hak yang sama dengan laki-laki dalam beribadah dan mendapatkan pahala :

“ Barang siapa yang mengerjakan amal-amal shaleh, baik laki-laki maupun wanita sedang ia orang yang beriman, maka mereka itu masuk kedalam surga dan mereka tidak dianiaya walau sedikitpun.” ( QS. An-Nisa : 124 )

Bahkan dalam suatu hadits dijelaskan dimana yang diutamakan untuk dihormati ialah wanita. Berikut hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah r.a, beliau berkata, “Seseorang datang kepada Rasulullah SAW dan berkata, ‘Wahai Rasaulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi SAW menjawab, ‘Ibumu!’ dan orang tersebut kembali bertanya, ‘kemudian siapa lagi?’ Nabi SAW menjawab, ‘Ibumu!’ orang tersebut bertanya kembali, ‘kemudian siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘Ibumu.’ Orang tersebut  bertanya kembali, ‘kemudian siapa lagi?’ Nabi SAW menjawab, ‘kemudian ayahmu’.” (HR. Bukhari )

Semua syariat yang Allah tetapkan ialah dalam rangka menjaga dan memuliakan kaum wanita. Yang dimana dahulu pada jaman jahiliyah wanita diperlakukan begitu tidak adil, hanya sebagai objek untuk bersenang-senang, dan dianggap sebagai aib apabila lahir seorang anak perempuan. Bahkan orang tua mereka tak segan-segan mengubur hidup-hidup bayi perempuan mereka yang baru lahir tersebut.

Semoga dengan sedikit pengetahuan ini dapat menambah iman dan taqwa kita kepada Allah SWT. Aamiin aamiin Ya Robbal’aalamiin.

Belum ada Komentar untuk 19 Pintu Kebaikan Pembuka Jalan Bagi wanita

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait 19 Pintu Kebaikan Pembuka Jalan Bagi wanita

Amalan yang dapat dilakukan wanita ketika dalam keadaan haid dibulan ramadhan

Bagaimana Tetap Meraih Pahala Dalam Keadaan Haid Dibulan Ramadhan?

T 4 June 2018 F A WP-YNI

Bulan Ramadhan merupakan kesempatan bagi seluruh umat muslim untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya. Bagaimana tidak? Dibulan suci tersebut pahala yang kita dapatkan akan dilipat gandakan oleh Allah SWT. Maka tak heran banyak umat muslim yang berlomba-lomba meraih pahala yang besar agar... Selengkapnya

anjuran puasa 3 hari setiap bulan

Anjuran Puasa 3 Hari Di Setiap Bulan

T 25 January 2019 F , A WP-YNI

Umat muslim disunnahkan untuk berpuasa minimal 3 hari pada setiap bulan. Dan puasa yang dilaksanakan di setiap bulannya yakni pada tanggal ke-13, 14, 15 dibulan hijriyah (Qomariyah). Puasa tersebut disebut juga dengan puasa ayyamul bidh (hari putih). Dikarenakan pada malam-malam... Selengkapnya

Anak Yatim

Pengertian Dan 8 Keutamaan Memuliakan Anak Yatim

T 19 February 2018 F A WP-YNI

Agama Islam adalah agama yang mengajarkan kedamaian. Dalam agama islam kita selalu diajarkan untuk saling menyayangi dan menolong kepada sesama, terutama pada anak yatim. Allah SWT menciptakan manusia sebagai makhluk sosial,ialah makhluk yang saling membutuhkan satu sama lain. Karena kita... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00